Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Joran Pancing Yang Paling Kuat, Harus Tau Ini!

Siapapun pemancing ikan, sangat bagus jika ingin berkreasi membuat joran pancing sendiri dengan ide yang muncul.

Bukan hanya untuk pemakaian sendiri, kalau bisa sekalian di kembangkan agar bisa menjadi tambahan untuk pemasukan cuan sampingan.

membuat joran pancing harus mengunakan yang paling kuat anti patah

Hanya saja sangat disayangkan, terkadang ada banyak yang memiliki ide namun tidak bisa berkembang karena kemampuan untuk berfikir bahan membuat joran pancing yang kuat tidak terpikirkan, jadi yang di dapat hanya itu-itu saja dan akhirnya terkesan monoton pembuatannya.

Nah untuk kalian yang berminat mencoba untuk berkreasi joran pancing, cobalah dengan mengunakan bahan rekomendasi kami, dijamin kuat dan tidak mudah patah. Tapi sebentar, jangan lupa untuk mengetahui semuanya tentang pembuatan joran pancing seperti:

  • Bahan Joran Fiber
    1. Stick bahan utama
    2. Ring
    3. Besi sambungan
    4. Gagang joran
    5. Lem Fiber khusus
    6. Dan gabus mika.
    Pembuatan dan pemilihannya nanti mengikuti saja.
  • Bahan Joran Susun
    1. Ring kolongan utama
    2. Marmarit, sunggut tanduk (boleh tidak ada)
    3. Carbon susunan joran
    4. Lem permanent
    5. Gagang joran
    6. Dan gabus mika.
    Untuk pemilihan dan pembuatannya juga mengikuti.

Semua bahan diatas bisa dengan mudah kalian dapatkan dengan cara dibeli langsung, jika di daerah domisili toko pancing tidak ada yang njual, order via Marketplace.

Selanjutnya tinggal yang akan dibuat joran model apa? Fiber atau susunan termasuk tegek. Tinggal disesuaikan saja.

Bahan Joran Pancing Fiber

Untuk membuat joran berbahan fiber, setidaknya yang dibutuhkan ada 3 jenis seperti Full Fiber, Solid (sutet) dan Carbon. Hanya saja semua bahan utama ini kosongan dan jika akan di rangkit semuanya dibeli terpisah.

Untuk rekomendasi adalah Joran Fiber Solid, bahan ini ringan saat digunakan untuk casting.

Harap diperhatikan saat pembeliannya, jangan memilih yang yang berbahan fiber plastik karena awalnya tak lebih dari joran plastik lalu di kikis dengan benda tajam dan amplas agar halus lalu di pasarkan. Untuk yang dibutuhkan bahan kuat adalah asli Fiber Solid (suntet), termasuk Carbon.

Namun sesuaikan untuk pengunaanya, jika joran pancing arus deras tetap mengutamakan joran Full Fiber, karena kekuatannya sangat bisa di andalkan tapi agak berat kalau untuk castng. Tinggal penyesuaian dalam pembuatannya.

Bahan Joran Pancing Susun (Antena)

Untuk membuat joran pancing yang seperti ini, kalian membutuhkan setiap susunan kolongan per ruas. Bisa membelinya dengan komplit persusun langsung pasang atau disesuaikan secara pemasangannya nanti.

Beberapa bahan untuk joran ini, tidak ada yang mengandalkan Fiber utama kecuali bagian ujung utama. Kebanyakan yang dipakai adalah Fiber Solid atau bahan dasar plastik yang di kikis.

Untuk maksimalkan kekuatan joran susun ada pada bantuan ring di setiap ruas kolongan, setidaknya juga bagian ujung gunakan full fiber karena tinggal masukan saja untuk menyusunnya nanti. Keunggulan mengunakan Fiber Full pada ujung joran susun adalah pertahan dengan ring yang nantinya dipasang, jika tidak kuat akan mudah patah atau terlepas, selain itu kebanyakan pemancing mengunakan Marmarit (sungut tanduk) untuk anti kriting pada senar pancing.

Bahan Joran Pancing Tegek

Sedangkan untuk bahan pembuatan joran tegek, sama halnya dengan joran susunan pakai persis. Cukup beli semua susunan dan tinggal masukan per susun untuk menyesukaikan ukuran panjang yang dibutuhkan.

Untuk yang paling diutamakan tetap sama dengan joran antena pada umumnya, bagian ujung dan ring kolongan setiap ruas.

Tanpa dipasangkan dengan ring, jarang tegek memiliki kekuatan maksimal, terutama untuk para pemancing yang kurang memahami dan mengandalkan senar pancing yang kuat, karena bisa jadi langsung patah di bagian tertentunya.

Kesimpulan
Bahan pembuatan joran pancing tinggal mengikuti untuk apa yang akan dibuat, jika casting ya bahan utamanya hanya fiber untuk mencari yang kekuatan penuh tentu pilihannya ada pada Full Fiber, bukan solid dan carbon tidak kuat tapi sesuaikan dengan fungsinya. Jika untuk arus deras ya mentiung terus kan bahan selain fiber asli, jadi penyesuaikan sangatlah dibutuhkan.

Termasuk untuk joran susunan juga tegek, tinggal padukan dengan keutamaan pengunaanya, karena hanya mengandalkan ring.

Sedangkan untuk bahan pelengkap seperti Gagang, Mika dan susunan ring tinggal mengikuti saja mulai dari yang murah hingga harga mahal seperti Ring Fuji. Sampai disini silahkan dioptimalkan dalam pembuatannya, salam Gentak!