Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Umpan Mancing Dari Mie Instan, Simpel dan Mudah

Cara membuat umpan mancing dari mie instan goreng, soto dan kari ayam, sepertinya bukan lagi racikan yang asing untuk diketahui karena hampir kebanyakan para pemancing pastinya sudah banyak yang tau cara buat dan meraciknya lengkap dengan campuran apa saja yang akan digunakan.

Cara membuat umpan mancing dari mie instan goreng

Tapi sayangnya biarlah banyak yang sudah tau, tapi tetap saja masih banyak yang belum mengetahui, terutama untuk pemancing yang biasanya mengandalkan umpan alami.

Sebelum kalian membuat umpan jitu, pastikan dulu semua takaran yang akan digunakan untuk meracik sudah tepat.

Bila sudah baru ditentukan untuk umpan mancing ikan dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan bukan cuma umpan yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, kumis dan langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci membuat umpan jitu ada pada karakter ikan yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan tidak akan menghabiskan waktu sia-sia juga membuang sisa bahan umpan yang kita gunakan.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu ikan yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Saat akan membuat racikan mie instan, sudah pasti belum tau juga cara untuk membuatnya termasuk bahan yang akan digunakan untuk campurannya.

Selain itu, terkadang ada juga pemancing yang mengunakan umpan mie instan secara langsung tanpa racikan dan pengolahan, untuk cara memakainya terkesan paling mudah cukup rendam dengan air biar lembut.

Setelah jadi ditiriskan biar airnya berpisah lalu tinggal pakai saja dengan memotong pakai kuku jempol dan mengaitkan ke mata kail.

Pengunaan umpan mie instan sederhana diatas, bisa juga loh diandalkan untuk memancing:

  • Ikan Malis.
  • Ikan Wader.
  • Ikan Sepat.
  • Ikan Gurame.
  • Ikan Mujair.
  • Ikan Lampam.
  • Ikan Saitam.
  • Ikan Tawes.
  • Dan Ikan Nilem.

Tapi kekurangan umpan dengan cara diatas tidak bisa digunakan bila tangan mu basah, karena mie instan yang tadinya lembut dan siap pakai akan menjadi benyek dan licin jadi susah pemasangannya terutama bila sampai semuanya terkena percikan air.

Walaupun begitu, masih tetap bisa lah untuk digunakan memancing, sedangkan bila ingin membuat racikan untuk umpan dengan beberapa bahan kalian bisa mencoba untuk membuatnya dulu dengan bahan utama:

  • 1 bungkus mie instan goreng.
  • 1 buah kunyit sebesar telunjuk.
  • 2 siung bawang putih.
  • Dan 1 butir telur ayam atau bebek.

Untuk membuatnya, pertama silahkan remukan dulu mie instannya yang akan digunakan bisa langsung di giling supaya halus atau diblender.

Setelah halus, giling bawang putih dan kunyit sampai halus lalu campurkan sambil digiling ulang biar merata, setelah itu pindahkan ke wadah dulu.

Siapkan 1 gelas lalu masukan kuning telur boleh bebek atau ayam dan kocok sampai berbusa, lalu masukan ke wadah mie instan tadi dan aduk mengunakan centong atau sendok makan sampai merata.

Sesudah itu pindahkan ke plasti sambil dilumat pakai tangan supaya bisa diperkirakan tekstru umpan yang diracik, sudah pulen atau belum bila pas ya tinggal gunakan saja.

Sedangkan bila racikan diatas kurang jitu, kalian masih bisa meracik umpan yang biasanya untuk umpan ikan tawes dan nilem untuk pembuatanya cukup siapkan 1 mie instan, tempe, royco ayam, bubuk kunyit dan 2 siung bawang putih.

Untuk pembuatannya sama saja seperti diatas tadi, bila belum dimengerti melalui tulisan diatas kalian bisa melihat contoh pembuatan umpannya dari video di youtube saja.