Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Racikan Dasar Katulampa Untuk Umpan Ikan Mas

Membuat umpan mancing dengan bahan dasar katulampa, sering kali di jadikan andalan untuk memancing ikan mas kolam, tapi sebagian pemancing yang bisa meraciknya tetap bisa saja untuk jenis ikan patin dan sebagainya.

meracik umpan mancing ikan mas dengan katulampa

Karena kebetulan kami mengunakan racikan katulampa untuk ikan mas, jadi yang dibagikan hanya untuk kalian yang sama kegunaanya saja.

Nah untuk kalian yang berencana memancing ikan mas, baik itu harian, borongan atau tournament dan berniat membuat racikan dengan bahan dasar katulampa, tidak ada salahnya mencoba bahan yang kalian butuhkan untuk meracik umpannya.

Selagi takaran membuatnya cukup dan pas, sudah jelas nantinya bisa merasakan hoki atau tidak dengan katulampa.

Untuk beberapa bahan tambahannya, kalian bisa siapkan sesuai dengan takarannya dibawah ini:

  • 1 bungkus katulampa pelangi wangi
  • 1 bondon
  • 1 kaleng sunbell
  • 2 butir kuning telur asin
  • 1 sendok makan kinoy perangsang
  • Dan kroto secukupnya.

Sedangkan cara untuk meraciknya, seperti biasa saja dengan menyiapkan wadah lalu masukan semua bahan utama dan aduk sampai rata.

Setelah diperkirakan merata, baru kasih air panas secukupnya dan aduk lagi sampai rata lalu siap untuk digunakan.

Namun yang harus diperhatikan ada 2 di antaranya seperti:

Takaran: Seperti yang kita ketahui, meracik umpan dengan katulampa tidak bisa mengunakan takaran yang terlalu banyak atau sedikit.

Harus pas dan tepat untuk mencampurkan, jadi harus benar-benar disesuaikan.

Adukan: Saat mengaduk berbagai macam racikan umpan, terkadang terdapat sebuah kesalahan yaitu tidak merata pada mengaduknya.

Bila hanya berdasarkan pemikiran, memang sangat sering ada kesalahan tapi tidak disadari, karena perasaan sudah merata padahal belum.

Mengaduk racikan umpan, yang harus diperhatikan adalah terdapatnya gumpalan bahan, awalnya memang di hancurkan tapi saat di aduk tetap belum merata, terutama terjadi setelah memberikan air.

Inilah butuhnya saat sedang belum dikasih air harus di ulek sampai rata, terkadang sebagai pemancing juga akan melumat-lumat tambahan dengan tangan agar merata yang diracik.

Selain kedua masalah yang sering terjadi kesalahan diatas, juga ada pada kroto yang dicampurkan.

Karena peracikan umpan ikan mas dengan katulampa dan kroto, biasanya akan pecah saat diaduk sehingga aroma juga tidak rata, ada dibagian ini dan itu.

Jadinya saat dipakai yang bagian ini tidak dimakan, keluarkan lagi dan bulatkan ke kail juga masih belum, pas saat tepat dipasang barulah strike babon.

Jadi bukan meraciknya yang salah, tapi memang tidak merata. Kalau sudah seperti ini ya kadang duluan yang dipakai langsung di makan juga sebaliknya.

Disinilah fungsi utama mengaduk umpan termasuk mencampurkan dengan kroto, karena dari itulah kebanyakan kroto digunakan sebagai untuk di cocol saja tanpa langsung dicampurkan.

Namun sebagai sesama pemancing ikan mas kolam, sudah pasti kalian tetap telah bisa meracik umpan dasar katulampa, jadi hanya berbagi beberapa bahan campuran yang digunakan.

Setelah mengerti ya siap diracik dan juga tinggal pakai saja untuk umpan memancing ikan mas di kolam dengan katulampa. Salam Gentak!