Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Ikan Tidak Mau Makan, Pemancing Harus Tau Ini!

Banyak penyebab ikan tidak mau makan umpan pancing yang digunakan, mulai dari ikan kecil hingga babon sama sekali tidak mau makan lagi.

Padahal sebelumnya biasa saja, saat dipancing pasti strike dan bawa pulang walaupun hanya untuk di goreng sekali lauk makan saja.

Banyak penyebab ikan tidak mau makan umpan pancing yang digunakan

Untuk yang kita bahas disini hanya mancing dialam liar saja ya, seperti ikan nila, mujair, lele dan di sungai seperti lampam, baung, tapah dan ikan-ikan liar lain sama sekali sudah tidak mau makan lagi walau yang di gunakan termasuk umpan paling jitu.

Permasalahan ikan yang sudah tidak mau menyambar umpan lagi, adalah sudah sering terjadi disaat sekarang ini.

Sebelum berangkat untuk memancing ikan di alam liar, yang harus diperhatikan adalah jenis umpan yang biasanya dipakai.

Umpan yang sudah biasa untuk digunakan itu bisa disimpulkan sudah menjadi naluria untuk dimakan, karena sedari kecil sudah mengenal aroma dari makanan tersebut.

Tapi perlu diketahui ada beberapa ikan yang memiliki Sungut (kumis), tidak mengandalkan aroma melalui penciuman.

Dilansir dari situs hewan air seperti ikan yang berkumis dijadikan peraba untuk apa yang akan dimakan, jadi tidak mengandalkan penciuman lagi juga pandangan mata tidak begitu baik jadinya harus mendekat dulu melalui Indra peraba yang disimpulkan dengan nama kumis, padahal asli sebutannya bukanlah itu.

Walau begitu, umpan ikan tetap diutamakan saat memancing, untuk yang lebih penting dari itu adalah jam makan ikan.

Dengan mengetahui waktu jam makan ikan, membuat kita bisa memprediksi saat akan berangkat mancing siang atau malam hari.

Setiap waktu ikan akan mulai memakan itu berbeda-beda, ada ikan yang aktif siang hari dan juga malam seperti jenis nokturnal.

Dengan memahami pola makan ikan juga karakter dari jenis ikan yang akan dipancing, sudah jelas akan memberikan pengetahuan untuk kita berfikir cara yang terbaik untuk mendapatkan ikan yang banyak dan besar.

Disinilah kunci utama kita mengenal terlebih dahulu ikan yang akan dipancing, jadi jangan asal memancing saja bila merasakan jengkel tidak pernah strike.

Setelah mengetahui dengan jelas semua yang dibutuhkan untuk memancing ikan, barulah bisa menjadi suhu yang handal untuk mendapatkan ikan dengan cepat.

Berbeda dengan zaman dulu, saat kami masih kecil-kecil antara dibawah tahun 2010 an terbilang mancing ikan besar kecil pasti ada yang dapat.

Memasuki 2015 ketas, sangat sering menjumpai tempat mancing yang sekilas seperti tidak ada ikan lagi saat dipancing.

Sampai terasa malas untuk mengulangi, dan juga sudah banyak sekali senior mancing yang jadi enggan pergi mancing sehingga kebanyakan alat pancing sampai dijual begitu saja.

Nah untuk di pahami, zaman sekarang beberapa penyebab ikan tidak mau makan lagi adalah:

  • Ikan keracunan kena putas / racuni pencari ikan.
  • Stress kena stroom / strum orang yang nyari ikan.
  • Dan sudah terlalu banyak orang yang mancing.

Ke 3 permasalahan diatas yang paling umum sering terjadi, berikut penjelasan mendetail.

Ikan Sungai Yang Diracun / potas

ikan sungai yang diracuni potas

Ini langkah pertama yang banyak sekali terjadi, biasanya dilakukan saat mulai musim kemarau dimana air sudah surut dan ada banyak ikan dilokasi tersebut.

Untuk mereka yang memilih cara yang cepat untuk mendapatkan ikan, dengan mudah saja secara berombongan untuk patungan membeli racun potas kemudian meyebarkan.

Dengan begitu, ikan akan naik semua dan mereka hanya tinggal mengambil saja sambil memasukan ke dalam wadah.

Bisa dikatakan semua ikan akan ikut mereka pulang, parah lagi terkadang hanya dipilih yang besar saja sedangkan yang kecil dibiarkan mati begitu saja.

Sebagai pemancing yang belum mendapat info lalu berangkat ke lokasi untuk memancing ikan, sudah jelas tidak akan mendapatkan ikan lagi kan.

Ini bukan hanya sebatas info saja, tapi terkadang ada banyak juga yang meracuni ikan secara diam-diam tanpa diketahui oleh orang lain.

Nah ini adalah permasalahan pertama yang biasa terjadi di lokasi pemancingan, bila difokuskan bukan karena hal ini ikan jadi tidak mau makan kemungkinan ada permasalahan lain lagi.

Ikan Di Stroom / Strum Orang

ikan di stroom / strum orang

Mencari ikan dengan cara ini juga terbanyak yang melakukan, terbilang hanya cukup mengunakan mesin saja ikan langsung naik ke permukaan dan tinggal ambil saja.

Pekerjaan menyentrum ikan, ini terbilang berbeda dengan orang yang main putas / racun yang mencari ikan disaat kemarau air yang surut.

Kalau strum kapan saja sudah bisa mulai mereka mencari ikan sekalipun saat banjir.

Untuk ikan yang mereka ambil kurang lebih sama saja, hanya yang besar sedangkan yang kecil pasti di tinggal.

Saat ditanyakan langsung alih-alih ikan hanya pingsan tidak akan mati, lalu silahkan perhatikan beberapa hari setelah distrum pasti akan terlihat ikan yang mengambang dan membusuk.

Selain itu, bila ada telur ikan maka akan langsung hangus dan tidak akan menetas.

Bila kondisi lokasi kalian seperti ini, ya jelas saja ikan tidak lagi memakan umpan yang kalian gunakan karena memang sudah tidak ada ikan lagi dilokasi tersebut.

Jadi bila awalnya tempat yang sering kalian pancing ada ikan lalu tidak dapat lagi, sudah jelas pasti ada permasalahan termasuk ke dua masalah diatas, walaupun masih ada 1 lagi permasalahan tapi tetap akan ada hubungan dengan diatas.

Mancing Ikan Stress

mancing ikan jadi stress

Perlu kalian ketahui, ikan yang masih hidup setelah kena racun / potas dan strum sudah pasti akan strees dalam waktu yang cukup lama, berbeda bila memang stress karena kena pancing lalu terlepas lagi.

Strees ikan ini bukan hanya bisa di temui pada keadaan seperti diatas ini, baik sudah kena pancing sekalipun tetap saja bukan permasalahan disitu saja mulai dari pengunaan dan kebiasaan umpan yang dimakan ikan juga tetap bisa membuatnya jadi stress.

Contoh seperti ini, saat memancing mengunakan umpan yang bersifat mengandung nafsu makan ikan seperti kebanyakan yang berada dalam zat pada Essen.

Bila meracik umpan pas dengan bahan tersebut memang diawal ikan ganas memakan, namun setelah itu lama kelamaan ikan akan menjadi strees dan tidak akan memakan umpan apa pun yang digunakan.

Terlebih lagi untuk pemancing yang tidak mengunakan umpan racikan, pasti akan terasa susah banget untuk mendapatkan ikan.

Jangankan yang tidak pakai, untuk yang sering mengunakan saja bila sudah terlalu sering tetap juga tidak akan mau dimakan lagi.

Jadi bila ikan-ikan yang biasa dipancing menjadi tidak mau makan lagi, itu pasti ada sebabnya.

Mencari permasalahan ini bila masih mau dimakan dalam beberapa hari itu masih terbilang hal yang wajar saja, karena bisa jadi ada pengaruh cuaca seperti air menjadi dingin dan sebagainya.

Namun bila sudah tidak mau lagi dimakan sampai berminggu-minggu, nah ini sudah jelas ada penyebab dan tinggal cari lalu tuntaskan permasalahan tersebut sampai lokasi pemancingan menjadi normal kembali untuk dipancing.