Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Senar Pancing Kriting, Lengkap Dengan Mengatasinya!

Ada berbagai penyebab senar pancing menjadi mudah keriting saat digunakan, yang paling umum masalahnya adalah sudah lama dipakai lalu terasa sudah tidak nyaman lagi untuk dipakai.

Tapi tidak bisa ditentukan jika sudah lama dipakai menjadi mudah kriting, karena bila yang dipakai termasuk senar yang berkualitas pastinya tidak juga akan mudah bergelombang.

penyebab senar pancing menjadi mudah keriting

Tapi yang paling umum penyebab senar pancing kriting adalah Ring ujung jorannya, karena inilah kebanyakan pemancing menganti dengan Mamarit tanpa diganti terlalu sering bergesekan dengan senar pancing mudah kriting jelas jadi gelombang dulu.

Terutama untuk senar pancing yang lemas dan lentur, bila terus terjadi gesekan dengan Ring utama sudah pasti panas lalu tertinggal yang dingin dengan sendirinya, lalu gulung dan ulur lagi tak berselang lama kriting juga.

Bila Ring ujung joran mengunakan yang berbahan tanduk sepertinya akan bertahan lama, terutama senar yang khusus tidak akan mudah berubah kecuali yang dipakai kapasitas senar pancing biasa dan lemas.

Sekalian pengaruh Ring, memancing ikan langsung dibawah terik matahari juga bisa membuat penyebab senar pancing kriting, karena terlalu lama akan membuat senar menjadi panas secara tidak langsung akan melemas berlebihan dan waktu digulung kekuatan berubah, berulang kali seperti ini jadilah deh.

Selain yang diatas masih ada lagi penyebab senar pancing kriting, yaitu kurang maksimalnya kekuatan dari senar pancing yang sedang dipakai.

Kesalahan ini biasanya saat menarik ikan atau menyangkut dan terjadi tegang antara senar pancing, begitu kencang baik yang putus atau tidak pasti berubah kualitasnya.

Contohnya seperti ini, strike ikan babon ukuran diatas 1 kg, pas diangkat tanpa Grip kan kencang nah tanpa disadari ini penyebab senar pancing kriting yang tadinya biasa akan berubah pada berbagai bagian, secara tidak langsung akan mulai bergelombang dulu dan selanjutnya ya tetap kriting.

Atau seperti ini, saat memancing mata kail tersangkut lalu ditarik paksa pasti kencang dulu kan, ada beberapa senar pancing yang kendor dulu dan tidak bisa kembali lagi juga ada yang langsung mengelombang dulu, lama-lama ya tetap saja keriting.

Inilah penyebabnya bila mancing dikolam sering pakai sawuk atau tangguk, tujuanya bukan hanya supaya senar tidak putus tapi juga untuk menahan elastis senar pancing yang digunakan.

Untuk solusi mengatasi penyebab senar pancing kriting ini, tinggal ganti saja bagian ujung pertama menjadi bagian akhir.

Simpelnya begini, pindahkan senar ke Reel pancing yang lain dengan langsung mengikat bagian pertama untuk digulung, selanjutnya yang akhir ini sudah pasti masih keadaan baru dan kuat nah yang dipakai ini.

Atau bisa juga diperkirakan dulu, keluarlan senar yang kriting pas ketemu bagian yang masih kuat tinggal potong saja langsung.

Dan yang terakhir bisa langsung saja menganti dengan senar pancing yang baru pastinya belum kriting kan!