Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mancing Umpan Cacing Tapi Tidak Di Makan Ikan

Pakai umpan cacing untuk mancing ikan tapi tidak dimakan, kalian mungkin pernah mengalami hal ini.

Karena biasanya ikan apa saja tetap mau makan cacing terlebih bila jenis ikan wader, nila, mujair dan ikan-ikan liar lainnya.

Pakai umpan cacing untuk mancing ikan tapi tidak dimakan

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jenis cacing yang biasanya digunakan tapi bila tidak dimakan nah ini pasti ada permasalahan dan penyebabnya.

Hal ini harus kalian ketahui bila terjadi saat memancing ikan dan tidak dapat sama sekali, untuk mengetahui penyebabnya silahkan dicari tau dulu yang utamanya.

Untuk masalah utama yang pasti terjadi, membuat cacing yang digunakan tidak dimakan ikan adalah jenis yang dipakai.

Mungkin karena belum mengetahui penyebab utama ini dimana tidak semua jenis cacing itu dimakan ikan.

Untuk menyesuaikan jenisnya dulu, berikut beberapa cacing yang dimakan ikan:

jenis cacing yang dimakan ikan paling cepat
  • Cacing kalung
    Perlu kalian ketahui kalau jenis ini ada 2 macam, dimana yang satu biasanya ditemukan pada tanah tertentu sementara yang satunya lagi biasa ditemukan pada tanah yang lembab dengan tekstur yang mudah putus tapi besar. Sedangkan target ikan yang memakan ke 2 jenis cacing kalung ini berbeda tapi tetap dimakan ikan.
  • Cacing Sampah
    Untuk cacing ini sering disebut dengan cacing gila, biasanya ditemukan pada sampah-sampah dengan tekstur yang lebut dan mudah putus, hampir semua ikan mau makan umpan ini.
  • Cacing Nasi
    Untuk jenis cacing ini paling banyak dan mudah ditemukan, ciri-cirinya ada warna orange atau merah pada lehernya kalian pasti tau dengan jenis ini dan pada umumnya yang paling banyak digunakan dan dimakan ikan.
cacing yang paling top untuk dijadikan umpan mancing

Nah 3 jenis cacing yang sering ditemukan dan dipakai umpan diatas pasti sudah mengetahuinya.

Tapi perlu diketahui selain jenis diatas tidak akan dimakan ikan, terutama bila menemukan cacing saat mencarinya dengan tekstur warna ungu tua dan keras dengan bentuk yang kecil.

Cacing ini biasanya sering dijumpai saat mencarinya, tanpa disadari ketemu cacing dengan warna tersebut tetap langsung di ambil dan digunakan mancing sudah pasti tidak akan dimakan ikan karena memang tidak ada yang mau ikan makan jenis cacing yang ini.

Nah permasalahan utama ini kemungkinan sudah diketahui dan tidak mengunakannya lagi dilainnya waktu, walaupun saat mencarinya ketemu tidak usah diambil cukup cari yang biasa kalian pakai saja.

Nah bila memancing tadi sudah mengunakan jenis cacing yang kami sebutkan diatas namun masih tidak dimakan ikan, berarti permasalahan ada yang lainnya lagi.

Untuk mengetahui selanjutnya, silahkan perhatikan dulu dari tempat duduk mancing terlihat ikan atau tidak, bila tidak ada yang nampak kemungkinan memang dilokasi tersebut sudah tidak ada lagi ikannya.

Sebelum kalian mengunakan cacing, pastikan dulu semua peralatan yang akan digunakan untuk mencing sudah tepat.

Bila sudah baru ditentukan untuk umpan mancing ikan apa dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan bukan hanya umpan cacing yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, kumis dan langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci membuat umpan jitu ada pada karakter ikan yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan yang buat tidak akan menghabis waktu sia-sia juga membuang sisa bahan umpan yang kita buat.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu ikan yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Tapi bila masih terlihat, tinggal perhatikan melalui suhu / cuaca misalkan saat mancing memang baru sudah hujan atau saat lagi mendung.

karena biasanya ikan itu makan ada faktor melalui cuaca dan suhu, bila air terasa dingin memang ikan tidak mau makan jadi kalian harus menunggu cuaca mulai panas lagi, supaya air berubah suhunya.

Bila cuaca sudah panas, ikan terlihat ada tapi masih tetap cacing yang kalian gunakan tidak dimakan.

Nah ini kemungkinan harus kalian rubah jenis cacing atau umpan yang digunakan, karena bila sudah bermacam-macam umpan yang di gunakan untuk mancing juga biasanya akan bersifat memilih umpan untuk dimakan atau sekalian ikan yang di pancing memang dalam keadaan stress jadi cukup tinggal menunggu mancing dikemudian hari saja.