Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Setiap Casting Tidak Pernah Dapat Ikan

Setiap kali casting tidak pernah dapat ikan, baik itu mancing gabus, toman dan hampala tidak pernah dapat.

Kira-kira kesalahan casting tidak pernah dapat ikan ini apa ya?

Pasti ya tetap ada kesalahan yang fatal dan harus di ketahui, baik itu secara langsung juga rekomendasi perubahan dari teman yang sudah biasa dapat.

Setiap kali casting tidak pernah dapat ikan

Kalau setiap kali casting tidak pernah dapat ikan tapi tidak pernah dapat kan jangal, tidak seperti biasa.

Logikannya seperti ini saja, kalau sekali dua kali tidak dapat itu masih wajar tapi kalau terus-terusan tetap masih belum dapat ikan kan tidak logika.

Nah bila kejadian tersebut terjadi pada kalian dan ingin tau kesalahan yang biasa terjadi, disini sedikit kita berbagi pengalaman supaya bisa dikoreksi pada diri.

Ngoreksi diri sendiri dan juga peralatan pancing yang digunakan, beberapa yang akan dibahas adalah:

  • Umpan buatan.
  • Senar / Benang PE.
  • Lokasi / Spot Mancing.
  • Dan cara casting.

Beberapa permasalahan diatas yang paling sering tanpa disadari, baik awalnya dapat tapi dilain waktu tidak lagi atau memang sedari pertama ngesting tapi casting tidak pernah dapat ikan.

Sedangkan masalah ikan nanti tetap sama saja, tinggal sesuaikan cara casting, kita mulai dari yang pertama saja.

Penyebab Ikan Tidak Mau Makan Soft Frog dan Lure

penyebab ikan tidak mau makan soft frog

Penyebab ikan tidak mau nyambar lure, hal pertama yang sering terjadi adalah salah memilih Umpan yang digunakan, untuk target casting seperti Ikan Gabus, Toman dan Hampala.

Tapi kesalahan pada mengunakan umpan yang digunakan, berikut:

Lure Ikan Hampala
Saat casting tidak pernah dapat ikan harus tau umpan alami yang biasa digunakan untuk ikan Hampala, misal anak ikan nah kalian juga kan pasti mengunakan Minnow atau Jig yang sesuai.

Bila yang di gunakan adalah Soft Frog, jelas saja tidak akan disambar, bukan itu saja penting juga memilih ukuran dan jenis Minnow yang dipakai harus sesuai dengan umpan buatan yang kalian pakai.

Soft Frog Gabus / Toman
Karena umpan buatan, casting tidak pernah dapat ikan ini termasuk semakin banyak yang membuat.

Jadi ada banyak juga model, tapi jangan salah melalui warna pada Soft Frog, Geol dan Jump Frog juga ada yang tidak diketahui atau bahkan ditakuti ikan.

Contoh, warna yang digunakan tidak sesuai dan menarik perhatian ikan.

Jadi pasti akan diabaikan saja, belum lagi bila ukuran umpan yang digunakan terlalu besar jadi kan takut juga ikan, tinggal sesuaikan dengan warna dan ukuran.

Pengaruh Senar PE Untuk Casting

pengaruh senar dan benang pe untuk casting

Pengaruh senar pancing casting tidak dapat ikan, ingat teman ikan tidak buta senar, jadi begitu kalian mengunakan Benang PE saat casting tidak pernah dapat ikan, ikan mengetahui kalau itu senar bahkan terkadang membuat semakin menjauh.

Terutama untuk ikan babon, pasti sensitif akan umpan dan senar Benang PE akan lebih kuat.

Bila saat casting tidak pernah dapat ikan, ini harus jadi koreksi untuk diri sudah pas atau belum.

Karena untuk casting tidak pernah dapat ikan mengunakan umpan buatan, yang diharapkan adalah bergerak secara alami di permukaan air sehingga ikan yang melihat akan langsung menyambar.

Bila ikan mengetahui senar, sudah pasti tidak akan memakan umpan, kecuali bila casting di spot yang belum pernah atau jarang dipancing orang.

Bila dilokasi seperti itu, sudah jelas pakai tapi rapia atau nilon saja pasti tetap akan disambar, tapi bila lokasi yang sudah terbiasa dipancingi harus dikoreksi dan menganti bila ada kesalahan.

Mengetahui Spot Casting Tidak Ada Ikan

mengetahui minnow terbaik untuk casting ikan dilokasi

Memperkirakan sebuah lokasi yang ada ikan dan tidak, pakai yang simpel saja, bila ada ikan maka akan strike dan bila tidak dapat berarti memang ikan yang mungkin tidak ada.

Jadi untuk ambil cepat disebuah lokasi yang di casting tidak pernah dapat ikan, cukup terus uncal dan gulung lalu mantap dan fokus.

Bila belum strike pindah lokasi lain dan kalau tetap tidak dapat ikan perhatikan permasalahan.

Pertama ikan lebih dulu dipancingi oleh orang lain, jadi ikan memang berkurang kan bila ada yang terlepas dari mata kail berarti stress.

Selanjutnya ikan distrum atau diracuni oleh orang, lokasi yang seperti ini wajar bila di casting tiap hari tetap saja tidak akan dapat karena ikan sudah habis.

Jadi sesuaikan lokasi yang dicasting, jangan sampai menekuni terus bila memang sudah tidak dapat lagi, harus pindah ke lokasi lain.

Nah beberapa permasalahan casting tidak pernah dapat ikan diatas tinggal kalian sesuaikan lagi dengan alat pancing yanh sedang kalian gunakan dan juga lokasinya.

Kesimpulan
Jangan lupa juga pelajari cara kalian ngestingnya, cukup tinggal perhatikan cara teman kalian mengesting atau cek tutorial di videonya ada banyak di YT kok.

Bila memang dilokasi pertama kalian mancing tidak dapat ya pindah, bila teman lain dapat dilokasi tersebut tapi kalian tidak tinggal sesuaikan dengan peralatan dan umpan yang kalian. Sampai disini salam Gentak!