Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Perbedaan Ikan Channa dan Gabus Liar

Ikan channa dan gabus sering kali menjadi sebuah harapan untuk kita yang hobi mancing, pengennya tau spot lalu bisa dipancing untuk mendapatkannya, dengan begitu senanglah hati.

cara mengetahui perbedaan antara ikan channa dan gabus

Namun di lain obrolan dan pengetahuan, ada banyak sekali castinger setengahnya kebingungan antara perbedaan ikan channa dan gabus liar padahal masih satu keluarganya sendiri.

Untuk kalian yang mungkin menjadi pertanyaan perbedaan antara ikan channa dan gabus, sebenarnya simpel untuk diketahui bahkan jelas dan terlihat namun tetap pasti ada yang kuat sekali perbedaannya.

Perbedaan yang paling mencolok antara ikan gabus dan channa adalah corak, dimana channa memang di khususkan untuk hias dalam aquarium sedangkan gabus untuk digoreng.

Bedanya kan terlihat melalui ke indahan, dimana ikan channa dengan warna yang terlihat mencorak, karena jarang ditemui di alam liar jadinya kita yang melihat terkesan indah.

Berbeda dengan ikan gabus, karena sering kali kita dapatkan untuk mancing liar, anggapan pun hanya sebatas biasa saja.

Jadi perbedaan antara ikan channa dan gabus itu ada pada coraknya saja, tidak ada yang lain melalui bentuk fisik kecuali pada warnanya saja.

Selain banyak yang penasaran perbedaan dari warna, sebagian orang berfikir jika ikan channa di alam liar akan mudah dipancing karena terlihat ganas memakan umpan saat dalam Aquarium.

Padahal itu bukan pengaruh perbedaan dengan ikan gabus biasa, karena sedari kecil memang dipelihara dan dilatih memakan umpan hidup, jadi terlihat ganas sampai ukurannya besar.

Termasuk ikan gabus biasa, jika sedari kecil di peliharan layaknya ikan channa, tingkat ganas menyambar umpan tetap sama saja walaupun diletakan dalam aquarium.

Jadi, selain dari corak antara ikan gabus dan channa, sepertinya tidak ada perbedaan yang lainnya.

Terutama disaat sekarang, ada banyak sekali pengembangan yang sengaja untuk melestarikan dan melepaskan ikan channa di alam liar.

Hanya cukup tinggal tunggu beberapa tahun kedepan, sepertinya ikan channa juga bisa di dapat dengan cara memancingnya termasuk casting. Akan tetapi entah juga untuk di domisili kalian, apakah ikan channa dilestarikan atau tidak jika belum ada yang melepaskan anakannya kemungkinan akan sulit ditemukan saat kalian mancing.

Tapi kebetulan di sekitaran lokasi kami sudah, jadi tinggal tunggu saja saatnya dan mungkin suatu hari kelak akan berakhir di pengorengan juga.

Jadi untuk kalian yang tadinya penasaran dengan perbedaan ikan channa dan gabus, seperti diatas tadi tidak ada beda secara fisik hanya dari coraknya saja.

Jika dijadikan ikan gabus hias wajar, karena memang warna ikan channa termasuk indah untuk di lihat.

Sekaligus saat di beri makanan umpan sambarannya sangat cepat dan ganas, jadi cocok untuk dilihat juga senang untuk melepaskan penat sebagai hiburan. Sampai disini tentang perbedaan ikan channa dan gabus liar, salam Gentak!