Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jam Makan Ikan Tombro, Siang dan Malam Hari

Memancing ikan tombro bisa di berbagai lokasi seperti kolam pemancingan dan alam liar di sungai, untuk mancingnya bukan hanya membutuhkan umpan saja tapi harus tau kapan jam yang tepat.

Tanpa menentukan jam memang masih tetap bisa memancing ikan tombro tapi harus menunggu waktu yang lama sampai pas jam makan barulah mulai ada strike selebih itu hanya sebatas menunggu saja.

tapi harus menunggu waktu yang lama sampai pas jam makan

Inilah sebabnya kebanyakan Angler yang sudah tau jam makan ikan tombro, tidak akan buru-buru berangkat mancing bila waktunya masih lama.

Misalkan seperti ini, ikan tombro mulai makan jam 11 siang tapi kita berangkat memancing jam 7 pagi, tentu lebih lama untuk menunggu waktu makannya.

Jadi kalau sudah mengetahui waktu cukup berangkat mendekati jam makan ikan tombro saja, itu juga seperti kebanyakan ikan hanya berlangsung 1 - 2 jam saja setelah itu berhenti lama sampai waktunya tiba lagi, kecuali bila memancing dikolam pastinya beberapa ikan tetap akan makan disetiap waktu karena pakan alami tidak ada dalam kolam.

Sedangkan di sungai, nah baru harus disesuaikan karena memang disini sudah tersedia banyak umpan yang bisa dimakan ikan, juga perhatikan benar target ikan yang dipancing karena tidaklah sama pada waktunya.

Untuk kalian yang belum tau jam makan ikan tombro, sepertinya akan lebih baik untuk diketahui dulu supaya tidak membuang banyak waktu.

Nah bila kalian ingin menentukan waktu untuk memancing ikan tombro, ketahui dulu lokasi yang akan dipancing, sungai atau kolam pemancingan karena waktunya berbeda selisih nantinya, termasuk pagi, siang, sore dan malam hari.

Jam Makan Ikan Tombro Sungai

jam makan ikan tombro liar sungai

Untuk menentukan memancing ikan tombro liar di sungai, haruslah tepat dan sesuai dengan suhu air juga cuaca saat akan pergi juga umpan alami liarnya.

Pagi
Bila kalian mulai pagi hari tepatkan saat matahari sudah agak naik dan cuaca yang panas, misalkan jam 7 maka selesainya pada jam 9 nanti.

Sedangkan bila mendung lebih baik urungkan dulu waktu untuk memancingnya karena suhu air dingin, membuat, ikan tombro tidak akan memakan umpan.

Siang
Kalau untuk siang hari masih tetap ada hubunganya dengan pagi, bila mendung tadinya maka waktu inilah akan mulai makan lebih ganas yaitu jam 11 - setengah 2 dan tepat.

Bila cuaca memang mendukung dari pagi tadi, dimulai setengah 1 sampai tepat jam 2.

Sore
Diwaktu ini hampir sama seperti kebanyakan ikan lain, namun bisa dimulai pada jam setengah 5 bila cuaca mendukung bisa jam 4 start sampai menjelang magrib.

Untuk waktu memakan ikan tombro adalah setengah 6 pada cuaca panas dan bila mendung sebelum dan sesudah magrib.

Malam
Ini hanya untuk waktu ikan yang besar saja, karena sensitif tinggi jadi usahakan untuk memancingnya pada jam setengah 2 malam sampai 4 subuh selepas itu tidak akan dimakan.

Tapi untuk ukuran dewasa bisa start jam 8 sampai 10 malam saja.

Dengan waktu mancing ikan tombro diatas sesuai dengan pengalaman pribadi, tapi mungkin berbeda lokasi kita memancing akan ada perbedaan juga, tapi kebanyakan teman Angler lainnya tetap sama.

Jam Makan Ikan Tombro Kolam

jam makan ikan tombro kolam

Sesuai dengan pengalaman memancing pada lokasi seperti ini sangat sulit ditentukan, tapi tetap kembali pada cuaca panas, mendung, hujan atau selepas reda.

Seharian Mendung
Dimulai dari waktu pagi jam 9 - 12 dan sore jam 3 - 6, diwaktu lain juga mau makan tapi hanya 1, 2 ekor saja berbeda bila waktunya tetap akan banyak yang mau makan.

Seharian Cerah
Lebih dengan waktu yang sama seperti diatas tadi, tapi bisa dimulai pada jam 11 siang saja karena nanti melewati setengah 1 sudah mulai makan sampai jam 3 dan berhenti sejenak dan disambung pada pukul 5 - selepas magrib.

Tapi bila mancing dikolam pemancingan waktu memang dibutuhkan tepat, yang lebih sangat dibutuhkan adalah umpan yang wangi.

Bila memasuki musim hujan, kalian bisa menambahkan Protein Powder Amino pada umpan racikan yang dibuat untuk menambah nafsu makan ikan tombro.

Kesimpulan
Memancing ikan tombro liar memang membutuhkan waktu yang teratur pada saat memakan, tapi umpan lebih dioptimalkan lagi yang wangi dan amis untuk digunakan.

Sedanhkan bila untuk kolam pemancingan, usahakan untuk mengunakan umpan dengan racikan dan menambahkan Essen atau yang lain setara dengan perangsang nafsu makan ikan tombro.

Dengan mengunakan perhitungan waktu diatas, lebih bisa disesuaikan dengan kalian yang akan pergi memancing ikan tombro, tapi harap diperhatikan umpan yang digunakan. Salam Gentak!