Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Umpan Ikan Wader Yang Susah Makan

Memancing pakai umpan ikan wader yang sedang susah makan, terkadang salah dan capek berpindah-pindah tempat mancingnya tapi masih saja tidak dapat.

memancing ikan wader yang sedang susah makan umpan

Kalian pemancing ikan wader, pasti pernah mengalami hal seperti ini, dimana sangat terlihat banyak tapi tidak mau memakan umpan.

Sekalipun di letakan umpan dekat gerombolannya tetap saja diabaikan.

Berbeda jika pas sedang hoki, begitu umpan di masukan ikan wader berdatangan makan, besar kecil naik semua.

Tapi kalau ikan wadernya susah makan, kita yang mancing juga bukan hanya malas memancing lagi tapi juga berpikir keras untuk mengatasi umpan agar di makan dan menjadi lebih galak bin ganas.

Untuk itu, jika kalian sedang mengalaminya cobalah beberapa umpan yang akan kami bagikan, namun hingga tuntas racikannya sekaligus bahan tambahan bila sudah tidak mau makan lagi.

Sekarang coba kita mulai dari awal, kalian mancing ikan wader pernah pakai beberapa umpan alami seperti dibawah ini belum?

  • Cacing sampah
  • Kroto semut angrak dan cetet
  • Klanceng putih
  • Jangkrik kecil
  • Dan undur-undur.

Bila ada salah satunya belum dicoba untuk umpan ikan wader, silahkan dicoba.

Namun bila semua umpan diatas pernah dipakai, tapi ikan wader masih tidak mau karena susah makan.

Pernah juga nyoba beberapa racikan umpan ikan wader dibawah ini belum?

  • Roti Chrispy
    Yang direndam sekilas lalu masukan ke plastik dan menjadi pulen seperti pelet.
  • Ubi jalar, kuning telur dan vanilli
    Biasanya dibuat dengan cara kukus ubi jalar lalu tumbuk halus, dicampurkan kuning telur ayam dan 1 sendok teh vanilli lalu di lumat pakai tangan sampai jadi pulen juga.
  • Tempe, royco atau masako ayam, bawang putih dan bubuk kunyit
    Cara untuk membuatnya giling tempe sampai halus, lalu mengiling 3 siung bawang putih, setengah bungkus royco atau masako dan bubuk kunyit yang dihalus lalu campur 3 sendok makan air kemudian campurkan ke tempat sampai rata juga pulen.
  • Roti klik dan kroto
    Membuatnya dengan menghaluskan roti lalu campurkan dengan kroto yang sudah disiram air panas.

Dengan racikan diatas pernah nyoba? Bila sudah pernah dipakai tapi masih tetap tidak dimakan juga, barulah pas kalau itu memakan ikannya bermasalah.

Beberapa penyebab ikan wader susah tidak mau makan umpan, biasanya terdapat hal sepele hingga berat dimana yang pertama pengaruh cuaca setelah atau saat hujan.

Cuaca air akan berpengaruh untuk ikan tidak mau makan, hampir rata-rata seperti itu.

Maka tunggulah bila keadaan air sedang bagus lagi baru mulai mancing wader, bila sudah beberapa atau tanpa hujan ikan wader tetap tidak mau makan maka cobalah perhatikan sekitarnya karena mungkin sudah banyak pakan yang tersedia.

Selain itu ada kemungkinan memang saat kalian mancing ikan wader itu belum jam makan, jadi memang sering di abaikan karena ada saatnya lapar dan memakan apapun yang bisa ditemukan.

Beberapa hal fatal adalah kena putas, setrum dan stress karena umpan racikan yang berlebihan untuk digunakan, selain itu rasanya belum ada lagi yang membuat ikan wader susah makan umpan.

Seperti yang banyak kita ketahui tentang ikan wader, dimana liar dan bisa memakan umpan apa saja yang kita gunakan selagi aroma amis dan wangi, cukup dengan cacing saja biasanya hoki dan cocok buat ikan goreng atau sambal.

Tapi kalian bisa coba mengunakan umpan terakhir yang akan dibagikan dan ini biasanya digunakan untuk ikan kolam, sesulit apa pun ikan wader susah makan pasti jadi ganas dengan membuat racikan umpan yang dicampur Kinoy perangsang nafsu makan ikan atau Protein Powder Amino.

Untuk cara membuatnya, kalian cukup siapkan 3 bungkus pelet jitu atau secukupnya dan membagi dulu untuk peracikannya contoh:

Ambil 2 wadah berbeda lalu bagi yang 1 untuk sebungkus saja, lalu yang satunya lagi masukan kedua bungkus pelet jitu. Kemudian siram air panas secukupnya agar tekstur menjadi pulen.

Setelah itu gunakan salah satunya, mau pakai Kinoy bagi 2 per satu bungkus lalu aduk sampai rata.

Jika pakai Protein Powder Amino bagi 5 sendok makan dimana, yang 1 ada 2 sendok dan 3 sendok dicampurkan ke satunya lagi lalu diaduk sampai merata juga.

Setelah jadi racikan, untuk yang 1 bungkus tadi jemur dulu dibawah terik matahari agar lebih cepat kering, dan yang satunya digunakan untuk khusus umpan dipakai.

Saat kalian mancing dengan umpan utama dan sudah dimasukan ke air, tunggulah dulu untuk memperhatikan umpan disambar atau tidak.

Bila di makan berarti pengaruh umpan yang dicampur perangsang ikan sudah bisa optimal dipakai, jadi tanpa perlu bantuan yang satunya lagi.

Jika kalian gunakan yang satunya tapi sudah 2, 3 kali diganti dengan yang baru masih belum di makan, maka keluarkan yang sudah kering tadi lalu ambil secukupnya dan penyet-penyet pakai tangan supaya lebih halus kemudian taburkan diatas umpan yang di letakan.

Fungsi yang kering itu untuk pengumpul ikan yang paling sering digunakan, jadi bisa juga digunakan sebelum kalian meletakan umpan utama dengan menaburkan dulu.

Nah cara diatas tinggal kalian sesuaikan dengan tekhnik memancing ikan wader yang susah makan dilokasi kalian, sampai disini salam Gentak!