Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Racikan Umpan Ikan Nila Ini Paling Ampuh Yang Jarang Meleset

Meracik umpan untuk ikan nila pada umumnya ada bermacam-macam, sampai capek bulak-balik nyiapkan umpan dan hasil memancing terkadang sama saja seperti pakai yang alami

meracik umpan ikan nila yang paling ampuh untuk mancing

Hanya saja bila mancing ikan di kolam pemancingan, biasanya memang dibutuhkan jenis umpan racikan, karena ukuran ikannya sudah merata dan juga pasti ada para pemancing lain, sehingga racikan yang digunakan tentu bermacam-macam.

Karena sudah kebanyakan umpan yang masuk ke air, sudah jelas ikan akan memilih mana aroma kuat, biasanya itu yang lebih dulu untuk disambar ikan nila.

Jadi bila kalian terbiasa mengunakan yang untuk dikolam umpannya, lalu bawa ke ikan nila liar bisa panen banget ini karena lebih cepat lagi disambar.

Perbandingannya itu seperti ini, umpan alami dengan racikan tentu yang di utamakan proses meracik karena ada beberapa aroma yang dihasilkan juga lebih kuat.

Dengan begitu, jelas umpan yang biasanya dipakai untuk kolam bila dibawa ke alam liar lebih top lagi.

Nah untuk kalian yang ingin membuat racikan umpan ikan nila, silahkan pilih yang sesuai saat digunakan untuk memancingnya.

Racikan yang pertama, silahkan siapkan beberapa bahannya terlebih dahulu sesuai dengan takaran dibawah ini:

  • 1 butir telur ayam mentah
  • 1 sachet terasi siap saji
  • Dan 2 bungkus pelet jitu.

Untuk cara peracikannya, pertama kocok dulu telur ayam dalam gelas agar bersatu semuanya, lalu campurkan pelet dan terasi dalam wadah dan siram air panas secukupnya dan aduk sampai rata.

Setelah terlihat terasi hancur dan adukan rata, barulah masukan telur dari gelas tadi dan aduk lagi.

Terakhir masukan ke plastik dan kukus dulu kurang lebih 10 menitan dengan api yang kecil, cara ngukusya seperti ini: Pertama panaskan dulu air sampai mendidih, lalu kecilkan apinya baru letakan racikan adonan umpan tadi dan tunggu sampai selesai.

Jika sudah kalian coba umpan diatas tapi masih skala kecil dan tidak ganas dimakan, berarti membutuhkan racikan yang lebih extra lagi. Masih mau ngeracik lagi? Silahkan siapkan dulu beberapa bahannya dibawah ini:

  • 1 bungkus umpan kroto ikan gold label aroma wangi amis
  • 1 bungkus umpan kroto ikan gold label vanilla susu
  • 1 bungkus hipro nomer 7 atau 10
  • 2 sendok makan madu TJ
  • 3 kuning telur asin
  • Dan air panas secukupnya.

Untuk memproses peracikan bahan diatas, campurkan dulu semua bahan jadi satu dan aduk sampai merata.

Lanjutkan dengan memberikan air panas secukupnya agar semuanya bersatu sambil diaduk.

Jika terasa sudah merata dan pulen siap untuk kalian gunakan mancing ikan nila.

Jika sudah kalian coba umpan racikan diatas belum juga ngasil super cepat untuk memancing ikan nila, silahkan coba umpan andalan dibawah ini, di akui jarang ada yang meleset, silahkan siapkan bahannya:

  • 1 butir kuning telur ayam
  • 3 keping roti keju
  • 2 sendok teh madu murni
  • 1 gelas pelet 781-2 SP
  • 1 gelas pelet PF-1000
  • Dan air panas secukupnya

Lanjutkan dengan pembuatannya, pertama kocok dulu kuning telurnya lalu campurkan semua bahan menjadi satu dan siram dengan air panas sambil diaduk.

Jika sudah pulen dan merata, tinggal gunakan untuk mancing ikan nila.

Perlu di ingat dalam peracikan umpan diatas yang mengunakan madu, untuk mencampurkannya terakhir kali terutama yang pakai kuning telur, karena biasanya akan berkumpal bila langsung dicampurkan sehingga aroma umpan yang nantinya dipakai tidak akan merata.

Bila dirasa masih juga terlalu sulit untuk kalian gunakan racikan umpan ikan nila diatas, silahkan gunakan Umpan hipro 5 untuk bandulan sebagai pengumpul ikan nila pada titik kalian memancing dengan umpannya.

Jika hipro 5 kurang kuat untuk mengumpulkan ikan nila, kalian masih bisa mengunakan yang 1 ini lagi yaitu Protein Powder Animo.

Cara membuatnya, pertama siapkan wadah dan masukan pelet bebas boleh pakan biasa, untuk takaran gunakan 2 gelas peletnya lalu camputkan 5 sendok makan protein powder amino dan siram dengan air panas secukupnya lalu aduk.

Bila sudah merata, jemur sampai kering dulu sebelum digunakan.

Jika sudah kering barulah bawa umpan yang akan dipakai, juga racikan protein powder amino ini.

Untuk cara pengunaanya, pertama letakan umpan seperti biasa dan selang beberapa lama saat terasa ikan nila agak susah makan taburkan umpan yang sudah kering tadi, tidak akan meleset karena racikan mengunakan Protein Powder Amino adalah perangsang makan ikan. Jadi pasti dimakan termasuk umpan alami sekalipun yang digunakan.

Namun harus di ingat, campuran bahan protein powder amino, jangan diracik pakai umpan apapun karena akan merusak aromanya jadi walaupun ikan nila nafsu makan, umpan yang dipakai tetap diabaikan dan mencari yang lainnya maka usaha kalian sia-sia!