Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Bubu Naga, Lengkap Titik dan Umpan

Memasang perangkap ikan mengunakan bubu naga pastinya lebih asik lagi untuk dicoba dan gunakan, sekali pasang isi ikan ada banyak banget jadi riangkan.

Terlebih jika pemasangan tepat pada titik ikan yang sering main, maka tidak membutuhkan waktu yang lama sudah pasti ada isi ikan.

cara supaya ikan banyak masuk ke dalam bubu naga yang dipasang

Uniknya pemasangan bubu naga bisa dipakai tanpa umpan sekalipun, ikan masuk. Apa lagi jika di isi dengan umpan pada setiap bagiannya justru lebih optimal lagi pengunanya.

Hanya saja, terkadang ada pemancing yang berniat untuk memasang bubu naga tapi belum begitu paham mulai dari pemasangan dan peletakan umpan yang di gunakan, sehingga terasa mendapatkan ikan hanya sebatas itu saja.

Berbeda dengan orang yang pakai bubu naga mengetahui cara pemasangannya termasuk meletakan umpannya, sekali angkat (bangkit) terlihat banyak ikan yang sudah masuk, tak jarang juga berisi belut atau gabus bahkan biawak juga ikut masuk memang jarang tapi tetap ada yang pernah terjadi.

Nah untuk kalian yang berencana memasang bubu naga tapi belum memahami, setidaknya ketahui beberapa ini dulu:

  • Cara meletakan posisi bubu naga
  • Mencari tempat yang di sukai ikan
  • Umpan sekaligus cara memasangnya di dalam bubu naga.

Barulah pasang, jadi bila sudah ada dirumah bubu naga yang akan dipakai, lanjutkan untuk survei dulu titik lokasi pemasangnya.

Agar kalian tidak bingung lagi dengan membaca artikel ini, berikut dijelaskan tahap awal hingga akhir pemasangan atau mencari juga membuat umpannya.

Cara Pasang Bubu Naga Yang Benar

Hal pertama yang harus diketahui adalah tempat kalian pasang mau dimana? Sungai, rawa, waduk atau danau! Pemasangannya itu beda-beda, karena harus di tentukan dulu sebelum dipasang, untuk lebih jelasnya:

Sungai: Cari titik yang air nya tidak deras tapi dalam, jangan juga titik posisi yang mendapati air berputar atau lubuk.

Karena ukuran bubu naga panjang, sering kali semua bagian sudah dikasih penahan tapi tetap tidak mau tenang, dengan begini akan membuat ikan takut mendekati dan masuk ke lubang bubu karena gerakan tadi.

Ibaratkan senar pancing saja, begitu digulung kebanyakan ikan menghindari, apa lagi bubu naga. Jadi dibutuhkan tenang pada bagiannya.

Untuk simpelnya jangan pilih bagian tengah sungai cukup pinggirnya saja dan mantap tidak bergerak.

Rawa dan Danau: Pemasangan mengikuti karena airnya tenang, tapi usahakan bagian pinggir tapi dalam. Lebih rekomendasi dibagian bawah tumbuhan seperti kangkung, eceng gondok atau bunga teratai.

Mencari Tempat Ikan Yang Banyak Di Pasang Bubu Naga

Untuk mencari bagian titik ikan yang sering banyak dan main, kalian cukup gunakan alat pancing sambil meprediksikan bagian yang dalam.

Pada umumnya ikan akan menyukai air yang dalam juga redup pada siang hari, jadi pemasangan usahakan pada bagian seperti ini.

Jika pada air tenang cukup meletakan di tengah bagiannya secara memanjang, jangan pernah melintang karena ikan tidak akan mudah masuk walaupun bisa tapi selalu kesulitan.

Sedangkan jika memanjang, ada dari sisi atas langsung masuk dan pada bawa akan naik lalu masuk juga.

Jadi usahakan lubang untuk masuk ikan berada pada bagian awalnya, contoh di sungai usahakan mengarah ke atas, jika air tenang seperti rawa atau danau arahkan mencorong ke atas agar bisa turun masuknya.

Setelah paham dengan beberapa tekhnik diatas, selanjutnya kalian tinggal menyiapkan umpannya dulu sebelum berangkat untuk memasang bubu naga.

Umpan Untuk Bubu Naga Yang Paling Jitu

Pada umumnya umpan yang dipakai ke bubu naga tetap sama saja seperti yang lainnya, akan tetapi hanya berbeda saat mengisi dan meletakan umpannya didalam.

Sedangkan untuk peraciknya, tinggal sesuaikan dulu target ikan mau apa saja, bisa dijadikan satu sekali masuk.

Tapi sebaiknya dikhususkan saja, jangan untuk udang lalu di campurkan ke ikan, begitu juga sebaliknya, karena jika sudah berisi ikan maka udang jarang yang masuk begitu juga sebaliknya. Parahnya jika ada predator di dalam bubu naga sudah jelas udang atau ikan lainnya tidak mau masuk.

Untuk umpan alami, kalian bisa mengisikan dengan beberapa umpan seperti:

  • Cacing
    Masukan dulu ke plastik yang tidak mudah sobek lalu campurkan dengan kuning telur lalu kocok, tunggu sampai mati baru di bolong-bolong halus dan pasang.
  • Terasi dan Pelet
    Pelet bisa kalian pakai yang biasa saja seperti pakan ikan, untuk membuatnya tinggal lumat dulu dengan air secukupnya lalu campurkan dengan terasi, kemudian masukan ke plastik dan buat bolongan juga.
  • Bekicot
    Perlu dihancurkan dulu sebelum dimasukan ke bubu naga.
  • Kelapa Sawit
    Dibutuhkan untuk pisahkan dulu antara biji dan kulitnya, lalu pakai bagian serabutnya saja dan usahakan sudah tua juga berminyak.
  • Nasi dan Terasi
    Pembuatannya hampir sama seperti pelet, cukup mencampurkan dan buat bolongan diplastik.

Semua umpan diatas paling umum digunakan pada bubu apa saja termasuk wuwu dan perangkap paralon.

Cara Pasang (meletakan) Umpan Di Bubu Naga

Untuk pemasangannya tidaklah rumit, yang penting kalian mengetahui caranya. Dimana saat meletakan, diharuskan pada bagian tertentu dan tidak dibagian lubang masuknya.

Jadi sebelum berangkat dari rumah untuk dipasang, tata dulu umpan yang akan dipakai usahakan 3 - 4 bungkus dan ikat pakai tali atau apa saja yang penting peletakannya mantap tidak bergeser.

Hindari meletakannya dengan cukup dimasukan saja, karena nantinya umpan akan berkumpul jadi 1 pada bagian tertentu saja.

Usahakan meletakannya pada bagian 1 ikat, tengah, belakang dan sekitarnya lalu diikat lagi yang kencang.

Sesudah siap semuanya, tinggal berangkat dan pasangkan bubu naga, juga usahakan pada waktu menjelang malam saja sekitar sebelum magrib hingga jam 10 - 11 dicek, atau pas setelah subuh hari.

Harga Bubu Naga Yang Panjang dan Pendek

Jika kalian ingin membeli bubu naga, karena masih terbilang belum merata di toko pancing, maka order mesti lewat Marketplace bisa Fb, Shopee, Tokped dan Bukalapak.

Untuk harganya ada pada kisaran Rp25.000 - Rp.95.000 tergantung panjangnya, selain itu juga kembali pada penjual bubu naganya karena perselisihan harga sering dibuat-buat, jadi disini mahal nantinya di sebelah murah.

Untuk lebih jelasnya, akan lebih baik jika kalian ingin membeli bubu naga lewat rekomendasi teman terlebih dahulu pakai supaya tidak terjadi kesalahan saat membelinya.

Jika kalian baru pertama kali ingin mengunakan bubu naga, sebaiknya jangan lupa untuk mengetahui kelebihan dan kekuarangannya, karena bisa terdapat pada yang panjang juga pendek.

Kelebihan Bubu Naga

Jika dilihat dari pemasangannya tidak terlalu sulit, cukup diletakan pada titik tertentu saja secara memanjang seperti ulasan diatas sebelumnya tadi.

Selain itu terkesan simpel dan mudah untuk digunakan, saat akan memasang cukup dengan melipat dan berangkat, tidak juga membutuhkan tempat yang repot cukup plastik kresek sudah bisa untuk membawanya.

Juga dari segi harga masih terjangkau dan tidak terlalu mahal intinya cukuplah untuk kapasitas pemakaiannya.

Jadi kelebihannya bubu naga ada pada simpel dan mudah untuk digunakan, juga susunan termasuk kuat dan memadai.

Kekurangan Bubu Naga

Karena pembuatan bubu naga hanya mengunakan benang terjalin, jadi menguatirkan jika akan di gunakan untuk ikan jenis babon seperti Gabus, Toman dan Belut.

Terutama untuk ikan belut, bila lolos bagian ekor sudah pasti robek dan keluar.

Selain itu, bila susunan terdapat kerusakan terlalu rumit untuk memperbaikannya. Juga bila dipasangkan pada lokasi yang terdapat sangkutan tidak akan bisa langsung dipaksakan untuk ditarik, tapi membutuhkan kesabaran yang extra.

Walaupun terdapat beberapa kekurangan diatas, tetap sesuai dengan harga saat kita membelinya, jadi tidak terlalu berfikiran untuk kekurangannya tapi sesuaikan dengan pemasangan dan lebih bisa di optimalkan.

Kesimpulan
Untuk pemasangan umpan yang jika kalian terasa ribet atau ikan tidak optimal untuk masuk ke bubu naga, maka kalian bisa mengunakan campuran ke racikan umpan pelet mengunakan Protein Powder Animo perangsang nafsu makan ikan atau Kinoy dan Hipro 5.

Semua pemasangan diatas sesuai dengan yang pernah kami cobakan, jadi hanya berdasarkan pengamalan pribadi saja.

Tidak menutup kekurangan juga kelebihan, uraian memang apa adanya.

Tapi boleh dicoba, karena memang cukup disukai untuk dipakai karena simpel dan tidak aneh-aneh untuk mengunakan bubu naga. Sampai disini semogga bermanfaat dan salam Gentak!