Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Yang Tepat Untuk Mancing Ikan Sidat

Waktu memancing ikan sidat terbagi menjadi beberapa saat, yang dimana bila sedang pas jelas cepat dapat, sebaliknya jika kurang tepat sudah jelas lama untuk menunggunya sampai waktunya makan datang.

Waktu memancing ikan sidat terbagi menjadi beberapa saat

Seperti yang ketahui tentang ikan sidat, dimana termasuk predator Nokturnal yang aktf di malam hari.

Sama halnya dengan belut, hanya saja jika di daerah kalian ada ikan sidat maka bisa dipastikan tidak ada belut dan begitu juga sebaliknya.

Untuk pemancing yang biasanya mencari ikan sidat, biasanya tanpa perhitungan waktu untuk memancingnya, bila dikirakan ingin berangkat ya pergi lalu mancing.

Berbeda dengan yang paham akan waktu ikan sidat memakan, sudah pasti akan memberikan jeda waktu yang tepat untuk perjalanan ke lokasinya.

Perlu diketahui untuk mancing ikan sidat, bila ingin memancingnya usahakan di saat siang saja, kecuali bila nyuluh dan pasang perangkap boleh dimalam hari.

Karena malam waktu ikan sidat aktif, jadinya hanya akan membuat kalian memasang umpan saja antara lubang atau bawah bebatuan, karena sudah dipastikan tempat yang biasa kalian pancing menjadi kosong karena keaktifan ikan sidat makan.

Kecuali memancing pada siang hari, ini baru tepat karena hanya cukup membagi pada 3 saat mancing saja seperti Pagi, Siang dan Sore hari.

Mancing pada saat diatas perlu diperhatikan juga jam makan ikan sidat, walaupun dipancing dengan waktu diatas tadi juga belum tentu dimakan pada titik tertentu yang di pancing.

Contohnya begini, kalian memancing sidat pada 1 titik spot atau lubang. Tapi belum jam makan pasti akan di abaikan, bila lama menunggu tidak strike pasti kalian pindah lagi karena beranggapan tidak ada ikan sidat di lokasi tersebut.

Diataslah penyebab bila kalian memancing merasakan tadinya tidak ada ikan, setelah beberapa waktu diulang lagi justru dapat ikan sidat.

Jadi itulah sebabnya mengapa 1 titik sering kalian tidak mendapatkan ikan, karena belum tepat jam untuk ikan sidat makan, berbeda saat kalian pindah ke lokasi lainnya lalu strike karena tanpa di sadari bahwa kalian sudah mengulur waktu makan ikan sidat dan tepat.

Jadi kesimpulannya saat kita mancing pindah dari 1 lokasi ke yang lainnya, beranggapan bahwa yang pertama tadi tidak ada ikan dan yang satunya baru sarang ikan.

Padahal mungkin lokasi pertama tadi justru itulah sarangnya, hanya karena jam makan ikan saja yang belum tepat.

Untuk kalian yang ingin mengetahui waktu memancing ikan sidat, silahkan sesuaikan dengan saat kalian berangkat mancing dibawah ini:

  • Pagi: Antara jam setengah 7 hingga 9 bila terik matahari terlalu panas bisa sampai jam 10.
  • Siang: Dimulai dari jam 1 sampai setengah 3 atau tepat.
  • Sore: Untuk waktu mancing ini kembali pada tingkat panas dari terik matahari, umumnya dimulai pada jam 4 hingga menjelang magrib lalu aktif keluar dari persembunyian ikan sidat.

Waktu diatas mungkin tanpa kalian sadari saat memancing ikan sidat, dimana jika memancingnya pas dapat kalian hanya berfikir strike lalu senang.

Tapi coba perhatikan jam yang bisa kalian cek, kemudian lanjutkan dengan waktu berikutnya pasti lebih sering menunggu beberapa saat lagi.

Inilah butuhnya kalian mengetahui waktu diatas, jadinya jika suatu saat mancing menjelang waktu tersebut kalian bisa mengatur yang tepat, sebaliknya bila melewati jam makan ikan sidat pasti bisa sedikit santai untuk menunggu waktu selanjutnya.

Jadinya tidak harus terus mancing dan berpindah tempat, tapi perhatikan dengan hitungan waktu yang tepat, jika sudah begitu tidak akan membuang-buang waktu kalian mancing menjadi sia-sia.

Setelah kalian mengetahui waktu jam makan ikan sidat diatas, sudah bisa dipastikan kalian lebih bisa melakukan penerapan untuk memancingnya, tidak asal berangkat dan capek-capek pindah lokasi, tapi sudah tau kalau sedang belum di makan pada waktunya memang itu belum saatnya. Salam Gentak!