Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Wader Di Air Jernih atau Keruh Aroma Sedang

Memancing ikan wader, pada umumnya sangat mudah sekali untuk di dapat, hampir rata-rata pemancing walau hanya sekali saja pasti pernah yang namanya strike ikan wader.

Walaupun begitu, juga sering terjadi pada keadaan air atau cuaca membuat ikan wader kurang mau makan umpan. Jika pemancing ikan wader yang belum mengetahui jelas kriteria ikan yang mereka pancing, sudah jelas nantinya akan berfikir untuk menyiapkan umpan yang lebih jitu lagi.

Padahal, terkadang itu bukan ada kesalahan serius pada ikan wader yang tidak mau makan umpan, tapi memang keadaan air membuat seperti itu.

Jadi cukup tinggal nunggu beberapa waktu saja, ikan wader nanti akan pulih kembali untuk memakan umpan yang sudah biasa kalian gunakan.

Hanya saja, jika lokasi yang kalian pancing wadernya di sungai, kemungkinan bisa jadi keruh sehingga memang bermasalah untuk ikan wader memakan umpan yang di gunakan.

Kuncinya liat faktor air yang jadi keruhnya saja lagi, jika malam harinya hujan wajar jika keruh, biasanya tak perlu waktu sampai semingguan akan kembali jernih.

Yang hancurnya, jika habis di setrum jadinya air keruh karena habis di jeguri orangnya, kacaw seperti ini. Sama halnya dengan di potas, kan biasanya mereka terjun ke air jadi keruh juga kan.

Kalau sudah kedua masalah diatas tadi air tempat kalian mancing keruh, dah tanpa ampun pulang saja atau cari lokasi lainnya lagi.

Jadi sebelum kalian menyiapkan umpan ikan wader, sebaiknya perhatikan dulu airya, jernih atau keruh. Sedangkan umpan itu sebenarnya mengikuti saja.

umpan mancing ikan wader di air jernih dan keruh paling jitu

Untuk yang sering kami gunakan adalah:

  • Roti Chrispy Murni
  • Roti Chrispy Campur Telur atau Vanilli
  • Ubu Jalar Campur Telur.

Diatas yang paling umum untuk kami gunakan, baik di air bening (jernih) atau butek (keruh) tetap mau sih ikan wader memakannya.

Untuk cara membuatnya simpel saja, tinggal cocokan dulu yang akan dibuat contohnya.

Roti Chrispy Murni: Cukup siapkan plastik dan 4 roti chrispy, lalu rendam sekilas di air kurang lebih cukup 30 detik saja lalu masukan ke plastik dan remuk-remuk sampai hancur. Baru di lumat pakai tangan sampai pulen, yang diperhatikan merendamnya tidak perlu lama nanti bisa benyek, kalau sudah kebanyakan air terpaksa harus di tambahkan remukan rotinya lagi, karena hanya 4 keping itu aslinya sudah banyak untuk umpan mancing ikan wader.

Roti Campur Telur dan Vanilli: Kalian bisa memilih salah satu yang ingin dicampurkan atau sekalian keduanya juga boleh, untuk membuatnya, pertama siapkan 6 keping roti crispy lalu giling sampai harus.

Setelah itu masukan roti tadi ke wadah, campurkan kuning telur bisa ayam atau bebek sama saja. Juga dengan setengah sendok teh vanilli, kemudian aduk sampai pulen dan siap untuk digunakan.

Ubi Jalar Campur Kuning Telur: Inti nya ubi yang dipilih itu warna orange, jangan yang lainnya karena sudah dites berbeda hasil pancingan ikan wader dengan perbedaan warna ubi jalarnya. Selain itu waktu merebusnya, hanya cukup dikukus saja jangan sambil di rebus dengan air nanti aroma ubi jalar berubah.

Nah untuk membuatnya, cukup kukus dulu sampai matang lalu lumat di wadah sampai halus, boleh mengunakan gelas atau centong, lalu tunggulah dingin dulu.

Setelah dingin baru masukan kuning telur dan vanilli, kemudian ya di adu lagi biar menyatu hingga merata aroma dari umpan ubi jalar ini.

Umpan diatas yang paling sering kami gunakan untuk mancing ikan wader, tapi pada cuaca yang panas atau menjelang sore. Sedangkan jika diprediksi habis hujan kami sering juga mengunakan umpan ikan wader dengan:

  • Cacing sampah
  • Kroto semut hitam
  • Klanceng putih
  • Dan Jangkrik kuning.

Untuk yang cepat sambaran ikan wader adalah cacing dan kroto semut hitam, sedangkan lainnya juga tetap dimakan, hanya saja sambil menunggu juga tidak langsung di sambar.

Nah untuk kalian yang tadinya punya persiapan memancing ikan wader dan mencari info umpannya, diatas bisa coba untuk digunakan. Namun harus tetap di kondisikan dulu dengan kadar air di lokasi kalian. Sampai disini semogga bermanfaat dan salam Gentak!