Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Mata Kail Umpan Lumut Anti Mocel, Pakai Cotton Bud!

Cara membuat rangkaian mata kail mengunakan cotton bud untuk mancing dengan umpan lumut aslinya asik dan jarang mocel, karena rentetan jalinanya sangat tepat.

Sekali kaitkan lumut bisa berulang kali dimakan ikan, terkadang sudah strike pas diangkat masih saja bersisa lumut yang digunakan.

mata kail anti mocel

Jadi kesannya tidak menghabiskan umpun lumut sia-sia, sekali pakai walaupun belum habis tetap sudah ada ikan yang mengait.

Sedangkan untuk membuat rangkaiannya, berdasarkan pembuatan kami ya silakan disesuaikan sendiri nantinya, untuk bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Kili-kili.
  • Karet Stoper.
  • 5 sampai 6 mata kail.
  • 1 cotton bud atau lebih sesuai dengan yang akan digunakan.

Untuk merangkainya, pertama simpul senar dimata kail pertama dengan memberikan kelebihan untuk yang lainnya, simpul pertama ini cukup dikaitkan saja tapi tetap terkunci sedangkan yang ujung utama barulah disimpul optimal.

Setelah rangkaian jadi, masukan karet stoper terlebih dahulu kemudian ambil cotton bud dan lepaskan kapas pada kedua bagian dan masukan ke senar utama.

Setelah itu barulah ikatkan rangkaiannya ke kili-kili, bila sudah terikat barulah disesuaikan dengan jarak mengunakan karet stroper untuk pembatas cotton bud, kurang lebih contohnya seperti ini.

rangkaian mata kail pakai cotton bud

Sedangkan untuk lebih jelasnya peralatan yang digunakan sebagai berikut.

Kili-Kili

Difungsikan supaya bisa berputar saat mata kail mengait ikan, tapi ingat ada jenis kili-kili cabang 3 jadi jangan salah memilihnya karena untuk rangkaian ini mengunakan yang umum saja.

Dengan memasang kili-kili, nantinya bila ada ikan yang memakan bagian mata kail 1 yang lainnya masih tetap bisa terus lanjut memakan, jadi jangan buru-buru diangkat bila sudah terlihat strike karena masih ada kemungkinan tetap kena lagi.

Selain itu bisa juga digunakan untuk mengaitkan lumut, sehingga nantinya akan tetap terus turun pada mata kail yang pertama dan menutupi semua bagian yang terpasang mata kail.

Karep Stoper

Sedangkan untuk karet stoper biasanya digunakan untuk pembatas, pemasangan rangkaian ini pastinya kan ada cotton bud, jadinya perlu dibatasi jaraknya ke mata kail yang pertama.

Bila tanpa memasang karet stoper sudah pasti akan turun ke mata kail yang pertama, jadinya kan termasuk tidak bisa digunakan yang tertutupi cotton bud nantinya.

Dengan memasang stoper jadinya bisa lebih leluasa memberikan jaraknya, bisa agak panjang atau pendek yang penting tidak langsung ke mata kail.

Rangkaian Mata Kail

Sedangkan pemasangan mata mata kail yang lebih dari 1 tujuan tetap supaya bisa mendapatkan ikan lebih dari 1, pas digunakan.

Untuk umumnya yang digunakan cukup 2 saja mata kailnya, namun kebanyakan yang bisa memainkan pancing maka dipasangkan sampai 6 sekali perangkaian.

Tujuannya supaya lumut bisa terlihat besar dan banyak, sehingga ikan akan berdatangan untuk memakan umpan.

Harapan untuk mendapatkan ikan lebih dari 1 tapi tidak mungkin bila sekali dapat 6, setidaknya paling banyak itu 3 atau 4 saja.

Jadinya pemasangan umpan bisa lebih optimal lagi untuk mancing ikan, bukan hanya mengunakan yang standart saja.

Walaupun begitu tetap harus dicoba oleh kalian yang biasanya memancing ikan mengunakan umpan lumut supaya lebih memahami dengan pemaikannya.

Sampai disini semogga bermanfaat dan salam Gentak!