Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Mujair Paling Ampuh Untuk Cuaca Panas dan Hujan

Ada banyak sekali lokasi pemancingan ikan mujair, bisa di danau, rawa hingga sawah juga ada banyak sekali petani yang memelihara mujair. Berselang panen padi ikan mujairpun sudah berkembang besar, akhirnya keuntungan di dapat dari penjualan ikan mujair juga padi.

Berbeda dengan kita yang mengutamakan memancing saja, tidak mengetahui soal yang lainnya, penting bawa umpan dan strike kalau bisa babon landed. Ini hanya sebagai harapan saja ya!

racikan umpan ikan mujair liar yang paling ampuh untuk mancing

Setiap pemancing pasti menaruh harapan mendapatkan ikan mujair yang besar dan banyak, saat mancing akhirnya dapat ala kadarnya saja atau bahkan zonk sama sekali, lalu berfikir keras untuk memikirkan umpan ikan mujair paling ampuh apa yang cocok digunakan.

Sedangkan pakai ini itu, hasilnya tetap belum sesuai dengan yang diharapkan, walaupun sudah gunakan alami dan berbagai keadaanya.

Mancing Mujair Cuaca Panas Hasilnya tetap ada segitu saja, kecuali pada saat sedang beruntung.

Umpan Mujair Cuaca Hujan Wah lebih parah lagi, bisa-bisa boncos bin zonk karena kadar air menjadi dingin dan rata-rata ikan apapun tetap saja belum mau makan.

Jadi saat mengunakan umpan untuk memancing ikan mujair, sebaiknya ketahui dulu lokasi tempat kita memancingnya agar tidak salah dalam pengunaan umpan mujair yang ampuh.

Seperti yang kita ketahui, setiap ikan memiliki kadar pola makan apa pun yang ia sukai, jadi tak heran bila memilih termasuk umpan yang kita pakai.

Sebut saja seperti mancing ikan mujair di persawahan, kalian pasti mengetahui bahwa ada banyak sekali lumut yang bisa dengan mudah di dapat mujair. Lalu kita mau pakai itu juga? Ya tidak masalah sih asal tau meracik agar lebih kuat aromanya!

Selain itu pada danau atau waduk, nah ini lebih top lagi karena air berlimpah luas tentu keberadaan ikan mujair bisa ada di mana saja yang mereka sukai.

Hal yang harus kalian ketahui mancing ikan mujair, bukan saja umpan yang ampuh akan dipakai, tapi ketahui juga lokasi tempat memancingnya. Jika sudah memahami semuanya terkesan mudah saja sih untuk mendapatkan ikan mujair pakai cara dipancing.

Jika kalian ingin mencoba berbagai macam umpan yang pernah kami gunakan, tidak masalah sih yang penting tau cara mengolah sebelum di pakai untuk memancing ikan mujairnya. Sedangkan yang dipakai ada alami juga racikan, tapi tetap dengan campuran agar lebih jitu dan ampuh saat kami pakai, untuk lebih jelasnya yuk kita ulas.

Racikan Umpan Lumut Ikan Mujair

Untuk cara mengolah yang pertama ini cocok bila kalian gunakan memancing di daerah sawah, juga habitat yang terdapat lumutnya, karena aroma yang digunakan ini akan berbeda dengan yang biasa dimakannya dan pasti dipilih duluan untuk disambar.

Cara untuk membuatnya, pertama siapkanlah dulu lumut yang akan kalian pakai dan letakan di wadah, lalu ganti air baru.

Untuk porsi pengunaan air kami, 1 wadah ada segayung air yang dimasukan, sedangkan lumut bebas boleh banyak atau sedikit.

Setelah itu, campurkan dengan 1 sendok makan vanilli dan 3 tutup Essen Trisula Maut, kemudian aduk dengan membulak-balik lumut sampai terkesan merata.

Umpan lumut pertama ini bisa kalian coba dan jarang yang zonk, untuk selanjutnya.

Umpan Ikan Mujair Pakai Ulat Sawi

Ulat sawi untuk umpan ikan mujair susah-susah gampang ditemukan, bila rumah kalian dekat dengan perkebunan kemungkinan mudah untuk mencarinya.

Bila memang ingin digunakan umpan ulat sawinya, kalian bisa beli 2 kedebok lalu letakan saja di luar rumah kurang lebih semingguan akan terlihat ulat.

Kalau ulat sawi tanpa mengunakan racikan apapun sudah tetap ganas dimakan ikan mujair, jadi tidak perlu memikirkan yang lainnya lagi.

Kroto Semut Hitam Umpan Ikan Mujair

Perlu kalian ketahui, kroto yang akan digunakan ini berbeda tidak sama seperti semut angkrang yang banyak dipakai juga menjualnya.

Kroto ini sering disebut dengan semut cetet, hitam yang kalau ngigit sangat sakit.

Bila kalian menemukan kroto yang satu ini, tinggal gunakan juga untuk umpan tanpa perlu meraciknya, hanya saja membutuhkan untuk di siram dengan air panas agar aroma tidak cepat buyar saat dipakai.

Sedangkan jika kalian mengunakan kroto semut angkrang, tetap mau ikan mujair namun tetap lebih cepat yang ini, pengunaanya juga sama mesti siram dulu dengan air panas.

Umpan Klanceng Putih Untuk Ikan Mujair

Yang ini tidak akan meragukan lagi, hanya saja butuh dicari dulu dan berbeda dengan yang warna hitam. Sama halnya seperti larva tawon, tapi klanceng putih lebih cepat untuk dimakan ikan mujair.

Untuk mengunakannya, hampir sama saja tanpa dibutuhkan campuran yang lainnya.

Hanya cukup di siram dengan air panas agar aromanya tidak mudah hilang saat digunakan memancing.

Jika kalian ingin membuat racikan dengan bahan dasar klanceng putih, sepertinya kami belum pernah nyoba jadi tidak bisa kasih ulasan langsung, sedangkan yang lainya pasti sudah kami juga sebelum diulas.

Umpan Cacing Untuk Ikan Mujair

Jika kalian ingin mengunakan cacing boleh saja, tapi pilih yang di sampahan atau kedebok pisang yang sudah busuk, biasanya kan ada cacing warna merah lembut dan mudah putus. Nah itulah cacing yang disukai ikan mujair.

Untuk memperkuat aroma dari cacing yang akan dipakai, kalian membutuhkan setengah bungkus royco dan 1 butir kuning telur ayam.

Untuk cara meraciknya pertama siram dulu cacing dengan air supaya bersih, lalu masukan ke botol aqua atau plastik yang tidak mudah sobek, kemudian masukan kuning telur dan royco ke dalam gelas lalu kocok sampai berbusa.

Jika sudah melihat busa halus pada telur yang dikocok tadi juga encer, masukan ke wadah cacing dan tutup rapat biar mati dengan sendirinya sekitar 2 jam an baru dipakai.

Mengunakan cara ini, supaya aroma telur dan royco ayam meresap ke cacing sehingga tambah kuat, namun bila kalian gunakan cacing biasa tetap dimakan tapi tidak akan seganas dengan yang di sampahan atau kedebok pisang.

Umpan Ikan Mujair Bawang Putih

Aslinya bila meracik yang ini hampir semua ikan bersisik keluarga mujair rata-rata mau, tinggal cocokan untuk yang akan kalian pancing.

Kalau untuk umpan ikan mujair, silahkan siapkan beberapa campuran seperti:

  • 1 keping tempe agak busuk
  • 2 sendok makan bubuk kunyit
  • 4 siung bawang putih
  • Dan 1 lembar daun talas muda.

Untuk cara meraciknya, tumbuk dulu tempe sampai halus lalu masukan ke wadah, kemudian satukan bawang putih, daun talas dan bubuk kunyit lalu giling sampai halus.

Bila selesai digiling baru masukan ke wadah tempe dan aduk sampai rata, jika dirasa agak keras kalian bisa memberikan 2 sendok makan air ke bekas gilingan tadi lalu campurkan biar agak benyek dulu sambil nganduk.

Kalau racikan yang kalian buat terasa agak benyek, cukup jemur sekitar 3, 4 menitan biar pulen dan bisa dibuat bulatan untuk umpan ke kail pancing. Dan untuk racikan yang terakhir dibawah ini.

Umpan Perangsang Nafsu Makan Ikan Mujair

Bukan untuk umpan khusus tapi hanya untuk tambahan saja, jadi mengunakan racikan yang ini juga lainnya untuk diutamakan.

Sedangkan yang ini nanti hanya sebatas untuk mengumpulkan ikan mujair dan lebih ganas memakan umpan utama yang digunakan.

Untuk cara membuatnya, siapkan dulu pelet bebas 2 gelas dan masukan ke wadah siram dengan air panas secukupnya biar mudah dihancurkan.

Lalu gunakan Protein Powder Amino 6 sendok makan dan campurkan sambil di aduk hingga merata, setelah itu jemur racikan ini sampai kering.

Saat akan digunakan, tinggal letakan dulu umpan biasa lalu ambil racikan dikit saja atau disesuaikan, gosok-gosok dulu pakai tangan biar terlihat halus dan taburkan dekat umpan pancing kalian. Pasti tidak akan meleset karena mengunakan perangsang nafsu ikan makan.

Kesimpulan
Jika kalian ingin mendapatkan ikan mujair yang banyak dan ganas, cukup gunakan salah satu racikan umpan diatas terlebih dahulu untuk dibuat.

Lanjutkan dengan membuat racikan dengan Protein Powder Amino untuk mengumpulkan dan merangsang ikan makan.

Untuk lebih mudah selain pakai Powder amino kalian bisa mengunakan Hipro 5 untuk bandulan.

Dengan mengunakan cara diatas dijamin tidak akan zonk untuk mancing ikan mujair dimana saja memancingnya kecuali kolam pancingan karena pasti sudah banyak yang pakai racikan juga, bila umpan ikan mujair liar pasti ampuh.