Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ongol-ongol / Cenil Untuk Mancing Ikan

Umpan mancing ikan pakai ongol-ongol / cenil, tepung kanji jajan pasar terbilang cukup bagus untuk andalan tapi hanya sebatas cadangan saja.

Bila untuk fokus pengunaan umpan sepertinya ongol-ongol sulit untuk bisa diandalkan.

Umpan mancing ikan pakai ongol-ongol / cenil tepung kanji jajan pasar

Terutama untuk mancing ikan dialam liar seperti sungai dan rawa-rawa, kecuali kalau yang dipancing tepat dengan target ikannya.

Seperti yang kita ketahui, bahan dasar Ongop-ongol kebanyakan adalah Sagu atau Aci dan juga singkong dari ke dua jenis ini bila digunakan untuk umpan mancing sepertinya masih cocok yang mengunakan bahannya saja.

Untuk mengunakannya, bisa langsung saja pakai dengan cara cukup membeli Ongol-ongolnya dipasar lalu bawa ke tempat mancing dan tinggal cuil-cuil saja mengunakan kuku jempol lalu kaitkan ke mata kail.

Tapi bila bisa mengunakan ongol-ongol untuk umpan mancing, maka itu lebih pas lagi karena terbilang mudah untuk mencarinya cukup beli saja bisa mendapatkan jenis yang kita inginkan.

Sekalian bonus bisa untuk cemilan di lokasi mancing nanti kan.

Jadi cukup beli ongol-ongol dengan uang Rp.10.000 sudah cukup untuk umpan mancing dan juga buat ngilangi lapar.

mancing pakai umpan ongol-ongol yang beli dipasar

Sedangkan bila berbahan singkon, sepertinya sedikit kesulitan untuk digunakan dan juga tidak akan bertahan lama diair.

Berbeda dengan ongol yang pakai sagu / aci, selain tahan dipakai kalau lagi pas mengunakannya maka ikan pastilah akan kena, utamanya adalah:

  1. Ikan wader.
  2. Ikan Nilem.
  3. Ikan Tawes.
  4. Ikan Malis.
  5. Dan ikan lainnya tapi utamakan yang bersisik.

Selain hanya mengunakan umpannya saja, juga harus menyesuaikan dengan mata kail yang digunakan.

Jadi tidak bisa menargetkan ikan-ikan besar babon, bila mancing dengan umpan ongol-ongol walaupun bisa hanya terkadang saja.

Kecuali bila membuat racikan umpan, nah bila melalui proses meracik umpan bisa menargetkan untuk mancing ikan seperti:

  1. Ikan Patin.
  2. Ikan Lele.
  3. Ikan Mas.
  4. Ikan Bandeng.
  5. Dan ikan lainnya.

Kalau hanya membuat umpan racikan berbahan dasar Sagu / Aci, ya sama saja seperti kita membuat racikan umpan, yang penting tau saja bahan apa yang akan digunakan untuk meraciknya.

Tapi juga ini tidak bisa jadi andalan untuk mancing dikolam, satu-satunya pengunaan umpan mancing mengunakan ongol-ongol ya hanya sebatas untuk mancing di alam liar saja dan itupun harus ikat tertarget yang memang sudah tetbiasa untuk memakannya.

Terlebih bila jenis ikan Mas, Lele dan Patin yang terbiasa memakan umpan dengan aroma wangi, amis, buah dan sebagainya tentu akan kesulitan juga sih mancing dengan umpan ini.

Sebelum kalian membuat umpan jitu, pastikan dulu semua takaran yang akan digunakan untuk meracik sudah tepat.

Bila sudah baru ditentukan untuk umpan mancing ikan dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan bukan hanya umpan yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, kumis dan langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci membuat umpan jitu ada pada karakter ikan yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan yang buat tidak akan menghabis waktu sia-sia juga membuang sisa bahan umpan yang kita buat.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu ikan yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Tapi bila hanya sebatas untuk mancing ikan sembarangan, nah baru pas bila kalian ingin mengunakan umpan ongol-ongol untuk mancing yang tepat dan ikan jitu untuk dipancing oleh kalian.