Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Umpan Ikan Tombro Susah Makan, Kolam dan Sungai

Memancing ikan tombro baik di kolam dan sungai, tidak mau makan umpan biasanya pasti ada sebabnya, sebagai pemancing sudah jelas harus dicari tau kesalahannya.

Seperti yang kita ketahui, ikan tombro bisa kita temukan yang liar di sungai, danau dan peliharan dikolam pemancingan.

Memancing ikan tombro baik di kolam dan sungai

Yang sering buat sedikit mumet, umpan ikan tombro kolam susah makan terkadang sampai berhari-hari dicoba masih tetap saja zonk terus, kira-kira mengapa ya?

Sebelum kita mengetahuinya, alangkah baiknya diketahui dulu nama ikan tersebut diluar daerah kalian nanti pasti akan ketemu masalahnya yang sama diketahui pemancing lainnya.

Seperti yang kita ketahui, untuk ikan ini bila ditempat lain ada banyak sekali namanya seperti:

  • Di Jawa Barat, ikan Kancra.
  • Di Jawa Tengah dan Timur ikan Tombro.
  • Di Sumatera bagian selatan ikan Semah.
  • Dan sebutan lainnya:
    • ikan Curong.
    • ikan Lempon.
    • ikan Ihan.
    • ikan Sepan.
    • ikan Kelah.
    • ikan Masheer.
    • ikan Torsoro.
    • Dan ikan Dewa.

Dengan banyaknya sebutan diatas sudah jelas didaerah lain juga ada, jadi umpan yang digunakan juga pastinya tidak akan jauh bahkan masih terbilang sama saja.

Permasalahannya penyebab bila tidak mau memakan umpan yang kita gunakan, pasti ada sangkut pautnya dengan racikan atau yang lainnya, cobain kita ulas lebih jauh.

Ikan Tombro Liar

Biasanya yang buat ikan ini tidak mau makan umpan adalah faktor cuaca air, dimana bila suhu turun menjadi dingin hampir kebanyakan ikan memang tidak mau makan umpaj yang kita gunakan.

Walaupun itu termasuk yang paling jitu seperti: Jagung Manis, Buah Sawit dan sebagainya.

Bila pas diulangi memancingnya saat hari panas terik, maka akan kembali lagi tetap strie juga.

Bila masih zonk, kemungkinan air mulai surut biasanya terjadi saat pas kemarau maka ikan tombro akan pindah lokasi ke bagian yang agak lebih dahulu dan cocok dengan arusnya.

Untuk ikan tombro liar, penyebabnya hanya sebatas itu saja tidak ada yang lainnya, karena secara pribadi memang pernah dialami langsung ya.

Jadi bila kalian kondisi seperti ini, tinggal sesuaikan dengan keadaannya lebih kurang seperti diatas tadi.

Ikan Tombro Kolam

Nah ini yang susahnya, ikan tombro kolam susah makan umpan bahkan tidak mau sama sekali, tapi untuk yang utama biasanya memang karena sensitif dengan apa yang digunakan.

Sebut saja bila mengunakan umpan racikan, tapi memang sudah terlalu sering dipakai, karena hampir semua ikan bertama usia maka daya sensitifnya akan bertambah juga sehingga tetap akan memilih makanan yang akan ia makan.

Bukan hanya ikan tombro kolam yang liar juga tetap sama terdapat sensitifitas, tapi yang lebih kuat pastinya yang peliharaan karena kontak langsung dengan manusia.

Jadi pas kita sedang mancing mengunakan umpan, sudah pasti akan terlihat dulu orangnya sehingga ikan tombro akan pergi menjauh jadi memang umpan yang kita gunakan tidak akan dimakan.

Trik Mancing Ikan Tombro

Bila yang kalian pancing dikolam, cobalah untuk menganti dengan racikan umpan yang lainnya dulu baru dicoba lagi, bila masih tetap tidak dimakan usahakan menjauh dari lokasi kalian duduk kuncinya mundur saja sedikit.

Bila sudah menjauh baru makan, berarti kesalahannya ada disitu termasuk bila menganti umpan dan dimakan berarti kan itu penyebabnya tidak mau makan sebelumnya.

Bipa semua sudah dicoba tetap tidak mau, ya kami juga angkat tangan solusinya 🙏

Sedangkan bila ikan tombro liar, mencari triknya cukup simpel saja mulai dari mengunakan joran pancing lebih dari 1 dan berbagai macam umpan, bila belum kena juga pindah lokasi.

Kalau sudah pindah dan mencari tempat lainnya, nanti juga akan ketemu spot yang bagus dan strike ikan tombronya. Sampai disini salam Gentak!