Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jebakan Ikan Baung Sungai Umpan Daging, Mungkin Tanpa Kalian Sadari!

Memasuki musim hujan memancing ikan baung pasti akan kesulitan, jadinya hanya mengandalkan jebakan saja yang bila memang pemasangan dan umpannya tepat sudah jelas hasilnya lumayan.

Seperti yang kita ketahui bahwa harga ikan baung termasuk lumayan mahal, perkilo ditaksir dengan Rp.65.000 - Rp.80.000 masih terhitung dengan bobot.

Banyak ulasan bahwa harga ikan baung akan kembali pada ukuran dan bobotnya, semakin besar akan lebih mahal melebihi harga pasaran contoh:

Ikan baung dengan bobot 3 kg satu ekor, akan lebih mahal dari yang berukuran dibawah 1 kg per 3 kg, simpelnya begini 5 ekor ikan baung dengan bobot 3 kg harga perkilo masih Rp.65.000 sedangkan bila 1 ekor saja dengan bobot tersebut bisa mencapai Rp.100.000.

Dengan perincian diatas, pantaslah banyak yang mencari ikan baung untuk dijual.

Tapi harga itu akan bergantung pada daerah masing-masing, bisa lebih murah atau mungkin semakin mahal.

Jadi pantaskan bila ada banyak pemancing yang selalu berusaha untuk mendapatkan ikan baung.

Tapi sayangnya musim hujan tentu sulit untuk mencari spot pemancingan ikan baung, selain hujan tiba-tiba waktu lagi asik mancing pastinya air juga banjir kan.

Tapi jangan kuatir, kalian masih bisa memasang jebakan ikan baung saja, hanya saja harus bisa naik biduk (sampan) agar bisa meletakan pada posisi yang tepat.

Selain pasang jebakan juga bisa diselingi dengan pemasangan tajur, tapi umpan yang digunakan harus hidup seperti anak ikan kecil.

Berbeda dengan jebakan, kalian bisa cukup mengunakan umpan daging secara langsung.

Hampir kebanyakan pencari ikan baung mengunakan jebakan dan pasti mengunakan umpan daging, walaupun ada yang pakai lainnya tapi tetap yang paling cepat masuk ke jebakan dengan umpan daging.

Tapi bukan sembarangan yang dipakai, karena ada umpan daging untuk ikan baung seperti:

  • Tupai / Bajing
  • Biawak
  • Kadal / Bengkarung
  • Dan daging ikan baung itu sendiri.

Untuk mengunakan umpan jebakan daging diatas, bukan begitu diambil langsung dimasukan saja tapi ada cara pemasangan yang mungkin tanpa kalian sadari.

Biar lebih jelas pemasangan dan membuat umpan daging untuk ikan baung akan dijelaskan agar bermanfaat untuk kita semua.

Daging Tupai

umpan daging tupai

Mengunakan daging tupai atau bajing untuk jebakan ikan baung sangat mudah, tinggal dicincang menjadi bagian persatu ekor dan dimasukan ke perangkap.

Mungkin kalian belum mengetahui, bila tupai lari dan tercebur ke sungai lebih cepat disambar ikan baung.

Terlebih bila sudah mati, pasti baung lebih dulu mengejar dan memakannya.

Ini juga sebabnya, sebagian pemancing yang membuat umpan kucur akan mencampurkan dengan daging tupai tapi tetap dirahasiakan agar hanya dia saja yang pakai, tapi tetap kembali pada pembuatnya juga sih namanya juga kejujuran.

Daging Biawak

umpan daging biawak

Pembuatan umpan daging biawak juga mungkin tanpa kalian pernah tau, bila ada biawak yang mati dan hanyut di sungai sudah pasti akan dimakan ikan dan termasuk baung.

Hanya saja untuk pembuatanya tidak sama seperti diatas tadi yang tinggal cincang saja, untuk biawak harus dilepaskan dulu kulitnya dan hanya mengambil daging.

Untuk ukuran pemotongan daging biawak seperkiraan saja, yang penting tidak hanyut dari dalam jebakan yang dipasang.

Juga usahakan daging biawak yang dipakai untuk ukuran kecil saja, bila sudah kebesaran pastinya sulit untuk mencarinya jadi sedapat biawak saja yang akan diambil dagingnya.

Daging Kadal

umpan daging kadal

Kalau daging kadal atau bengkarung sah tidak akan meleset untuk umpan jebakan ikan baung, karena hampir kebanyakan pembuatan kucur juga pakai ini.

Sedangkan pengunaan kadal untuk ikan baung, cukup tinggal belah 2 saja tanpa perlu dikupas kulitnya sudah tetap bisa langsung dimasukan ke perangkap.

Tapi harus diperhatikan, yang dipakai memang kadal jangan samai dengan bunglon dan dipakai juga.

Kalian juga mungkin tidak menyadari bahwa kadal termasuk umpan yang bisa digunakan langsung mancing ikan baung.

Terutama yang berukuran agak kecil, sedang pas banget dan pasti strike.

Sedangkan untuk pemasangan umpan ke jebakan ya tinggal sedapatnya dan masukan.

Daging Ikan Baung

umpan daging ikan baung

Mengunakan umpan daging ikan baung itu sendiri mungkin tanpa kalian sadari juga bila bisa untuk jebakan, silahkan perhatikan pembuatan kucur akan membuat ikan baung lebih ganas lagi memakannya.

Termasuk bila di isikan ke dalam jebakan, jelas dengan waktu cukup 1 malam saja dijamin ikan baung masuk jebakan.

Sedangkan untuk pembuatanya, jangan begitu utuh dimasukan tapi cukup dipotong dulu jadi beberapa bagian dan baru masukan ke dalam perangkat ikan baung.

Nah beberapa umpan daging yang bisa dimasukan ke dalam jebakan diatas termasuk yang paling umum digunakan, walaupun terkadang masih banyak juga yang langsung pakai daging babi tapi kurang etis untuk Agama kita.

Jadi gunakan saja umpan yang sekadarnya dan semogga bermanfaat dan salam Gentak!