Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ceremade, Berbagai Jenis Ikan Landed!

Mancing ikan pakai umpan cere secara alami, bisa dipastikan strike ikan besar dan sesuai target yang dipancing.

Apa lagi mengunakan racikan dengan berbagai bahan tambahan, sudah pasti pas banget digunakan untuk memancing ikan yang sudah sesuai dengan targetnya.

Mancing ikan pakai umpan cere secara alami bisa dipastikan strike ikan besar

Yang terbiasa mengunakan umpan cere, pastinya taulah kan ikan yang menyukainya kalau belum tau ya kebangetan, terkecuali memang baru turun ke dunia mancing pastinya ya terkesan awam banget.

Sebelum kalian mengunakan umpan ceremade, pastikan dulu semua peralatan mancing yang akan digunakan untuk mengunakan sudah tepat.

Bila sudah baru ditentukan untuk umpan mancing ikan apa dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan bukan cuma umpan ceremade yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, kumis dan langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci umpan ceremade yang jitu ada pada karakter ikan yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan yang buat tidak akan menghabis waktu sia-sia juga membuang sisa umpan yang kita gunakan.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu ikan yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Tapi ya tidak masalah karena ada banyak sekali info seputaran mancing yang bisa diambil manfaatnya, termasuk mengunakan umpan cere ini.

Jadi untuk yang membutuhkan info tentang Cere, setidaknya hanya bisa mendapatkan sebatas:

  1. Cara Mencarinya.
  2. Cara Mengunakannya.
  3. Target ikan yang didapat dengan umpan cere.
  4. Dan juga cara untuk meracik umpan mengunakan cere ini.

Kalau ingin mencari lebih dari diatas kemungkinan belum ketemu disini, karena hanya sebatas bertukar pengalaman saja.

Nah untuk yang kemungkinan juga membutuhkan yang sama seperti diatas, berikut akan diuraikan satu-persatu seperti diatas.

Cara Mencari Cere Untuk Umpan Mancing

cara cari cere untuk umpan mancing ikan

Ada beberapa tempat untuk nyari cere, yang pertama dibawah-bawah batu dengan tanah yang kering.

Misalnya dibagian rumah yang tinggi dan bagian bawahnya terdapat kolongan, juga ada beberapa batu-batuan yang agak besar, pastikan juga tanahnya selalu kering dan tidak terkena air.

Bisa mencari Cere dilokasi seperti ini, tapi jumlahnya tidak banyak pas-pas saja lah untuk mancing.

Tapi bila ingin dapat banyak ya terpaksa harus terus mencarinya, jangan lupa bawah wadah yang ada tutupnya seperti botol aqua dan buat 1 atau 2 lubang untuk pernafasannya.

Untuk tempat yang paling banyak cere adalah kandang ayam, tapi dibagian bawahnya tempat kotoran ayam jatuh.

Pas sudah kering cobalah angkat, pastinya sudah banyak cere ditempat ini bahkan lebih banyak dari bawah rumah seperti diatas tadi.

Sayangnya jarang kandang ayam skala besar seperti ayam brolier (negeri), bila dikandang seperti ini sah banyak cere.

Untuk yang lebih simpelnya, tinggal beli saja Cere sekalipun lewat paketan sampai 6 harian cere pasti akan tetap tahan.

Tinggal kalian atur tempatnya saja lagi, karena cukup Rp.10.000 sudah dapat 50 an ekor, nah cara ini paling mudah untuk mendapatkan cere sebagai umpan mancing.

Cara Pasang Cere Ke Mata Kail

Untuk memasang umpan mengunakan cere ini tidaklah sulit, hampir sama seperti memasang lainnya.

Hanya bedanya ini Cere yang bila kalian mengunakan mata kail ukuran besar setidaknya sekali pasang sampai 5 atau 6 ekor.

Bukan cuma sebatas itu, kalau seandainya kalian mancing ikan diarus deras pastinya akan mengutamakan umpan sampai ke atas simpul senar mengunakan lebih dari 10 cere sekali pasang.

Karena pada waktu umpan dibawa arus air, nantinya cere di senar akan turun ke bagian mata kail dari atas ke bawah.

Pengunaanya masih sama seperti itu, kecuali bila akan digunakan untuk mancing di air yang tenang masih lebih mudah langsung memasukan umpan mulai dari bagian ekor sampai tembus kepalanya, kecuali bila disusun ya tetap harus tengah badannya saja.

Intinya pemasangan umpan cere ke mata kail tinggal disesuaikan pada seukuran dengan mata kail, jangan memasang satu-persatu saja bila tidak cocok dengan mata kail.

Kecuali bila ukurannya kecil dan pas mengunakan 1 saja ya tidak masalah.

Setelah selesai pemasangan, sekarang tinggal sesuaikan target yang dipancing mengunakan cere ini supaya tidak salah ikan yang sedang dipancing.

Ikan Besar Yang Di Pancing Mengunakan Umpan Cere

ikan babon besar yang dipancing mengunakan umpan cere

Ada banyak sekali ikan yang menyukai umpan ini, mulai dari yang liar sampai kolam sekalipun tetap bisa dipancing, beberapa jenis yang menyukai makanan ini adalah:

  • Lele / Lembat.
  • Patin / Juaro.
  • Hampala / Sebarau.
  • Masheer / Semah.
  • Nila, Mujair, Tawes, Nilem dan Lampam.
  • Dan banyak ikan lainnya yang berukuran besar.

Termasuk ikan Gabus / Toman dan Segarat tetap mau juga memakan umpan ini, jadi bila kalian mengunakannya tinggal cocokan lokasi spot untuk target yang akan kalian pancing.

Dengan mengetahui targetnya, kalian bisa menyesuaikan mulai dari senar pancing dan mata kail yang akam digunakan, sehingga bisa menyesuaikan dengan ukuran umpan Cere yang digunakan.

Jadi untuk ikan yang kalian targetkan, bisa bermacam-macam termasuk untuk yang peliharaan seperti kolam pemancing.

Tinggal kalian racik saja umpan dengan bahan dasar Cere ini supaya lebih press ikan yang didapat nanti.

Cara Membuat Racikan Umpan Cere Super Ampuh

cara membuat racikan umpan cere super ampuh

Umpan racikan biasanya dibuat untuk mancing dikolam pemancing termasuk meracik dengan cere dan beberapa bahan tambahan.

Untuk mempercepat prmbuatannya, kalian cukup siapkan saja bahan utamanya yaitu cere dan pelet pakan ikan.

Akan lebih tepat lagi bila kalian mencampurkan 1 butir kuning telur, untuk cara membuatnya juga simpel cukup ambil wadah dan masukan 3 sendok makan pelet dan hancurkan mengunakan air panas secukupnya.

Setelah pelet halus, masukan 1 butir kuning telur ke blender sekalian 2 ons Cere yang masih hidup tidak mengapa tinggal langsung saja diblender sampai kelihatan kuning telur berbusa lalu campurkan dan aduk sampai pulen. Siap untuk kalian gunakan!

Untuk racikan yang lainnya, termasuk mengunakan katulampa tau pelet Joss, Oke dan Paman Sam juga bisa tinggal pastikan dulu Cerenya mau dilumat seperti apa?

Baik diblender atau langsung saja mencampurkannya dengan pelet dan lumat sampai jadi, kemungkinan kalian juga pahamlah untuk membuatnya.

Kesimpulan
Berbagai macam info diatas hanya untuk berbagai berdasarkan pengalaman yang sudah melaluinya, seperti beberapa diatas percoba dicoba dan digunakan, nanti bila ada yang kalian coba pastinya juga akan bisa berbagi pada setiap teman atau prmancing yang mengunakan umpan cere juga. Salam Getak!