Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Racikan Umpan Ikan Mas Kolam Musim Hujan

Umpan ikan mas kolam musim hujan, sangat perlu diperhatikan karena memang pada saat seperti ini akan berkurangnya nafsu memakan ikan mas.

umpan ikan mas musim hujan

Mengapa umpan ikan mas dikolam sulit dipancing saat musim hujan? Nah itu karena suhu air menjadi lebih dingin, hampir rata-rata ikan disemua kondisi akan kurang memakan apa saja bila kadar air seperti ini.

Bila pemancing yang baru terjun memang jadi pertanyaan sebatas susah makan saja, tapi tanpa disadari memang sedang tidak mau memakan umpan dan pakan apa saja.

Namun dari hal seperti ini, tetap bisa diakali dengan racikan umpan yang khusus.

Buat kalian yang ingin membuat racikan ikan mas kolam musim hujan, silahkan siapkan bahan dibawah ini untuk membuatnya:

  • 1 bungkus pelet jitu
  • 1 butir telur asin
  • 1 sachet biskuit roma kelapa
  • Dan air secukupnya.

Sebelum meracik umpan ambil wadah yang agak besar, bisa dibawa ke kolam pemancingan dan centong untuk menganduk racikan sampai rata.

Kemudian haluskan dulu 2 keping roti biskuit kelapa, kalian bisa menghaluskan langsung dengan centong yang dibawa tadi.

Jika sudah halus, kupas dulu telur asin dan ambil putih dan kuningnya saja.

Menyusul masukan pelet jitu tapi tinggalkan 1 sendok makan atau setaranya dengan centong, kemudian aduk-aduk dulu semua bahan sebelum di tambahkan air.

Sekiranya sudah saatnya ditambahkan air barulah dicampurkan dan aduk sampai rata.

Bila racikan ini benyek, baru masukan sisa sedikit pelet jitu yang sudah di sisihkan tadi, inilah tujuanya meninggalkan sedikit sisanya.

Setelah terasa siap untuk digunakan umpan ini, tinggal pasang saja yang pastinya kalian juga paham kan cara pemasangan umpan ke kail pancing.

Bila kalian ingin mengunakan racikan umpan diatas pastikan bahwa keadaan cuaca sedang hujan atau setelahnya.

Jika cuaca bagus jangan gunakan racikan ini, karena akan berkurang untuk dimakan ikan mas, karena disaat hari hujan ikan mas lebih memilih makanan aroma amis tapi tidak menyengat.

Sedangkan racikan umpan diatas memang dikadarkan aroma amis lembut, maka dari itulah sangat cocok dipakai saat hari hujan saja atau pas sedang baru reda.