Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Mancing Ikan Toman Yang Tidak Mau Makan

Cara cepat untuk memancing Snakehead atau ikan toman memang ada trik yang akan digunakan.

Tapi sebelum di pakai cara yang aneh-aneh sebaiknya kalian liat dulu spot untuk kalian mancing ikan toman hitam putih nya.

Cara cepat untuk memancing Snakehead atau ikan toman

Memancing ikan toman diutamakan adalah lokasi tempat kita meletak umpannya dulu, jadi harus tentukan yang pas dan banyak ikan.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam, karena pada titik ini ikan toman bisa melihat keberadaan kita, dengan begitu bila ikan mulai rasa sensitifnya yang kuat sering menghindari dan diam saja walaupun umpan didekatnya.

Sebelum berangkat untuk memancing ikan toman di alam liar, yang harus diperhatikan adalah jenis umpan yang biasanya dipakai.

Umpan yang sudah biasa untuk digunakan itu bisa disimpulkan sudah menjadi naluria untuk dimakan, karena sedari kecil sudah mengenal aroma dari makanan tersebut.

Tapi perlu diketahui ada beberapa ikan yang memiliki Sungut (kumis), tidak mengandalkan aroma melalui penciuman.

Dilansir dari situs hewan air seperti ikan yang berkumis dijadikan peraba untuk apa yang akan dimakan, jadi tidak mengandalkan penciuman lagi juga pandangan mata tidak begitu baik jadinya harus mendekat dulu melalui Indra peraba yang disimpulkan dengan nama kumis, padahal asli sebutannya bukanlah itu.

Walau begitu, umpan ikan dalum tetap diutamakan saat memancing, untuk yang lebih penting dari itu adalah jam makan ikan dalum.

Dengan mengetahui waktu jam makan ikan dalum, membuat kita bisa memprediksi saat akan berangkat mancing siang atau malam hari.

Setiap waktu ikan akan mulai memakan itu berbeda-beda, ada ikan yang aktif siang hari dan juga malam seperti jenis nokturnal.

Dengan memahami pola makan ikan juga karakter dari jenis ikan toman yang akan dipancing, sudah jelas akan memberikan pengetahuan untuk kita berfikir cara yang terbaik untuk mendapatkan ikan yang banyak dan besar.

Disinilah kunci utama kita mengenal terlebih dahulu ikan toman yang akan dipancing, jadi jangan asal memancing saja bila merasakan jengkel tidak pernah strike.

Setelah mengetahui dengan jelas semua yang dibutuhkan untuk memancing ikan toman, barulah bisa menjadi suhu yang handal untuk mendapatkan ikan toman dengan cepat.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang mengandalkan bias tinggi agar samar dilihat ikan toman yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan yang jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Kuncinya pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Kalian mungkin pasti sudah tau, betapa ganas ikan toman memakan umpan yang kita gunakan.

Karena pas sekali lempar tepat pada posisi, maka tidak akan lama langsung strike.

Tapi ada kalanya, ikan toman jadi sensitif dan tidak mau sama sekali memakan umpan apa saja yang digunakan.

Berulang kali melempar umpan casting ikan toman, tetap saja tidak mau makan kan jadi heran, terlebih bila spot yang dipancing memang jarang untuk di kunjungi manusia.

Bila kalian mengalami hal demikian, tidak perlu repot-tepot untuk mengunakan triknya tapi perhatikan beberapa hal yang tidak biasa dulu di sekitar spot yang dikunjungi untuk casting ikan toman.

Pertama perhatikan dulu jejak disekitar tempat kalian akan memancing, ada jejak orang lain yang mengunjungi atau belum ada.

Setidaknya kalian bisa lah perhatikan bahwa spot tersebut sudah di datangi orang atau belum kan.

mancing di spot ikan toman yang tidak mau makan lagi

Bila ada jejaknya, jangan lupa untuk perhatikan lebih jauh lagi setidaknya sekitaran pinggir air diperhatikan ada ikan lain yang mati atau tidak.

Bila ada berarti dimasuki Setrum atau Racun Potas.

Bila semuanya terkendali, tidak ada sama sekali kalian bisa simpulkan bahwa ikan toman di sana berarti sudah mulai sensitif.

Baik itu sudah pernah kena pancing dan lepas lagi, atau memang berulang kali lepas kena pancing.

Dan yang lebih parahnya lagi karena musim bertelur, bila kalian memancing ikan toman pada musim ini terkarannya ada 2 yaitu:

  1. Bila Strike
    Kalian tetap tidak akan butuh waktu lama, beberapa kali melemparkan umpan jelas tetap dimakan.
  2. Bila Tidak Ada Yang Makan
    Bisa jadi ikan toman berpindah lokasi karena akan bertelur, jadi berulang kali kalian casting tetap saja tidak akan dimakan karena hampir kebanyakan ikan ikut pindah juga.
ikan toman pindah lokasi di spot mancing

Dengan 2 permasalahan diatas setidaknya kalian bisa menyikapinya, ikut pindah ke lokasi atau tetap habiskan waktu di spot sampai akan pulang nanti.

Tapi bila ikan toman di lokasi tersebut memang termasuk ada dan sulit memakan umpan casting kalian, setidaknya mulailah untuk merubah trik memancingnya dengan cara tajur saja.

Kalian bisa mengunakan pancing tajur sebanyak mungkin yang bisa gunakan, setelah tajur terpasang pindah sejenak untuk casting di spot yang lainnya.

Saat akan pulang atau memang ingin di cek tajurnya ya tinggal lihat saja dulu, tapi setidaknya terkadang saat ada yang menyambar tetap saja akan terdengar cipratan air.

Jadi trik untuk mancing ikan toman hanya 2 itu saja, dimana yang pertama bisa kalian casting lalu sekalian mengunakan trik tajur dengan memadukan ke dua trik ini pastinya tidak akan meleset lagi untuk mancing ikan toman.