Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Cacing Pumpun (nifah), Mancing Ikan Liar Pasti Strike!

Memancing mengunakan umpan cacing nifah atau pumpun, terutama untuk disungai target ikan patin liar, baung, juara dan berbagai yang bersisik tetap landed, termasuk mencing udang galah capit biru lebih maknyus lagi lah pakai umpan ini.

Memancing mengunakan umpan cacing nifah atau pumpun

Karena hoki banget mengunakannya, jadi tak heran bila sampai sekarang pun masih ada banyak sekali pemancing yang masih mengunakannya.

Bukan hanya sebatas bisa digunakan untuk umpan saja, cacing nifah terkesan paling awet bila digunakan untuk mancing, cukup beli atau mencarinya 3 ekor saja kemungkinan sampai pulang lagi cacingnya masih bersisa banyak dan bahkan bisa digunakan untuk keesokan lagi.

Masa iya cacing nifah bisa awet digunakan mancing?

Ya jelas saja, dalam 1 ekor saja panjanganya ada yang lebih dari setengah meter, dan mengunakan harus dipotong-potong sesuai dengan ukuran dulu jadi mengunakan 3 ekor saja pastinya awet banget kan.

Terlebih bila bisa mengunakan cacing nifah untuk umpan, sudah pasti 1 ekor saja terkadang sudah cukuplah untuk mancing, karena kan dipotongnya dari bagian ekor dikit-dikit sesuai ukuran mata kail jadi pastinya akan hidup terus.

Kecuali bila yang belum tau mengunakannya, sekali potong kepalanya ya mati langsunglah cacing nifah nya, habis tu kalau disimpan ya besoknya bau dan tidak bisa digunakan lagi.

Walaupun banyak keunggulannya mengunakan umpan cacing nifah untuk umpan mancing, tapi tetap saja ada kekurangan yang membuat kalian bisa saja zonk tidak dapat ikan sama sekali.

Karena cacing nifah ini habitatnya dipayau, jadi bila kalian gunakan untuk diluar lokasi tersebut siap-siap untuk zonk, karena walaupun aromanya unik tapi ikan tetap saja akan mengabaikan umpan ini, jadi tidak akan dimakan.

Bukan hanya sebatas itu saja, walaupun memancing disekitaran lokasi mencarinya bila spot pemancing bukan pada tempat target ikan ya tetap saja tidak dapat, contohnya seperti jenis ikan:

  • Lampan.
  • Tawes.
  • Nilem.
  • Masheer.
  • Hampala.
  • Tapah.
  • Sengerat.
  • Malis.
  • Dan wader.

Jenis ikan diatas silahakan dicoba pakai umpan cacing nifah, pastinya akan zonk kecuali jenis tersebut berada diperairan payau mungkin masih strikelah tapi tetap saja jarang.

Jadi biarpun cacing nifah terkesan umpan yang hoki, menentukan target ikan untuk dipancing ya tetap sama saja seperti kebanyakan pengunaan cacing pada umumnya, selamat mencoba dan Salam Gentak!