Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Umpan Ikan Betok Dari Mie Instan

Memancing ikan pakai umpan bahan mie instan, sebenarnya hampir bisa digunakan untuk jenis apa saja, namun dibutuhkan racikan untuk mencampurkan dengan beberapa bahan tambahan untuk berbagai jenisnya.

racikan mie instan untuk umpan mancing ikan betok yang ganas

Seperti biasanya, setiap racikan umpan pakai mie instan pasti tetap kembali kepada ikan yang akan kita pancing, karena tidak semua ikan sama dengan apa yang di buat.

Misalnya membuat racikan umpan mie instan untuk ikan:

  • Betok
  • Wader
  • Nila
  • Tawes
  • Melem
  • Dan sebagainya pasti berbeda.

Karena perbedaan itulah untuk kita meracik umpan yang khusus pada jenis ikannya.

Walupun begitu, tetap saja nantinya bila digunakan juga akan disambar dengan yang lain, jika aroma yang digunakan mendekati dengan kesukaan ikan lainnya.

Untuk yang paling umum mendekati aroma yang disukai berbagai jenis ikan adalah racikan mie instan untuk umpan ikan betok, bila nanti sudah jadi dan kalian pakai bisa saja yang lainnya ikut nyambar terutama wader dan sepat.

Hanya saja dalam pembuatannya tidaklah sama dengan yang biasa, hanya mengandalkan kunyit dan bawang putih saja, memang dibutuhkan tapi tetap harus ada campuran dengan yang lainnya juga.

Untuk kalian yang ingin mencoba khusus umpan ikan betok pakai mie instan silahkan siapkan dulu beberapa bahan campurannya dibawah ini:

  • 1 bungkus mie instan kari ayam tanpa bumbu dan minyak
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok makan bubuk kunyit
  • 4 lembar roti chrispy atau 2 lembar roti klik
  • 2 lembar daun pandan atau ganti dengan 1 sendok makan pasta
  • Dan setengah bungkus royco ayam.

Ingat harap perhatikan takaran pembuatannya sama dengan diatas, untuk cara meraciknya.

Pertama giling dulu bawang putih, royco dan daun pandan sampai halus, kemudian ambil gelas untuk memasukan yang sudah dihaluskan dan berikan air 5 sendok makan pada bekas gilingan tadi masukan juga ke gelas sambil di kocok agar semuanya larut.

Lanjutkan dengan mengiling sampai halus mie instan dan roti secara bersamaan, bisa pakai gilingan atau blender yang penting halus.

Setelah diperkiraan bahan utama tadi halus, letakan diwadah dan campurkan dengan air dalam gelas tadi secara bertahap sambil di aduk, pakai 2 sendok makan pertama lalu mulai mengaduk.

Bila terasa belum pulen atau agak keras, baru tambahkan lagi air dengan 1 sendok makan, tambah jika diperlukan sampai habis.

Jangan dipaksakan untuk menambahkan semua air dalam gelas, karena bisa jadi nantinya adonan yang kalian buat jadi benyek, usahakan secara bertahap saja yang penting pulen bisa dibuat bulat-bulat saat akan diletakan ke kail pancing nantinya.

Jika terlihat sudah pulen, pindahkan dari wadah ke plastik kiloan yang tidak mudah sobek, tujuannya agar dibawa nanti lebih mudah.

Sebagai Saran
Usahakan untuk membuat 2 racikan umpan, yang pertama tadi dan mengunakan pelet jitu ditambahkan Kinoy perangsang nafsu makan ikan atau Protein Powder Amino, tujuannya saat dibawa mancing nanti terkesan ikan betok yang sedang susah dipancing, kalian bisa menaburkan racikan ini agar lebih ganas untuk menyambar umpan yang dipakai.

Tapi harap diketahui, jangan mencampurkan Kinoy perangsang ikan ke racikan mie instan termasuk protein powder amino. Karena ikan betok dan berbagainya yang ada di air tersebut memang terangsang untuk makan tapi bukan umpan, karena aroma racikan sudah berubah dan bukan makanan untuk ikan betok lagi.

Jadi usahakan pengunaanya antara ke duanya berbeda, dimana racikan mie instan untuk target umpan yang dipakai, sedangkan pelet campuran tadi hanya untuk menambah nafsu makan ikan dan berkumpul tepat pada lokasi yang kalian letakan umpan untuk dipancing.

Jadi pada dasarnya mengunakan racikan diawal tadi hampir sama saja seperti kebanyakan untuk umpan, kalian tetap bisa meracik yang biasanya untuk jenis ikan tertentu, lalu membuat racikan tambahan pelet jitu dan perangsang makan ikan.

Dengan begitu pasti kalian mengetahui tujuan pembuatan racikan tambahan ini, untuk menambah supaya ikan yang ditarget jadi ganas menyambar umpan yang dipakai, sampai disini silahkan dicoba dan salam Gentak!