Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantangan Memancing Ikan, Masih Ada Yang Percaya?

Pantangan pada orang yang sedang memancing ikan memang sering kali disebutkan, padahal itu hanya omongan yang tidak perlu dipercayai.

Tapi ada baiknya untuk dibenarkan saat seorang suami pergi mancing, jadinya serba salah dipercaya ya bisa musrik karena kita beragama Islam tidak dipercaya ya ada benarnya juga bisa digunakan.

Mitos dan pantangan pada orang yang sedang mancing memang sering kali disebutkan

Pantangan untuk yang sering memancing ikan pastinya 1 atau 2 kali menerima ucapan yang melarang untuk mancing, pada saat tertentu kemungkinan pernah mendengarnya kan.

Terlebih bila didaerah yang masih kental dengan petuah dari leluhur tentang mitos dan pantangan.

Dizaman dahulu mungkin masih banyak yang percaya dengan ucapan tersebut, tapi dengan kemajuan zaman terkesan banyaknya ucapan tentang hal mancing dianggap mitos dan tidak perlu dipercaya lagi.

Tapi mungkin yang kami tulis disini akan ada perbedaan penyebutan dengan didaerah kalian, jadi beberapa pantangan yang sering disebutkan sepengetahuan kami adalah:

  • Tidak boleh pergi mancing ikan ber 3.
  • Joran pancing tidak boleh di langkahi.
  • Istri hamil tidak boleh suaminya mancing.
  • Bawa uang saat mancing.
  • Mengucapakan kata kotor.
  • Dan membawa anak kecil perempuan pergi mancing.

Beberapa ucapan diatas, kemungkinan ada persamaan didaerah kalian atau hanya 1 saja ada yang sama.

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk coba kita ambil sisi baiknya untuk kehidupan kita sekarang, walaupun dizaman dulu memang diterapkan untuk tidak dikerjakan.

Pantangan Tidak Boleh Pergi Mancing Bertiga

jangan pergi mancing sama teman lain lebih dari 2 orang

Ketika mancing bolehnya genap, kalau ganjil harus berangkat sendirian saja dan ini sangat dipantangkan.

Jadi pesanya seperti ini kalau berangkat mancing ada orang 3, nanti yang menemani teman yang 1 adalah makhluk halus setan atau jin.

Bila setan itu wanita, lalu menaruh hati bisa jadi ikut pulang dan minta nikah ke salah satu dari yang mancing, kalau tidak nantinya akan terjadi beberapa hal yang tidak bagus.

Kalau ia seorang lelaki sering kali mendapat gangguan, bisa berupa penyakit dan apesnya maka dari itu dilarang untuk pergi ber 3.

Padahal diambil dari sisi bagusnya saja, bila kita pergi dengan jumlah tersebut ya terkesan banyak orang atau menghindari 1 atau teman yang lainnya sehingga bila terjadi suatu hal yang tidak baik seperti kecelakaan, kena ular dan sebagainya bantuan akan sedikit kesulitan karena kita tidak langsung mengetahuinya.

Selain itu, dengan pergi mancing ada teman pastinya kita tidak akan kesepian dan bila ada masalah yang terjadi cepat mendapatkan kontak pada teman yang lainnya.

Jadi hal ini ada sisi baiknya, juga untuk dilakukan bukan hanya yang tidak bagus untuk dilakukan ber 3 sama teman saat mancing.

Pantangan Joran Pancing Tidak Boleh Di Langkah

joran pancing yang dipakai tidak boleh dilangkah pantangan

Bila meletakan joran pancing tidak boleh sembarangan, takutnya nanti di bisa terlangkahi tidak akan dapat ikan lagi bila digunakan.

Ucapan pantangan diatas mungkin kalian juga pernah mendengarnya, termasuk saat mancing lalu ada teman yang tidak sengaja melangkahi joran pancing yang sedang ditajur.

Ucapan ini disampaikan dari Pak De kami dulu, tapi tetap di iyakan saja walaupun tidak percaya karena hampir semua joran pancing kami sudah pernah dilangkahi tapi tetap saja dapat ikan saat digunakan mancing.

Tapi sisi bagusnya tepat, maksudnya jangan meletakan sembarangan joran pancing terutama di rumah nantinya menganggu orang yang akan lewat, termasuk orang tua, adik, kanan dan istri maka letakanlah joran pada tempatnya, ya itu memang benar kan!

Takut dilangkahi orang saat ditajur, ya tetap benar karena bila ada yang lewat didepan kita sedang fokus menunggu joran dimakan ikan tentu jalannya sangat kecil dan membuat kaget.

Bila ada serangan jantung malah fatal kan termasuk kita bila ingin melewati teman yang sedang mancing kurang baguslahnkan!

Pantangan Istri Hamil Suami Tidak Boleh Mancing

pantangan mitos tidak boleh mancing pas istri lagi hamil

Saat istri hamil, bisa jadi imbasnya pada anak yang akan lahir contohnya mulut anak sumbing karena suaminya mancing kan kena mulut ikan.

Intinya tidak boleh menganiyaya hewan seperti mancing, kan buat mulut ikan terluka atau bahkan sobek.

Nasehat ini sangat benar dan bagus untuk diterapkan sih sebenarnya.

Karena sebagai suami, sudah sebaiknya kita untuk menjaga istri yang sedang hamil.

Terutama bila istri sudah hamil tua, kan butuh dijaga lebih oleh suami apalagi pas saat akan melahirkan.

Bila suaminya mancing tentu tidak akan berfikir ke istri malah fokus untuk alat pancingnya saja, dengan begitu bisa saja istrinya melahirkan malah kita jadi tidak tau sama sekali.

Jadi sisi baiknya sangat tepat untuk dihindari dan tidak perlu dipercaya untuk imbasnya ke anak, karena ada banyak sekali pemancing didaerah kami yang tetap mancing saat istrinya hamil dan anaknya sih biasanya, jadi ini termasuk mitos tapi tepat untuk didengar nasehatnya.

Pantangan Saat Pergi Mancing Ikan Tidak Boleh Bawa Uang

pas pergi mancing tidak boleh membawa uang nanti tidak akan dapat ikan

Bila ingin pergi mancing dan membawa duit, harus di selipkan ke tempat lain misalnya membawa motor nah uangnya harus ditinggal saja jangan dikantongi saat mancing.

Kalau pas didalam kantong, ikan tidak akan mau makan pancing kalian.

Kalau masalah ini sulit diterapkan, karena bila mancing tidak bawa uang bisa jadi meleset bila terjadi sesuatu hal sebut saja bila lapar ingin makan jajanan, pastinya butuh uang kan.

Selain itu bila berangkat mancing bawa kendaraan, kehabisan minyak tanpa membawa uang jadi lebih masalah lagi ini, jadi membawa uang saat mancing termasuk penting untuk dibawa.

Tapi juga bisa ambil sisi baiknya loh, bila kebetulan uang dirumah tinggal itu saja dan dibawa mancing bisa-bisa habis saja dipakai pribadi terutama untuk kalian yang sudah berumah tangga istri mu juga butuh beli apa-apa loh.

Pantangan Tidak Boleh Mengucapkan Kata Kotor Saat Mancing

saat mancing jaga omongan untuk tidak mengucapkan kata kotor

Biasanyakan ada orang yang kerap mengomong hal negative, terutama tentang perempuan saat mancing.

Nah bila dilakukan bisa jadi akan ada penghuni makhluk halus yang tidak berkenan lalu marah akhirnya jadi Kesambet.

Untuk yang ini bisa diterapkan dengan tepat, karena saat mancing kan butuh kosentrasi untuk menjaga joran pancing bila dimakan ikan, kalau hanya mendengarkan omongan yang tidak bagus tentu kurang baik juga karena isinya hanya mesum saja.

Kalau ini yang jelas memang tidak baik untuk diucapkan, bukan hanya saat memancing ikan tapi dimana saja ya memang tidak pas untuk menjadi topik pembicaraan kecuali bila sama-sama menyukai obrolan tersebut.

Jadi memang pas untuk dihindari dan tidak dipakai yang seperti ini, apa lagi pas kalian sedang mancing, jadi ambil sisi baiknya saja karena nasehat ini memang bermanfaat untuk kita.

Pantangan Tidak Boleh Membawa Anak Perempuan Saat Mancing

jangan bawa anak perempuan mancing itu pantangan tidak boleh diajak

Kalau perempuan dibawa nantinya bisa jadi gadis tua, sulit nikah, tidak ada cowok yang mau sama anakmu kalau diajakin mancing ikan.

Untuk yang satu ini sulit juga untuk dipercaya dan dianggap mitos saja, tapi ada baiknya juga bila digunakan.

Kita ambil cepatnya saja, namanya anak perempuan apa lagi masih balita bila diajak mancing bisa jadi lebih cepat di gigit nyamuk.

Bukan itu saja yang lebih bahaya bila anak main-main disekitar kita mancing dan tetap fokus ke alat pancing untuk bapaknya.

Bila terjadi suatu hal yang fatal seperti digigit ular, jatuh ke air dan sebagainya bisa jadi bahaya banget kan.

Untuk kita bapaknya bila mengajak anak perempuan pastinya sudah tidak akan kosentrasi lagi sama alat pancing, intinya pikiran juga akan lebih besar untuk menjaga anak walaupun sedang mancing.

Jadi kita bisa ambil sisi baiknya saja untuk mengajak anak saat mancing, untuk yang lebih tepatnya ya kita tetap bisa saja main sama anak dirumah atau tempat lain bukan hanya membawa untuk mancing.

Kesimpulan
Beberapa mitos diatas pasti sudah bisa kalian nalar dengan pikiran dan akal sehat, sehingga bisa mengambil yang baiknya saja dan meninggalkan untuk percaya pada ucapannya.

Termasuk diri kami disini, cukup mengambil benarnya karena tanpa urusan dengan mancing ikan nasehat itu sudah tepat untuk di ikuti baik secara meninggalkan sesaat alat pancing dan hobi kita mancing ikan nanti pas sudah saatnya tetap bisa diulangi lagi kan hobinya!