Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Ikan Gabus Tanpa Umpan, Tekhnik Casting

Tekhnik mancing ikan gabus tanpa umpan, biasanya digunakan oleh para castinger, dimana yang dipakai adalah Soft Frog atau Geol, sebelum dijadikan target tentu harus diketahui dulu gelagat adanya ikan gabus.

cara memilih lokasi untuk mencari ikan gabus

Tanpa bisa dicermati setidaknya ada 2 kemunginan, dimana 1 capek dan ke 2 strike walaupun kocolan yang penting nguncal.

Seperti yang kita ketahui habitat ikan gabus, memang berada pada bagian air yang tenang seperti rawa atau sesekali juga bisa ditemukan pada air mengalir.

Namun khususnya untuk mancing gabus, sangat mengutamakan pada peraian tenang saja seperti rawa, karena pada lokasi seperti ini ikan gabus lebih ganas menyambar umpan. Karena gerakan alami dari Soft Frog atau Geol yang digunakan terkesan natural sehingga jika melewati dan terlihat gabus langsung Njur.

Nah pertanyaan hanya ada pada mencari tau ada ikan gabus atau tidak ditempat yang akan kita pancing, untuk simpel dan mudah terkaannya cukup seperti ini saja: Kalau ada ikan gabus ya strike, jika tidak zonk.

Namun jika ingin diperhatikan sekalupun tidak makan umpan casting bisa jadi tetap ada ikannya, contoh lokasi yang sering di casting. Karena sudah membuat ikan gabus sensitif karena mocel atau memang sudah tidak tertarik umpan, jadinya tetap tidak akan kena bila di casting.

Berbeda halnya jika di survei pada lokasi yang baru akan di casting, saat dilihat nyaris tanpa ikan gabus, dimana jika lokasi ada ikan gabus cukup dengan perhatikan beberapa titik redup dan teduh sesekali ikan gabus akan keluar untuk mengambil oksigen Clup, Burrr. Jika sudah terlihat seperti ini, langsung semanggat untuk ngesting.

Berbeda lagi jika suasana yang dilihat tenang, sunyi seperti tanpa ikan sama sekali. Biasanya castinger akan langsung testing dibeberapa titik, semakin cepat nyambar ditlateni, jika tanpa sambaran ya cari titik lainnya lagi.

Jadi kunci untuk mengetahui keberadaan ikan gabus pada lokasi baru, tinggal sesuaikan seperti diatas tadi saja terlebih dahulu untuk memperhatikan beberapa titik. Walaupun tanpa terlihat gelembungan saat ikan gabus ngambil oksigen, tapi tetap bisa memperhatikan gelagat dasar airnya yang sesekali melintas gembungan dan yang lebih tepat sasaran adalah terlihat anak ikan gabus yang masih rombongan.

Selain dari trik memperhatikan keadaan lokasi tempat yang akan dipancing, ya tinggal 1 saja lagi cukup dengan langsung casting di beberapa tempat mengunakan Soft Frog atau Geol.

Cukup 1 kali lempar ke titik pertama, pindah tepian, geser lagi sedikit dan jika sudah diperkirakan tanpa ada ikan barulah berpindah ke lokasi selanjutnya.

Kembali Di Ingatkan
Yang pertama kalian jajal casting untuk mengetahui ada atau tidaknya ikan gabus, walaupun tidak nyambar belum tentu memang sudah tidak ada lagi ikan gabusnya, maka dari itu tetap harus ditajur juga mengunakan umpan seadaanya dan cepat ditemukan seperti cacing. Cukup pasang untuk sebatas tajur saja, dengan begitu bisa diketahui dengan jelas ada atau tidak ikan gabusnya pada lokasi tersebut.

Selain dari beberapa tekhnik casting diatas, sepertinya tidak ada cara lain untuk mengetahui 1 titik yang belum diketahui ada atau tidaknya ikan gabus pada lokasi tersebut. Harus diakuratkan dengan casting atau tajur, sampai disini salam Gentak!