Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Lumut Tapi Tidak Dimakan Ikan, Pasti Ini Penyebabnya!

Memilih umpan lumut yang bagus pas nyarinya memang butuh ketelitian, bila salah mengambil lumut malah bisa jadi tidak akan dimakan ikan seperti Nila dan Mujair padahal ini termasuk makanan paling jitu dan gacor bangetlah untuk dipakai.

Tapi kalau lumut yang dipakai pas kurang hoki, bisa blas tidak disengol dengan ikan jadinya boncos kan.

Memilih umpan lumut yang bagus pas nyarinya memang butuh ketelitian

Bila memancing pakai lumut tapi malah tidak dimakan, nah bisa saja terdapat kesalahan saat kalian mencarinya.

Sebelum kalian pakai umpan lumut yang jitu, pastikan dulu semua yang akan digunakan untuk memancing sudah tepat.

Bila sudah baru ditentukan untuk umpan lumut mancing ikan dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan bukan cuma umpan lumut yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, kumis dan langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci umpan lumut jitu ada pada karakter ikan yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan yang buat tidak akan menghabis waktu sia-sia juga membuang sisa bahan umpan yang kita pakai.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu ikan yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Beberapa kesalahan yang biasanya terjadi pada umpan lumut pas nyarinya tidak bisa memilih yang tepat.

Sebutlah seperti lumut kasar, jelas saja ikan tidak mau memakannya kalaupun hanya ketemunya yang seperti ini perlu bahan tambahan supaya ikan lebih ganas memakan yang ini.

Jadi kesalahan tidak dimakan ikan ya disinilah, karena yang salah kita sendiri tidak memperhatikan dan mengetahui lumut gimana yang dimakan.

Jadi, umunnya lumut yang paling disukai ikan itu teksturnya halus dan terlihat segar dan lembut, bila ingin mencarinya ya minimal yang seperti itu.

Untuk mencarinya ada di beberapa tempat, tapi utamakan sesuai dengan ikan yang akan kalian pancing seperti lumut pada air yang mengalir atau air tenang.

Kelebihan masing-masingnya tetap ada, karena ikan paling menyukai umpan lumut pada air yang mengalir jadi usahakan untuk mengambilnya yang seperti ini bila ketemu yang diair tenang maka pilih yang diair mengalir saja.

Cara Mencari Lumut Yang Disukai Ikan

cara mencari lumut yang disukai ikan

Hal pertama yang harus kalian tentukan ya tempat lumutnya, misalkan cari di sawah dan sungai dengan air yang mengalir, biasanya bentuknya lembut dan warna yang segar.

Untuk mengambilnya gunakan lidi, karena bila langsung ambil mengunakan tangan akan terasa sulit untuk mengumpulkannya. Bila pakai lidi cukup di gulung-gulung lalu masukan ke wadah.

Juga jangan lupa untuk perhatikan dengan tepat melalui warna lumutnya, bila masih segar ya ambil secukupnya bila sudah mati maka kalian bisa memilih yang segar saja untuk dibawa.

Perlu diketahui, pada beberapa tempat air yang tenang juga sering tumbuh lumut, jadi terkadang tetap saja ada sebagaian pemancing yang mengambilnya untuk umpan.

Memang ya dimakan ikan tapi lebih sip lagi untuk diair yang mengalir jadi perhatikan dengan tepat saat akan mengambil lumutnya.

Lumut Yang Tidak Dimakan Ikan

lumut yang tidak dimakan ikan saat dipakai mancing

Disini yang terkadang tanpa disadari, kebanyakan ikan masih memang cacing pas pakai lumut tidak dimakan.

Maka yang digunakan terus cacingnya saja, tapi tidak mencari tau tentang lumut padahal ini umpan yang paling top untuk jenis Nila dan Mujair.

Sebut saja bila lumut yang digunakan sudah mati, untuk yang seperti ini jelas tidak akan dimakan ikan.

Biasanya kan begini sekarang kita ambil lumutnya, lalu masukan ke wadah tapi terlalu lama disimpan kurang lebih 12 jaman pastinya kan mati, memang dari segi warna terlihat segar karena baru saja matinya tapi tetap tidak disukai ikan.

Selain itu warna pada lumut memang sudah berubah, sebut saja yang hijau dan segar masih bercampur dengan warna kuning agak kecoklatan.

Karena waktu mengunakannta nanti tetap akan bercampur sehingga tetap saja akan diabaikan dan tidak dimakan ikan.

Ada juga yang memang pemancing salah mengambil lumutnya, karena belum tau jenis yang mana untuk umpan dan tidak contohnya seperti lumut dengan warna biru atau hijau pekat biasanya banyak didasaran air, pastinya juga tidak akan dimakan ikan.

Sedangkan bila kalian mengunakan lumut yang tepat dan pas pastilah dimakan ikan, karena lumut tidak akan meleset lagi untuk mancing ikan jenis Nila dan Mujair kalau tidak dimakan maka ada kesalahan dalam mengunakan umpannya.