Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Jenis dan Perbedaan Ikan Patin Sungai dan Tambak

Ikan patin, untuk para pemancing pastinya sudah tidak asing lagi, sering dijadikan target untuk mendapatkan yang besar saat memancing.

Kalian juga pasti tau kan, kalau habitat asli ikan patin ada pada air tawar khususnya alam liar seperti sungai, walaupun terkadang sering juga ditemukan pada waduk atau danau, biasanya melalui pengembangan tambak terlebih dahulu baru menyebar.

Maka dari itulah, untuk para pemancing ikan patin yang belum jelas mengetahuinya masih jadi tanda tanya: Apa sih perbedaan ikan patin sungai dan tambak?

Padahal keluarganya tetaplah sama, hanya saja terdapat 3 perbedaan ikan patin yang jelas terlihat walaupun sudah berada di tambak.

Dikutip dari Wikipedia
Ikan Patin adalah sekelompok ikan berkumis ordo (Siluriformes) yang termasuk dalam keluarga Pangasiidae. Nama "patin" juga disematkan pada salah satu anggotanya, P. nasutus. Kelompok hewan ini banyak yang bernilai ekonomi, seperti patin siam (P. hypophthalmus syn. P. sutchi, atau beberapa pustaka menyebutnya jambal siam).

Namun untuk penyebutan daerah kita tentu terdapat perbedaannya termasuk untuk ciri-cirinya, dimana terbagi menjadi 3 yang paling banyak diketahui jenis ikan patin:

  1. Patin tengkuyung
  2. Patin kerambah
  3. Patin Juaro.

3 jenis ikan patin diatas paling sering di dapat saat memancingnya di sungai, yang paling ganas memakan umpan adalah Juaro yang paling diketahui dengan ikan bengak.

Untuk yang jenis Juaro, kemungkinan sudah sangat banyak diketahui termasuk yang lainnya.

Walaupun begitu, ciri-ciri pasti terkadang masih banyak yang belum mengetahuinya, sehingga sering terjadi salah penyebutan ikan patin saat melalui obrolan. Padahal justru cirinya sangat mudah sekali diketahui juga langsung terlihat bila kita dapatkan.

Untuk lebih jelasnya, yuk coba kita ulas satu persatunya.

Ciri-Ciri Ikan Patin Tambak

ciri ciri ikan patin tambak

Untuk jenis ikan patin yang pertama ini, biasa terlihat ada warna merah pada bagian sirip bawahnya. Di lokasi kami penyebutannya adalah Patin kerambah dan banyak di sungai.

Untuk memancingnya, mengutamakan umpan dengan aroma buah seperti:

  • Nangka
  • Cempedak
  • Loa
  • Salak
  • Mengkudu
  • Kelapa Sawit
  • Dan Jambu Biji warna merah.

Selain dipancing, menemukan ikan patin kerambah termasuk mudah karena dipasar biasanya ada banyak sekali penjualnya.

Selain di sungai, beberapa pemancing juga sering mendapatkan ikan ini saat memancing di danau atau waduk, termasuk juga ukurannya mampu melebihi 10 KG an.

Jadi bila saat kalian memancing ikan dan mendapatkan patin dengan sirip bawahnya warna merah yang rata, kemungkinan itu yang kami sebutkan dengan Kerambah.

Ciri-Ciri Ikan Patin Juaro

ciri ciri ikan patin juaro

Sedangkan untuk yang jenis ini, terbilang paling mudah untuk dipancing, saking rakusnya sampah yang melintas sekalipun pernah terlihat di sambar.

Apa lagi jika mengunakan umpan, sah tidak perlu waktu yang lama bila lokasi pemancingan kita tepat pada habitatnya. Kecuali untuk yang sudah berukuran besar, tetap memilih umpan yang dipakai, beberapa umpan yang sering digunakan pemancing untuk memancing ikan patin juaro adalah:

  • Bakwan gorengan
  • Tahu susur (bunting)
  • Roti tawar
  • Dan jangkrik.

Memancing jenis ikan patin juaro ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama, begitu lewat pasti langsung disambar.

Untuk ciri-cirinya, tubuh ikan ini mirip patin pada umumnya, hanya saja terdapat perbedaan yang mencolok pada matanya yang besar mengarah berbeda pada umumnya ikan patin.

Selain itu, bila dipegang terdapat lendir yang sangat banyak juga lengket bila dipegang dan hampir seluruh tubuhnya berwarna perak dan kehijauan pada bagian pungungnya.

Tapi sayangnya, sangat jarang penjual jenis ikan patin juaro terutama yang masih ukuran dibawah 1 kg, kecuali besar tetap ada saja yang membelinya jika dijual.

Ciri-Ciri Ikan Patin Tengkuyung

ciri ciri ikan patin tekuyung

Untuk ciri-ciri secara langsung ikan patin yang ini, terlihat ada sungut atau kumis pendek pada sisi kiri dan kanan mulutnya.

Selain itu aktif dimalam hari, jarang pemancing yang mendapatkan di siang hari termasuk umpan yang digunakan tidaklah sama karena ciri utama ikan patin tengkuyung tidak memakan buah juga berminyak seperti kerabatnya diatas tadi tapi mengutamakan makanan seperti:

  • Remis
  • Kijing
  • Siput
  • Udang
  • Dan anak ikan.

Setelah kalian mengetahui jenis makanan ikan patin diatas, inilah jawabanya jika memancing dan mendapatkannya, saat dibawa pulang akan membersihkan terlihat beberapa makanan alaminya diatas tadi dalam perutnya.

Jadi untuk kalian pemancing ikan patin sungai atau tambak, ingin mendapatkan yang jenis ini sudah tau kan umpan apa alaminya.

Kesimpulan
Jenis ikan patin diatas berdasarkan dari apa yang pernah kami dapatkan saat memancing.

Juga dari itulah bila terdapat perbedaan dengan penyebutan ikan patinnya sudah sewajarnya karena kita berada di lokasi yang berbeda, namun tetap sudah terjawab perbedaan ikan patin sungai dan tambak diatas.