Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Joran Custom, Sakti? Berikut Kelebihan dan Kekuranganya

Joran custom, biasanya banyak digunakan untuk casting berbahan fiber solid atau juga full, dengan model yang menarik pastinya ada banyak sekali yang menyukainya.

Karena banyak yang suka inilah, ada beberapa pengrajin yang membuat custom dan hampir diseluruh daerah ada pembuatnya.

membuat custom pada joran yang sering digunakan

Jadi bukan hanya menarik saja tapi juga bisa jadi sumber pendapatan tambahan.

Walaupun begitu sesekali masih banyak juga yang menanyakan akan fungsi utamanya, sehingga bila digunakan terasa biasanya saja karena berbeda dengan tujuan utamanya.

Sebut saja seperti ini, kamu membuat custom pada joran yang sering digunakan untuk tajur hampala, lalu digunakan hasilnya tidak akan ada bedanya dengan yang biasa kan!

Karena hanya sebatas nguncal lalu menunggu ujung joran mentiung saat ditarik ikan.

disinilah fungsi utamanya berbeda, tujuan pembuatan ada pada gagang yang dimana agar nyaman saat digunakan untuk casting nanti.

Termasuk bila ikan hampala yang dicasting, tapi beda perasaan bila ditajur.

Namun itu bukan hanya sebatas pengunaanya saja, ada lebih banyak lagi kelebihan dan kekuarangan pada joran custom, baik yang diketahui dan juga tidak.

Karen kan kebanyakan pesanan custom pada joran pancing hanya berdasarkan model atau hanya mengikuti teman saja, akhirnya yang di dapat hampa karena tidak serasi dengan hati saat mengunakanya, dari itu cobalah untuk diketahui secara detail pengunaanya agar tidak salah kaprah setelah dipesan.

Kelebihan

kelebihan joran custom

Untuk yang paling diutamakan adalah lebih ringan saat digunakan, terutama bila fiber solid yang dibuat menjadi custom.

Selanjutnya adalah tata an dari susunan saat dibeli, biasanya kan bawaan saja mulai dari Ring, Gagang dan Mika.

Namun bagian yang paling sering diubah adalah Gagang dan Mika, sedangkan Ring termasuk jarang.

Kelebihan pada Gagang biasanya akan bersatu dengan Reel BC, bila terlalu jauh dibutuhkan dekat dengan pegangan jadinya sangat perlu dirombak termasuk bentuk Mika.

Custom akan menentukan semua ini agar lebih enak digunakan, sedangkan Ring bila permintaan biasanya tetap akan dirubah pada bagian ujung atau keseluruhanya.

Setelah custom pasti joran akan menjadi lebih nyaman untuk dipakai.

Kekurangan

kekurangan joran custom

Bila mau dilihat dari segi kekuranganya paling utama adalah penguna joran custom, pasti lebih memahami bahwa kurang ini atau itu, sedangkan kalau untuk dicari ya tetap saja ada tapi seperlunya saja.

Untuk yang paling jelas terlihat adalah bentuknya, karena dari yang dibeli pada toko pancing terkesan banyak yang sama hanya perubahan sedikit.

Bila pengrajin joran custom seseorang yang kreatif pasti akan terus berfikir untuk menimbulkan ide, jadi bukan hanya sebatas untuk dirubah tapi mirip dengan yang sudah dicustom terlebih dahulu.

Inilah kekurangan yang paling mencolok, karena saat melihat castinger yang mengunakan joran custom baru terkesan seperti biasa.

Sedangkan yang lainnya pasti tetap ada saja saat sudah digunakan, bila berdasarkan tulisan tentu tidak akan baik karena kita sama-sama hobi mancing.

Tapi sekalian dikomentari berdasarkan ide yang memang terkesan sama pada kebanyakan joran yang sudah dicustom sebelumnya.

Sampai disini semogga bermanfaat dan salam Gentak!