Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Ikan Nila Tidak Mau Makan Umpan, Ini Masalahnya!

Memancing ikan nila yang sudah tidak mau makan umpan, terkadang memang buat pusing kepala, dimana terlihat wara-wiri tapi sama sekali tidak mau nyambar umpan yang kita pakai.

mencari tau penyebab mancing ikan nila tidak mau makan umpan

Sebenarnya sering terjadi dimana umpan seakan-akan tidak menarik perhatian ikan nila lagi, juga sepertinya tetap ada penyebabnya kan.

Seperti biasanya, ikan nila pada suatu lokasi yang sering dipancing, jika awalnya kita dapat lalu berjalannya waktu tidak kena lagi, bisa di hitung dengan hari perubahannya. Kalau masih beberapa hari saja tidak makan umpan pancingan kita, bisa jadi itu karena faktor air dan berkurangnya nafsu makan ikan nila dilokasi tersebut.

Namun biasanya beberapa hari sudah normal lagi dan biasa saja, karena memang ikan nila memakan makanan atau umpan itu ada waktu yang tepat juga nafsu sebagai hasratnya memakan.

Sekarang coba bayangkan, mungkin kalian pernah mancing ikan nila pada hari yang tidak biasanya, memakan umpan lebih ganas dan cepat, sampai capek dibuatnya.

Kutipan diatas hanya sebagai gambaran untuk kalian yang pernah mengalaminya.

Dan kala dipancing, dapatnya bisa dikatakan susah atau tidak sebanding dengan harapan kita memancing.

Maka dari itu, untuk mengetahui penyebab ikan nila tidak mau makan umpan harus jelas, jangan hanya di duga-duga saja.

Untuk mengetahui penyebabnya, kurang lebih pertamanya seperti ini: Ikan nila yang sedang kalian pancing, memang terdapat pengaruh melalui kadar air, bisa karena habis hujan atau mendung. Dengan suhu air yang dingin hampir rata-rata ikan itu memang kurang nafsu makan, bukan berarti puasa tapi memang yang makannya berdasarkan naluri saja seperti yang sudah tersedia di sekitarnya.

Jika permasalahannya pengaruh air, sudah pasti beberapa hari akan normal kembali seperti biasanya.

Ada lagi yang umumnya sering terjadi, yaitu ikan nila yang biasanya dipancing itu memang sudah berkurang karena terlalu sering strike dan tidak di sisa kan lagi, jadinya memang jumlah dalam air itu sedikit.

Yang tertinggal biasanya sudah memiliki sensitif yang tinggi dan kuat, sehingga saat akan memakan umpan yang kalian pakai tidak mudah untuk di dapat. Selain itu ketahui juga bulannya, jika mendekati bulan 9, 10 hingga januari wajar kurang makan karena saatnya ikan nila bertelur.

Jika telur sedang ada diperut, kemungkinan tetap saja makan atau lebih ganas. Akan tetapi jika pas mendekati saat penyebaran telur jangan pernah berfikir bahwa babon ikan nila tadi makan, karena proses pemulihan dan menjaga disekitaran telur yang sudah di sebar.

Selain penyebab umum yang sering terjadi ikan nila tidak mau makan diatas, lainnya pasti kita sendiri yang menyebabkan.

Maksudnya seperti ini, karena kalian ingin mendapatkan ikan yang besar dan cepat, akhirnya mengunakan racikan dengan bahan yang berbeda. Awalnya memang ikan nila memakan umpan dengan ganas dan gacor, berselang beberapa minggu setelah di gunakan boncos akan melanda.

Jika dikembalikan untuk mengunakan umpan alami seperti biasa justru butuh waktu yang lama lagi, karena pola pikiran ikan nila untuk makan itu secara tidak langsung berubah. Coba andaikan kita saja, bila senangnya makan nasi dan lauk biasa lalu dikasih yang lebih enak jadi paling kita sukai, saat tidak ada lagi kemudian kembali seperti biasa perasaan kita gimana? Ini hanya seandainya saja!

Karena kita manusia yang penting wareg wis, tapi berbeda dengan ikan nila yang secara berfikir tidak ada sama sekali mengutamakan yang disukai saja. Jadi ini sebagai pengingat untuk kita yang terbiasa memancing ikan nila pada daerah sendiri, salurkanlah hobi mancing dengan sewajarnya yang penting bisa kapan saja di manfaatkan.

Untuk penyabab yang terakhir, ikan nila yang biasanya kalian pancing memang sudah habis. Bisa karena di potasium orang untuk mendapatkan yang banyak, atau mengunakan setruman ikan hingga jadi stress bahkan ada yang mati tanpa di manfaatkan sama sekali.

Intinya Ikan Nila Tidak Mau Makan
Ketahui lah dasarnya dulu, jika memang pengaruh alam ya kita tinggal nerima, jika pengaruhnya dari kita sendiri ya sadari bahwa itu memang kesalahan kita yang buat sehingga efeknya untuk semua pemancing yang ingin mendapatkan ikan nila.

Memang kita bisa tertawa, senang dan bangga membuat teman lainnya susah mendapatkan ikan, tapi jangan lupa setiap saat akibat tetap bisa kembali pada diri kita sendiri. Sampai disini semogga bermanfaat, salam Gentak!