Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Buah Ara, Nyari Yang Di Pinggir Sungai Untuk Mancing

Mancing pakai umpan buah ara, banyak ikan yang mau makan jenis buah ini, tapi disayangkan terkadang ada beberapa pemancing yang tidak menyadari juga belum bisa mengunakanya.

Misalkan seperti ini, kalian pas mancing melihat ada pohon buah ara di pinggir kali pasti kan jatuh ke air.

kalian pas mancing melihat ada pohon buah ara di pinggir kali

Nah pas lewat itu sudah jelas ada ikan yang makan, ada yang begitu jatuh langsung disambar dan ada juga yang berjalan dengan arus agak jauh baru dimakan.

Tapi perlu diketahui ikan yang nyambar buah ini bukan yang berukuran kecil saja ya, minimal diatas 1 kg, jadi bila target mancing kalian masih terbilang standart lebih baik jangan pakai ini.

Kecuali kalau mancing memang dikhususkan ikan yang besar saja, untuk beberapa jenis ikan yang mau makan umpan buah ara:

  • Ikan patin
  • Ikan juaro / bengak
  • Ikan saitam
  • Ikan mahseer
  • Ikan hampala
  • Ikan baung
  • Ikan lampam (babon)
  • Ikan gurame (babon)
  • Dan ikan sengerat.

Sesuai dengan pengamalan kami yang pernah dapat saat mancing pakai buah ini ikan yang diatas, bila kalian coba kemungkinan ada jenis yang lain.

Tapi harus diketahui cara memasang buah ke mata kail juga targetnya, selain itu harus dipilih juga buah yang seperti apa akan dimakan ikan.

Jadi bukan asal ambil lalu dipakai untuk umpan saja, harus dipilih dulu baru dipasangkan ke mata kail.

Kalau asal ambil saja, ya untung-untungan kalau kebetulan yang dimakan ya strike bila belum ya zonk.

Untuk uraian yang lebih jelas biar dituliskan secara detail, agar nanti kalau ingin dicoba bisa sesuai dapat ikan dan targetnya.

Cara Memilih Buah Ara Yang Dimakan Ikan

Saat kalian akan mengambil buah ara dari pohonnya dan dijadikan umpan sebaiknya pilih yang warna merah atau mendekati masak.

Tujuannya tidak asal ambil buah saja, silahkan diperhatikan yang jatuh sendiri sudah pasti yang warna merah atau akan masak baru jatuh ke air.

Jadi kita hanya mempelajari pola makan ikan dengan buah ini, dari sini juga bisa kita simpulkan yang dimakan itu jenis yang sudah jatuh.

Kenapa ikan makan buah ara yang sudah jatuh saja? Jawabanya ya simpel karena ikan tidak bisa ambil sendiri!

Diatas hanya guyon, nah setidaknya kalian sudah bisa mengertikan buah ara yang biasanya dimakan ikan.

Untuk yang lain ya pasti cara memasang umpan buah, dan juga milih target untuk yang besar atau kecil.

Memilih mancing ikan mengunakan umpan buah ara memang hanya untuk 2 cara dan ukuran saja, tinggal sesuaikan dengan yang ingin kalian pakai caranya.

Ikan Kecil

Pastikan yang digunakan seperti diatas tadi, untuk mengunakannya cukup dengan menyesuaikan mata kail yang dipakai.

Cara mengunakanya ya tinggal dibelah dulu pakai pisau kartel, lalu dipotong kecil-kecil setara besar dengan mata kail yang digunakan.

Jumlah yang dimasukan juga cukup satu saja, tapi yang diambil harus dengan kulitnya juga.

Jadi untuk pemotongan itu memanjang ke bagian belah jangan ambil membesar, dan utamakan sesuai dengan ukuran mata kailnya.

Setelah sesuai baru dites dan tunggu beberapa saat, kalau lokasi yang dipancing itu memang tempat ikan ngumpul lebih cepat strike.

Cara diatas belum kami gunakan, karena hanya memperhatikan teman sesama mancing yang duduk bersama, kalau kami hanya narget yang besar jadi pemasangan yang kami gunakan tentu berbeda.

Ikan Besar

Ada 2 cara yang kami gunakan untuk pemasangan buah ara target ikan yang besar, dimana yang pertama dipasangkan langsung 1 buah ke mata kail.

Kadang sampai 2, 3 mata kail 1 senar utama dicantelkan ke buah untuk umpannya.

Untuk yang kedua dipasang dengan dipotong dadu, lalu dipasangkan ke mata kail ukuran juga agak besar dan sekali pasang sampai ke atas mata kail, melewati simpul dengan jumlah sampai 6, 7.

Tapi sesudah kami masukan umpannya dijalin lagi mengunakan benang jahit, tujuanya supaya tidak berpencar saat digunakan nanti.

Tapi bila mengunakan cara menyusun seperti yang kedua ini kadang kala joran yang kita tajur mentiung karena ditarik ikan.

Waktu kita strike mocel, saat sampai atas kita perhatikan ya memang dimakan tapi sambaranya bukan dari pangkal tapi tidak beraturan jadi tidak kena mata kail.

Tapi bila yang makan ikan patin atau juaro, jarang yang meleset karena sambaran langsung dimakan semua.

Beberapa cara mengunakan umpan buah ara, pemasangan dan target ikan diatas sesuai dengan pengamalan kami.

Bila ingin dicoba ya dipersilahkan atau sesuai dengan keinginan kalian saat memasangnya. Salam Gentak.