Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cari Cacing Kalung Untuk Umpan Mancing Ikan

Umpan cacing kalung yang digunakan untuk mancing pastinya hoki banget, rata-rata ikan apa saja mau memakannya jadi tidak diragukan untuk dipakai.

Terutama mancing ikan besar mengunakan cacing kalung asli jarang melesat, apa lagi mocel ikan yang dipancing.

pemancing yang ingin tau cara mencari cacing kalung

Hanya saja mencarinya yang susah, terutama untuk yang belum tau caranya, walaupun sering mengunakannya tapi ketemu tanpa disengaja saja.

Nah untuk kalian pemancing yang ingin tau cara mencari cacing kalung, pastikan untuk mempersiapkan waktunya dulu karena bila tahap awal mencari sering kalli menghabiskan waktu yang lama, tapi kalau sudah ketemu tempatnya nanti mudah saja untuk mencari selanjutnya.

Bila kalian sudah mempersiapkan waktu, silahkan coba berdasarkan pengalaman kami mencarinya.

Beberapa tempat yang biasanya ada cacing kalung adalah:

  1. Comberan rumah tempat cuci piring.
  2. Kebun pisang.
  3. Kebun kelapa sawit.
  4. Dekat kandang sapi atau kerbau.
  5. Dan comberan pemotongan hewan.

Untuk cara mencarinya, sesuaikan dulu lokasi yang akan ditentukan seperti Comberan cuci piring dirumah, biasanya dibagian aliran air terdapat tanah yang lembat.

Untuk dioptimalkan adalah rumah makan, terutama pada bagian aliranya terdapat tanah dan sampah-sampah serta bekas nasi dan sayuran yang dicuci.

Sarang cacing kalung pada tempat seperti ini jarang meleset, pastinya mudah ditemukan cukup digali tidak perlu dalam pastinya sudah ketemu.

Hanya saja ada kekuranganya bila mengunakan cacing kalung pada lokasi seperti ini yaitu mudah patah, walaupun berukuran besar terkesan tidak tahan lama bila digunakan untuk mancing karena ikan kecil terus mengrogoti dan habis juga.

Tapi tempat seperti ini sangat cocok untuk mencari cacing kalung, tapi tidak semua tempat ada harus tetap dicoba dulu kalau tidak ada pindah ketempat lainnya, setelah ketemu barulah bisa diulang lagi dikemudian hari.

Selanjutnya dikebun pisang, bila dilokasi kalian terdapat kebunya sudah tidak diragukan lagi jelas mudah untuk menemukanya.

Terutama dibagian yang ada pohon pisang yang sudah mati dan busuk, cukup gali dibeberapa bagian sudah pasti bisa ketemu dengan cacing kalung, tapi harus ingat perhatikan dulu ciri-cirinya yaitu terdapat seperti butiran tanah yang berbeda dilokasi lainya.

Hanya di 1 lokasi yang bisa ditemukan butiran tanah, pas digali ketemu cacing kalung nah itulah cirinya.

Selanutnya dikebunan sawit, tapi tidak semuanya ada hanya tempat tertentu saja, cara mencari diperkebunan yang seperti ini perhatikan perawatan kebunya.

Bila yang mengunakan pupuk lebih baik jangan kesitu, tapi bila mengunakan limbah pabrik atau jangkos nah dilokasi seperti ini paling mudah untuk menemukan cacing kalung.

Hampir terkesan lembab saja tanahnya begitu digali sekali pasti ketemu, dan cara ini pastinya sudah banyak yang tau.

Selanjutnya didekat kandang sapi atau kerbau, biasanya kan dikandang ini akan menyediakan penampung air kencing dan teletong nah disekitaran pinggir-pinggirnya yang tanah tinggal coba cangkul saja.

Biasanya disekitaran tempat penampungan tersebut ada banyak cacing kalung dan mudah menemukanya, tinggal cangkul bertahap untuk menentukan tempatnya, pas sudah ketemu langsung selesaikan deh.

Dan yang terakhir dicomberan tempat pemotongan hewan, bila dilokasi domisili kalian dekat dengan tempat seperti ini, tinggal cari aliran pembuangan seperti pemotongan Sapi, Kerbau dan Ayam tetap akan ada alirannya.

Nah dipinggir aliran seperti ini juga tetap banyak cacing kalung tinggal cangkul saja dibeberapa bagian, bila sudah ketemu tempatnya yang banyak barulah cangkul di 1 lokasi itu saja.

Diatas tempat yang pernah kami coba mencari cacing kalung dan tepat ketemu, walaupun terkadang disembarangan tempat kita cari cacing biasa menemukanya tapi tidaklah bisa banyak paling 1 atau 2 ekor saja.

Bila memang dihabitatnya sudah tidak akan diragukan lagi untuk menemukan cacing kalung dan dipakai untuk umpan mancing ikan disungai dan danau.