Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jam, Waktu Yang Tepat Mancing Ikan Kelabau / Hara

Memancing ikan kelabau atau hara tanpa mengetahui jam atau waktu yang tepat, hanya sering membuat menunggu tanpa memprediksikan lokasi tempat kita mancing dan akhirnya zonk melanda.

Jadi walaupun mancing ikan kelabau di lubuk sekaligus sarangnya, jika kalian tidak bisa menentukan waktu atau memang belum mengetahui yang tepat, siap-siap menunggu dengan sabar. Selain itu tidak akan bisa mencocokan dengan cuaca memancingnya.

mancing ikan kelabau dengan waktu yang tepat untuk dipancing

Misalkan seperti ini, kalian berangkat mancing jam sekian saat cuaca berubah seperti habis hujan atau mendung jam makan ikan kelabau tiba. Hasilnya tetap saja zonk karena pada umumnya ikan makan bergantung juga pada kadari air seperti dingin atau hangat.

Jadi memancing ikan kelabau itu bukanlah hoki-hokian, begitu saatnya dapat bisa banyak dan besar jika lagi kurang ya tidak bisa mendapatkan sama sekali. Padahal kekurangannya ada pada diri kita sendiri.

Nah untuk kalian yang ingin tau waktu yang tepat berdasarkan umumnya ikan kelabau makan ada 3 sesi saja seperti:

  1. Pagi
  2. Siang
  3. Dan Sore.

Itu juga tetap bergantung pada cuaca, jadi tidak bisa diperkirakan harus jam, waktu sekian dimakan. Harus tetap disesuaikan dan jarak antara waktu dimulainya.

Misalkan mulai mancing jam makannya, lalu keadaan cuaca kurang mendukung, ada jarak ikan kelabau memakan dan bukan hanya 1, 2 atau 3 saja langsung makan lagi harus disesuaikan atau bahkan memang sangat sulit sekali.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami uraikan supaya mudah dipahami oleh kalian para pemancing ikan kelabau.

Pagi

Pada umumnya ikan akan mulai pada pagi hari untuk memakan termasuk umpan jika digunakan untuk mancing, waktu normalnya adalah menjelang naik matahari pada kisaran jam setengah 7 hingga 9 pagi berlanjut ke siang. Begitu panas mulai naik ikan kelabau jadi ganas memakan apapun juga umpan yang sedang dipakai.

Karena mengunakan umpan memang khusus, jadi tetap akan ganas nyambar. Walaupun begitu tetap harus disesuaikan dengan keadaan air seperti pada malam hujan, pasti kadar air akan berubah dingin selain itu juga keruh biasanya.

Jika air yang keruh tidak masalah selagi umpan yang dipakai aroma kuat, tapi kadar air yang dingin tetap akan bermasalah.

Jika kadar air dingin tunggulah jaraknya sekitar 2 jam, jadi jika dimulai matahari naik maka ada pada diatas jam setengah 9 atau saat menjelang 11 nanti.

Siang

Ikan yang mulai makan pada siang hari adalah jam 1 sampai 3 menjelang sore, jika panas matahari begitu sangat terik cocok banget untuk mancing ikan kelabau.

Akan tetapi, jika mendung atau hujan sebaiknya ambil waktu sekalian sore hari saja.

Karena biasanya, jika air menjadi dingin pada waktu ini sudah jelas kalian memancing hanya membuang waktu menunggu sore harinya saja. Kecuali jika memang panas, lebih optimal jika kalian menunggu sampai waktu sorenya.

Jadi kisaran dimulai memancingnya itu tepat pada jam 12 atau setengah 1 hingga menjelang sore, mau langsung pulang jika sudah dapat ikan? Sepertinya sayang karena tidak membutuhkan waktu yang lama lagi.

Sore

Memancing ikan kelabau pada sore hari rembetan pengaruh dari jarak pagi, jika tidak dimakan pada waktu itu siang agak kurang karena kebanyakan hanya main atau kulu kilir saja di air.

Jika panas naik di siang hari, waktu makan akan mulai berlangsung dan menjelang sore lebih aktif lagi.

Untuk jam nya adalah setengah 5 sampai 7 malam, selesai itu pulanglah karena tidak ada ikan kelabau yang aktif dimalam hari kecuali tepat di sarangnya dan terang bulan.

Jika berkepanjangan mulai dari pagi dan siang hujan, sebaiknya tunda lah berangkat mancing. Karena bila sudah berlangsung biasanya imbas air dingin akan pengaruh pada sore hari.

Kalau hujan apa ikan tidak makan? Ya tetap, tapi nafsu untuk memakan umpan yang kita gunakan tentu tidak mau karena hanya mencari yang sesuai saja di dalam air dengan kadar yang dingin, kecuali jika kalian tau apa itu yang dimakan!

Kesimpulan
Mancing ikan kelabau, jika di dasari dengan hanya iseng dan menghabiskan waktu saja, memang kapanpun bisa karena tidak mengutamakan mendapatkan ikan.

Berbeda jika kalian memancing memang yang dicari strike kelabau, harus bisa memperkirakan cuaca, jam berangkat mancing juga pola ikannya.

Tanpa dipelajari juga boleh, hanya saja kelebihan dan kekurangan untuk mendapatkan ikan kelabau tentu berbeda dengan pemancing yang sudah paham. Sampai disini silahkan dipelajari ikan kelabau di lokasi kalian dan salam Gentak!