Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mancing Ikan Lele Di Siang Hari Paling Mudah dan Cepat

Mancing ikan lele jika dipraktekan siang hari terasa memang susah banget untuk liaran, berbeda jika dikolam pemancingan, hasilnya akan tetap biasa saja.

mencari cara mancing ikan lele disiang hari agar dapat banyak

Seperti biasanya, ikan lele aktif pada malam hari dengan begitu jika ingin memancing sudah jelas tau waktunya yang tepat. Eits jangan salah, kalau kita mengetahui pola dan karakter lele sudah jelas tetap bisa dipancing mengunakan teknik khusus yang sudah kita ketahui.

Cara mancing ikan lele di siang hari, cukup di ketahui dulu tempat yang akan kita pancing, mau kolam atau liaran.

Simpelnya begini, kalau kolam pemancingan ikan lele sepertinya kalian tidak membutuhkan tekhnik apapun, cukup gunakan umpan yang jitu seperti racikan pelet 313 dan tambahan lainnya sudah bisa strike. Karena nuansa ikan lele kolam tentu sudah berubah berdasarkan pola kehidupan pada air tempatnya tersebut.

Beda untuk ikan lele liar, jika memasuki waktu malam baru terlihat aktif. Memasuki siang jangan pernah bisa seperti biasanya kita pancing, tidak akan mendapatkannya sama sekali, jangankan mau strike ikan lele di siang hari melihat gerakannya pun tidak.

Maka dari itu, kalian yang ingin mancing ikan lele di siang hari harus mengetahui caranya, karena setidaknya ada 2 trik yang bisa kalian terapkan dan yang terakhirnya barulah umpan.

Untuk tekhnik cara mancing ikan lele siang hari yang pertama, kalian bisa mencoba dengan mencari lubangnya (ngerong). Cara ini paling efektif diterapkan untuk memancingnya siang hari, hanya saja kebanyakan pemancing tidak mau mengunakan trik ini karena harus ngerogo setiap terlihat selokan yang bisa di sisipkan umpan ikan lele ke dalamnya.

Hanya yang sudah terbiasa saja mau mengunakan cara ini, akan tetapi jangan kuatir masih ada tekhnik jitu mancing ikan lele disiang hari.

Untuk cara kedua ini, kalian harus bisa mengetahui lokasi yang biasanya ada ikan lelenya, setidaknya pernah di pancing malam dan mendapatkannya.

Jika sudah mengetahui tempat tersebut, memang saat dipancing siang hari tidak bisa dikhususkan harus mendapatkan lele. Tetapi yang lainnya justru makan seperti wader, bujuk dan keting sesekali juga ada betok.

Kalau mancing tanpa target disiang hari, memang kadang bonus strike ikan lele karena tanpa di sengaja, itu pun hanya 1 atau 2 ekor saja dan yang lainnya ikan umum saja.

Bila kalian sudah mengetahui area yang biasanya mendapatkan ikan lele, nah persiapan awal yang bisa digunakan adalah umpan dengan aroma yang kuat terlebih dulu. Bisa mengunakan cacing kalung yang direndam dengan kuning telur bebek atau sekalian dengan darah marus sapi atau ayam.

Jika umpan tersebut sudah disiapkan, barulah menentukan titik untuk meletakannya.

Cara mendapatkannya, kalian harus bisa mengetahui:

  • Bagian air yang terdapat kayu bungkahan di dalamnya, jika dipancing langsung pasti tersangkut. Pada titik ini kalian bisa memancing dengan umpan tadi dari atasnya, dengan begitu aroma akan membuat ikan lele kelur dari persembunyian tersebut untuk memakannya.
  • Selanjutnya pinggiran air yang terlihat seperti bolongan, bisa di bawah rimbunan rumput. Biasanya sering ada bagian diatasnya rerumputan, tapi bawahnya lubang nah disini biasanya sarang ikan lele di waktu siang dan akan berpindah lagi dimalam harinya.
  • Dan terakhir dibawah rimbunan pohon, terutama tepat dipinggiran air yang biasanya ada ikan lele, disini kebanyakan sarang utamanya disiang hari, selain redup, rimbun dan juga sering ada bolongan dibagian bawah atau selipan akarnya.

Nah beberapa kondisi diatas, bisa kalian coba untuk memancing ikan lele di siang hari, akan tetapi umpan yang dipakai harus dengan aroma kuat seperti yang diulaskan sebelumnya tadi.

Jadi inilah sebabnya, jika kalian memancing dengan umpan biasa saja pada siang hari sering kali di abaikan, karena aroma tidak menyebar sampai pada sarangnya. Intinya ya memang ikan lele tidak tau ada umpan, sekalipun kalian gunakan umpan dengan aroma kuat kalau tidak dari bagian atas meletakan umpan ya tetap sama saja, kecuali di air yang mengalir.

Poin pengunaan cara mancing ikan lele disiang hari tadi kurang lebih seperti ini, Dengan kalian memancing mengunakan umpan aroma kuat seperti marus darah atau cacing direndam kuning telur bebek, akan membuat ikan lele mencari sumber aroma tersebut. Sampai disini semogga bermanfaat dan salam Gentak!