Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jam Makan Ikan Patin Liar, Pagi, Siang, Sore dan Malam Hari

Jam ikan patin liar makan umpan yang kita gunakan memang ada waktu tertentunya, terlebih dengan faktor cuaca yang tidak mendukung, walaupun begitu setidaknya pasti kita pernah mengalami saatnya pas lagi strike.

Dari pengalaman yang pernah kita dapatkan ikan patin liar, pastinya sudah bisa memperkirakanlah kapan waktu yang tepat untuk kita memancingnya.

Jam ikan patin liar makan umpan yang kita gunakan memang ada waktu

Jadi bila ada teman sesama pemancing yang menentukan waktu yang tepat untuk memancing ikan patin liar, itu memang benar apa adanya karena secara insting pasti bisa memperkirakan waktu ikan patin makan umpan pas saat strike diwaktu biasanya.

Bila difokuskan dengan pemikiran yang tepat, pastinya kita akan lebih tepat untuk berangkat memancing dengan waktu yang tidak lama tapi sudah strike.

Berbeda bila tidak mengetahui waktunya, kapan saja pergi mancing lalu lempar umpan ikan patin dan tunggu seharian baru dimakan umpannya, padahal bila hanya pergi beberapa saat saja tetap dapat juga kan karena waktu memakannya pas.

Dengan pemikiran inilah, bila sudah mengetahuinya tetap bisa lebih simpel untuk siap menarik joran pancing pas umpannya dimakan, untuk berbagi pengamalan pribadi kami saat memancing ikan patin liar, silahkan padukan dengan pemikiran kalian.

Waktu Pagi, Siang dan Sore

Memancing ikan patin liar pada waktu terang pagi, siang dan sore hari memang butuh waktu jam yang tepat karena hanya beberapa saat saja umpan kita dimakan, selepas itu kita mesti menunggu waktu selanjutnya.

Sebut saja memancingnya dipagi hari, berangkat jam 06 padahal waktu ikan patin liar memakan umpan adalah 08 - 09 pagi dan ini yang paling sering pemancing mendapatkannya, jadi bila pergi mancingnya lewat jam segitu berarti kita masih menunggu waktu selanjutnya lagi.

Bila saat jam 12 siang memancing patin liar, nah ini baru waktu yang sangat cocok karena pas hari panas sedang ganasnya patin memakan umpan, tepatnya jam setengah 1 sampai jam 2.

Bila sore hari waktunya hanya setengah jam saja sampai pas pada jam 5 sore, selanjutnya menunggu malam hari.

Waktu Malam dan Subuh

Bila kalian berangkat memancing ikan patin liar pada waktu malam hari, biasanya kan jam 7 sudah start setelah itu pasang dan lempar umpannya lalu menunggu.

Padahal mancing patinnya hanya sesaat saja, termasuk waktu yang paling pendek yaitu mulai jam 8 sampai 10 saja dan biasanya yang mulai ganas adalah jam 9 malam.

Sedangkan bila masih tetap mancing, setidaknya masih kalian menunggu sampai waktu subuh lagi, karena pada jam setengah 5 subuh nanti barulah ikan patin liar mencari makan lagi.

Namun mancing ikan patin pada malam hari, lebih berpotensi untuk mendapatkan yang besar-besar karena lebih aktif lagi.

Waktu Mancing Ikan Patin Liar Yang Tepat

Pada umumnya para pemancing yang sudah memahami waktunya adalah pada siang hari, tepat jam 11 siang berangkat mancing sampai jam 2 atau memang sekalian menunggu sampai sore hari bila sedang srek memancingnya.

Dilain waktu yang sudah disebutkan tadi, tetap dapat juga ikan patinnya tapi cobalah perhatikan kebanyakan pemancing yang strike pasti pada waktu yang sudah kami sebutkan tadi.

Jadi tidak perlu tergesa-gesa untuk berangkat memancingnya, tinggal sesuaikan jam dan menjelangnya tinggal siap-siap untuk berangkat.

Kecuali bila kalian memancing hanya untuk iseng saja menghabiskan waktu.

Selain waktu yang perlu dipikirkan, cuaca juga mesti kalian pertimbangkan untuk pergi mancing karena biasanya suhu air pada ikan liar lebih berpengaruh untuk makan umpan, sebut saja habis hujan karena dingin membuat ikan susah didapat tapi kalau cuaca pas panas terik justru ganas memakan umpan.

Dari cuaca ini kan bisa kita ambil kesimpulan bahwa waktu ikan patin makan umpan itu memang ada saatnya, bukan hanya bulak-balik pasang umpan lempar, gulung dan pasang lagi padahal waktunya yang tepat pun sudah ada kan.

Jadi tinggal kita saja yang menyesuaikan saatnya. Sampai disini salam Gentak!