Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis Ikan Baung Sungai, Jangan Salah Umpan Memancingnya!

Memancing ikan baung sungai pada umumnya banyak sekali para pemancing yang senang, sekali berangkat target ikan cukup baung dan menyiapkan semua umpan yang di butuhkan, termasuk khusus untuk ikan baung.

Hanya saja, saat sudah menyiapkan yang memang sesuai dengan rekomendasi namun tetap zonk mendapatkannya.

Seperti yang kita ketahui tentang ikan baung sungai, setidaknya ada 4 jenis yang terlihat secara fisik tanpa disengaja dapat saat mancing. Setelah pakai umpan khusus barulah terasa sulit dipancing, padahal jelas umpan ikan baung tidak mengetahui jenisnya, jadi ya salah pakai umpan untuk memancing ikan baung sungai.

Kalau sudah salah umpan ikan baung sungai jelas zonk, karena dari ke 4 jenis ikan baung sungai memang berbeda-beda umpan yang digunakan.

Termasuk saat pakai umpan alami jangkrik saja, sudah jelas strike terus. Beda lagi bila memancing ikan baung tepat di sarangnya tapi bukanlah itu umpan aslinya, siap-siap zonk.

Yang disalahkan umpannya tidak cocok kan? Padahal memang salah karena beda jenis ikan baung sungainya juga umpan yang dipakai.

Nah untuk kalian yang terbiasa memancing ikan baung sungai, setidaknya ketahui dulu 4 jenis ini karena memang pada umumnya yang sering di dapat ya ini saja, tapi berbeda pada lokasi spotnya walaupun tetap sama di sungai.

1. Ikan Baung Murai

umpan ikan baung murai disungai yang paling disukai

Jenis ikan baung murai sungai yang satu ini ukuran yang di dapat selalu babon, kisaran di atas setengah kg an. Ciri-ciri ikan baung murai adalah pada bagian kiri dan kanan tubuhnya ada warna putih dan seluruhnya agak hitam atau ke ungu an.

Bagian kepala ke mulut agak tipis ketimbang jenis baung lainnya, umpan alami yang dipakai untuk mendapatkan ikan baung murai adalah Udang hidup atau mati juga kijing, jarang memakan cacing terlebih umpan se bau apa saja dipakai tidak akan strike ikan ini.

Karena ikan baung murai termasuk pemilih, jadi memang sulit dipancing dengan umpan-umpan berbau tajam seperti kucur dan sebagainya.

2. Ikan Baung Tikus

ikan baung tikus

Sebutan untuk jenis ikan baung tikus adalah bahasa ditempat kami saja, kemungkinan beda namanya untuk di tempat kalian.

Bentuk tubuh ikan baung tikus tidak mirip dengan baung pada umumnya hanya saja memiliki corak putih di sisi kiri kanan tubuhnya namun bagian kepalanya berbeda agak besar ketimbang baung murai.

Selain itu ukuran ikan baung tikus jarang yang besar hingga bobot kg an tapi tetap ada, biasanya yang di dapat hanya sebesar 2, 3 - 5 jarian saja. Umpan yang dimakan juga cukup cacing kalung paling cepat untuk dimakan jenis ikan baung tikus ini.

3. Ikan Baung Akar

ikan baung akar

Sebutan jenis ikan baung akar bukan yang ada dibagian bawah pohon ya, memang sarang utamanya di area itu namun tetap keluar untuk mencari makan. Ciri-ciri ikan baung akar, tetap mirip dengan yang lainnya hanya beda warna keseluruhan tubuhnya hitam tapi tidak pekat.

Umpan ikan baung akar tetap sama dengan yang diatas, cukup pakai cacing atau udang hidup dan mati sudah bisa mendapatkan jenis ini, namun di beberapa spot yang biasa mendapatkan jenis ikan baung akar juga mau dipancing pakai umpan jangkrik. Selain itu biasanya untuk spot arus yang agak deras.

4. Ikan Baung Sungai

ikan baung sungai

Untuk yang terakhir inilah jenis ikan baung yang sering di dapat para pemancing bila mengunakan umpan kucur, bentuk fisik mendekati keting namun ukuran bobot bisa mencapai 5 kg an bahkan lebih.

Ikan baung sungai inilah yang paling banyak dan sering di dapat, karena umpan yang dipakai mulai dari cacing, jangkrik dan udang juga dimakan termasuk yang bau tajam seperti kucur barulah ganas untuk memancing ikan baung sungai yang jenis ini.

Selain itu, jika dipancing yang paling sering di dapat. Bila salah tebak, biasanya disebut dengan ikan keting padahal jelas berbeda karena yang ini memang asli ikan baung.

Kesimpulan
Perbedaan jenis ikan baung diatas perlu diketahui untuk kalian yang akan memancingnya, dengan begitu nantinya sudah bisa diprediksikan umpan apa yang cocok dipakai.

Sekaligus inilah penyebabnya jika kalian berniat mancing ikan baung, tapi justru tidak pernah strike karena tidak bisa menyimpulkan jenis ikan baung apa yang akan dipancing. Dengan mengetahui 4 jenis ikan baung sungai diatas, sudah pasti nantinya kalian tidak akan salah lagi saat mengunakan umpannya. Sampai disini semogga bermanfaat dan salam Gentak.