Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Musim Hujan Tiba, Begini Cara Agar Dapat Banyak Ikan Tanpa Mancing

Memasuki musim hujan dimana-mana sungai pada banjir, untuk yang hobi mancing pasti sulit mencari spot memancing ikan, bukan hanya kesulitan karena banjir saja tapi juga bila dipaksain mancing pasti basah kehujanan.

Karena banjir dan hujan inilah yang membuat jarang ada lagi para pemancing untuk beraktiftas, mancing dikolam pemancingan kan masih bisa!

cara cari ikan musim banjir

Yap benar sekali, kalau biasanya memancing di alam liar pada musim hujan jelas tidak bisa, harus beralih ke kolam pemancingan, yang penting nguncal dan strike dapat ikan.

Oh pengen dapat ikan banyak dimusim banjir? Kalau itu sih gampang, kebetulan lagi pasang memasang musim ini.

Untuk kalian yang mungkin kebingunan melampiaskan hobi mancing untuk mendapatkan ikan, silah ikuti berbagai trik untuk dapat ikan tanpa harus memancing.

Tapi sebelum pakai triknya, ketahui dulu lokasi yang akan ditarget untuk mendapatkan ikannya nanti, bila kondisinya banjir kan harus diperhatikan area air nya seberapa luas.

Biasanya akan ada pada bagian pinggir saja, dan juga pada musim banjir ikan tidak akan mau dibagian tengahan lebih memilih untuk pinggiran saja.

Nah ini target pertama yang harus kalian perhatikan, bisa dijangkau atau tidak bagian ini, bila tidak bisa ya harus menentukan dulu areanya tapi kalau sudah bisa ya tinggal ikuti triknya saja lagi.

Untuk beberapa alat yang dibutuhkan adalah memasang jaring atau bubu payung, lengkap dengan trik memasang dan juga umpan yang akan dimasukan untuk yang pertama kita bahas dibawah lagi.

Pasang Jaring Saat Banjir

Untuk memasang jaring hal pertama harus dipersiapkan adalah ukurannya, usahakan ambil untuk ikan berukuran 1 atau 2 jarian saja, bila memaksimalkan untuk yang 5 jarian.

Saat area yang akan dipasang sudah tersurvei pastinya kalian sudah paham untuk tempat memasangnya.

Untuk trik pemasangan jangan gunakan melintang, karena musim banjir sudah pasti banyak sampah yang juga terbawa arus.

Bukan hanya sampah saja, tapi ikan juga tidak akan jauh berada dari pinggir, dengan begitu kalian cukup memasangnya memanjang saja tapi bagian bawah ujungnya harus mepet ke tanah.

Tujuan memeilih bagian bawah bukan atasnya, agar ikan yang nantinya melewati akan langsung kena dimana saja bagian jadi tidak ada kesempatan untuk melewati perangkap jaring.

Trik memasang jaring hanya ada disitu saja, jangan pasang melintang dan pastikan bagian bawah dipepetkan ke tepi jadi kasih cela pada masuk pada bagian yang atas.

Pasang Bubu Payung Saat Musim Banjir

Nah untuk yang ini agak repot, karena salah-salah ikut hanyut bubu yang dipasang, bukan hanya disitu saja tapi juga pemasangan tidak boleh sembarangan.

Karena ikan tidak netap bermain, jadinya agak susah pemasangan bila mengharapkan ikan yang nyari umpan.

Jalan terbaiknya adalah memasang pada bagian yang pinggir tapi tertutupi, contohnya pada bagian masuknya air siring ke sungai.

Bila tidak bertemu dengan titik ini, sepertinya memang sulit untuk nyari trik pasang bubu payung dikondisi air banjir.

Cara terbaiknya hanya mengunakan jaring seperti diatas tadi, dengan begitu sudah dipastikan tetap dapat ikan.

Sedangkan bila memilih pakai bubu lebih baik urungkan saja, kecuali bila terdapat daerah tenangan baru bisa dipasang kalau selain itu tidak usah pasanglah!

Pasang Perangkap Ikan Di Rawa Yang Banjir

Sedangkan pemasangan pada rawa yang banjir, nah baru cocok untuk ulasan karena sesuai dengan yang dikerjakan berdasarkan pengalaman lah.

Bila kalian ingin dipasangkan ke rawa-rawa yang banjir, mau pakai bubu payung oke jaring juga lebih baik.

Tapi sebelum dipasang pastikan dulu bagian lokasi yang agak tinggi airnya, tidak perlu nyari bagian yang dalam karena kebanyakan ikan dirawa-rawa itu seperti Gabus, Wader, Keting, Betok dan sepat.

Kalau untuk pasang jaring bebas, mau pasang melintas mengujur ke kiri kanan bebas pokoknya, yang butuh umpan dan titik pasti adalah bubu payung.

Pemasan harus pada titik yang benar-benar dipastikan lokasi ikan saat air naik, sedangkan untuk umpan bisa gunakan Bekicot, Buah Sawit dan Nasi untuk ikan.

Sedangkan bila target udang, cukup gunakan nasi yang di campur dengan terasi, atau bisa langsung buat bolong terasi dalam bungkus pakai garpu dan masukan ke bubu payung.

Bila ingin target ikan dan udang silahkan masuk ke bubu payung, jadikan satu umpan diatas tadi.

Juga usahakan mengunakan jaring atau bubu lebih dari 1, semakin banyak lebih bagus.

Bila waktu pengecekan jaring dan bubu payung yang sudah terpasang, pastikan untuk saat memasangnya dulu karena minimal itu 6 jam.

Misalkan dipasang jam 12 siang, ngeceknya ya jam 6 sore, berbeda bila pemasanganya diwaktu malam karena akan lebih cocok dicek subuh karena bila malam hampir kebanyak ikan babon akan keluar seperti belut dan parahnya adalah biawak.

Kalau terkontrol kan jadi enak, ikan sudah banyak atau belum, sedangkan bila tau-tau dicek jaring atau bubu sobek nah baru jengkel kan.

Nah beberapa trik diatas silahkan untuk diterapkan pemasangan jaring dan bubu payung saat banjir.

Posting Komentar untuk "Musim Hujan Tiba, Begini Cara Agar Dapat Banyak Ikan Tanpa Mancing"