Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Tempe Untuk Ikan Patin

Memancing ikan patin dengan umpan tempe biasanya digunakan untuk alam liar seperti sungai atau rawa, tapi jangan terlalu cepat ambil kesimpulan pakai tempenya saja bila ingin dapat banyak dan besar, harus tau cara buatnya.

Bukan hanya dibuat saja ya tapi juga ketahui untuk trik memancingnya, karena kebanyakan pemancing ikan yang pakai tempe untuk umpan, hanya mengetahui untuk makainya saja sehingga lebih sering zonk ketimbang strike.

memancing ikan patin mengunakan umpan tempe

Sebaliknya, bila tau cara pasang dan mancing pakai umpan tempe untuk ikan patin terasa mudah banget untuk mendapatkanya, tidak perlu waktu lama landed deh.

Untuk kalian yang menyukai memancing ikan patin di sungai atau rawa dan berminat untuk mengunakan bahan utama tempe.

Sepertinya artikel ini sangat cocok untuk kalian mengambil kesimpulan dan tata cara mengunakanya.

Untuk cara utama memancing ikan patin pakai umpan tempe yang di pakai adalah:

  • Tempe Busuk
  • Tempe Goreng
  • Tempe Semur
  • Dan Racikan Tempe.

Untuk yang lebih optimal digunakan adalah tempe yang dimasak semur aroma wangi, tapi tidak sembarangan yang dipakai harus kecocokan juga dengan memasaknya.

Tapi sebelum mengunakannya, akan lebih baik lagi dibuat dan pahami setiap cara membuat dan mengunakannya.

Karena bila langsung saja kalian gunakan tempe untuk mengincar ikan patin, lebih sering tidak dapat sama sekali, kecuali jika mengunakan trik, cara memasang dan membuatnya lebih diandalkan saat pakai umpan nantinya.

Jadi bukan hanya cukup di gunakan begitu saja, harus diketahui seluk beluk untuk semuanya tentang umpan ikan patin mengunakan tempe.

Tempe Busuk

Untuk yang paling banyak digunakan umpan tempe yang sudah busuk, terlihatnya sepeleh tapi bila memancing di spot ikan patin tetap memiliki durasi yang cepat disambar.

Hanya saja terkadang yang mengunakan belum tau betul caranya, jadi hanya mengetahui Tempe busuk lalu bawa dan pasang ke kail pancing dan hasilnya Zonk.

Jadi bila ingin digunakan oleh kalian, pilih dulu yang sudah berubah warnanya cenderung merata hitam dengan aroma yang kuat.

Untuk mengunakanya kurang lebih seperti ini, potong dadu dulu sesuai dengan ukuran kail pancing.

Sekali pakai masukan 3, 4, 5 mulai dari kail hingga ke simpul senar pancing, semakin banyak di gunakan aroma alami makin kuat. Inilah sebabnya kebanyakan pemancing yang memasang sampai ke senar dan memanjang.

Tempe Goreng

Banyak pemancing yang kurang memahami mancing ikan patin dengan umpan tempe goreng, yang tau tinggal digoreng lalu potong dan pasang ke kail pancing.

Memang benar begitulah pemasangan tempe goreng untuk memancing ikan patin, tapi apa sudah tau bumbu yang dicampurkan saat mengorengnya?

Jika sudah tau ya suhu karena terbiasa, bila belum tau asal pakai saja ya wah juga sih pantas boncos!

Jadi sebelum mengoreng tempe untuk umpan ikan patin, terlebih dahulu mencampurkan Bawang Putih dan masako ayam yang digiling dulu sampai halus kemudian siram dengan air untuk merendam tempenya, lebih kurang 2 jam an lah sampai dirasa meresap.

Setelah itu barulah digoreng, itu juga sekilas saja tidak terlalu berubah warna seperti yang biasanya dimakan. Kalau pribadi saya cukup panas kan minyak lalu masukan tempe sekitar 1, 2 menitan dan angkat.

Kemudian tunggulah dulu sampai dingin, setelah itu potong dadu dan siap digunakan.

Diataslah proses pembuatan umpan tempe goreng untuk ikan patin, selain itu bisa di perkirakan sendiri bahan mencampurkan untuk digoreng yang penting tidak perlu sampai masak sepenuhnya.

Tempe Semur

Nah untuk umpan ini baru andalan untuk mancing ikan patin, karena hanya cukup mengunakan yang di semur saja.

Sebenarnya salah penyebutan deh sepertinya, karena tempe yang biasanya digunakan ada yang menyebutkan dengan Bacem.

Intinya seperti Bacem itulah umpan tempe yang digunakan untuk mancing ikan patin.

Memang termasuk cepat disambar ikan patin, tapi sayangnya bila untuk sungai arus deras tidak bisa bertahan lama, lebih mudah hancur tapi joss gandos.

Tinggal sepemikiran kalian lah yang mengunakannya, sebagai saran gunakan untuk mancing ikan patin di rawa saja biar lebih awet umpannya saat digunakan.

Racikan Tempe

Sedangkan yang satu ini sah butuh proses untuk meraciknya, biasanya dipadukan dengan Pelet jitu warna biru.

Untuk cara membuatnya, pertama siapkan 1 keping tempe, 4 butir telur bebek, 5 siung bawang putih, 1 sendok makan royco ayam dan 2 bungkus pelet jitu warna biru.

Kemudian ambil wadah lalu masukan pelet jitu, selanjutnya kocok telur digelas sampai berbusa dan campurkan ke pelet sambil diaduk rata.

Lanjutkan dengan mengiling bawang putih dan royco, setelah terlihat halus campurkan setengah gelas air lalu kucek dan masukan ke wadah pelet, juga sambil diaduk.

Terakhir giling tempe sampai halus dulu baru dicampurkan dengan pelet jitu yang sudah setengah jadi racikan tadi, bila dirasa sudah bercampur pastikan teksturnya pulen.

Kemudian buat bulatan seukuran kail pancing dan banting ke lantai, lalu perhatikan hancur atau tidak.

Jika tidak hancur berarti siap untuk digunakan, sedangkan bila masih buyar cukup tambahkan air bertahap boleh dengan 2 atau 3 sendok makan yang penting jadi pulen.

Saat dibanting hancur, kesalahannya ada pada kekurangan air saat kalian meracik umpannya tadi.

Bila sudah jadi, siap untuk kalian gunakan memancing ikan patin dengan umpan tempe.