Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Essen Ikan Lele, Perkuat Amisnya!

Cara Membuat Essen Ikan Lele, Perkuat Amisnya! Seperti yang kita ketahui bahwa ikan lele sangat cepat menyambar umpan bahan dengan aroma amis, semakin kuat sangat top jer di gunakan untuk mancing di kolam atau liaran.

Cara Membuat Essen Ikan Lele, Perkuat Amisnya!

Dan yang paling utama banyak dipakai, selain pembuatannya mudah jika meracik umpan juga tidak membutuhkan banyak bahan lagi karena begitu di olah tinggal berikan tetesan Essen ikan lele lalu siap untuk strike.

Jadi intinya begini, jika sudah ada biang Essen untuk ikan lele yang diolah sendiri, saat akan membuat umpan dengan pelet tidak memerlukan tambahan lagi, tapi cukup diberikan saja Essen ikan lele. Kesannya lebih ringkas pembuatannya.

Nah bila kalian yang ingin meracik cara membuat Essen ikan lele, setidaknya ada 3 aroma yang bisa digunakan secara terpisah tapi tetap bisa dipadukan dengan pelet.

Untuk yang pertama adalah cacing dengan hati ayam, aroma Essen ini bisa dipadukan dengan Tepung Aci, termasuk juga cara membuatnya tidak sulit. Pertama siapkan 2 ons cacing dan 1 ons hati ayam, kemudian blender sampai halus kedua bahan ini, selanjutnya tinggal masukan ke wadah botol dan padukan ke umpan sesuai takarannya.

Juga perlu diketahui, pembuatan Essen ikan lele ini bisa bertahan hingga 1 bulanan, semakin lebih dari 4 hari akan lebih bagus dipakai untuk umpan.

Jika cara membuat eseen ikan lele dengan cacing dan hati ayam termasuk yang paling mudah dibuat, silahkan buat Essen ikan lele yang agak rumit dengan mengunakan darah ayam dan bawang putih. Untuk cara membuatnya, pertama siapkan 6 siung bawang putih dan 1 ons darah ayam lalu blender sampai halus.

Setelah halus cukup pindahkan ke botol atau campurkan ke bahan umpan, selain itu perlu diketahui jika racikan Essen ikan lele ini tidak bisa disimpan lama-lama cukup sampai 20 hari saja karena nantinya darah ayam akan mengering, bila diletakan dalam kulkas jadi ngeras. Padahal tujuan dicampurkan dengan bawang putih agar darah bisa mencair, tidak beku saat dibuat.

Jadi Essen ikan lele yang dibuat ini tidak bisa tahan lama, minimal 5 - 7 kali pembuatan umpan saja habiskan karena perhitungannya seperti ini, misal membuat racikan umpan 3 hari sekali tinggal hitung antara 5 kali atau 6 dan 7 harian.

Nah pembuatan Essen ikan lele diatas berdasarkan pengalaman pribadi, tapi hanya digunakan saat musim hujan saja, karena pada cuaca ini kami sering kali memancing ikan lele kolam. Maka dari itu dibutuhkan persiapkan Essen ikan lele yang dibuat sendiri. Sampai disini semogga bermanfaat dan salam Gentak.