Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Puasa Asyura Sambil Memancing Ikan, Apa Boleh?

Untuk yang hobi mancing ikan dan berniat puasa Asyura, sepertinya butuh deh info ini karena seperti yang kita ketahui. Tahun Baru Islam 2022 atau 1 Muharram 1444 jatuh pada hari Sabtu 30 Juli 2022.

memancing ikan sambil puasa asyura

Ada banyak sekali amalan yang bisa dikerjakan selama bulan Muharram. Dan salah satunya adalah puasa Asyura.

Seperti pada umumnya, umat Islam akan menunaikan puasa sunah Asyura pada bulan Muharram. Dilansir dari berbahai media, jadwal puasa Asyura yang dilaksanakan pada 10 Muharram 1444 yang jatuh hari Senin 8 Agustus 2022.

Sedangkan untuk kalian yang hobi mancing dan punya niat mengerjakannya, namun belum mengetahui dengan jelas niat puasa Asyura dalam bacaan latinnya yaitu: Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnati 'Asyura lillahi ta'ala.

Untuk bahasa arab, niat puasa Asyura sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Artinya: Saya berniat puasa sunah Asyura karena Allah Lillahi ta'ala.

Sedangkan untuk keutamaan Puasa Asyura, sebelum menjalankan puasa Asyura, umat muslim juga bisa menunaikan puasa Tasua sehari sebelumnya, yaitu pada 9 Muharram 1444 H. Tahun ini puasa Tasua jatuh pada hari Minggu 7 Agustus 2022, beberapa Ulama juga menyarankan untuk sebelum dan sesudah puasa Asyura dikerjakan Tasua.

Untuk niat puasa Tasua dalam bacaan latin: Nawaitu sauma tasu'a sunnatal lillahita'ala.

Untuk yang bahasa Arab sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءْ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

Artinya: Saya niat puasa sunah Tasua, sunah karena Allah ta'ala.

Pada kedua puasa sunah di bulan Muharram diatas, memiliki keutamaan untuk menghapus dosa-dosa setahun yang lalu akan diampuni Allah SWT.

Selain itu puasa sunah, umat Islam juga dianjutkan memperbanyak ibadah sunah lainnya, seperti sedekah dan sholat tengah malam juga akan lebih baik.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, "Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas," (HR Muslim).

Sedangkan keutamaan Bulan Muharram dalam Islam, menjadi salah satu bulan istimewa untuk umat Islam.

Termasuk bulan pertama tahun Hijriah ini, dalam Al-Qur'an memiliki sebutan Al-Fajr atau fajarnya tahun. Beberapa hadist menjelaskan dan salah satunya menerangkan bahwa bulan Muharram merupakan salah satu bulan Haram dalam kalender Hijriah.

"Maka sesungguhnya darah, harta, dan kehormatan kalian semua haram (mulia) atas kalian seperti mulianya hari ini, di negeri ini, dan di bulan ini. Dan sesungguhnya kalian akan menghadap Tuhanmu sekalian dan Dia akan bertanya kepada kalian tentang amal perbuatkan kalian,"
(HR Bukhari dan Muslim).

Selain itu keutamaan Muharam yakni sebagai bulan yang istimewa untuk berpuasa setelah Ramadhan.

شَهْرُ اللهِ المُحَرَّمُ ، وَأفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الفَرِيضَةِ

Artinya: Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharam, dan sebaik-baik salat setelah salat fardhu adalah salat malam. (HR Muslim).

Dengan memahami semua keutamaan dari puasa Asyura diatas, jika kita ingin menjalankannya sambil mancing ikan tentu saja boleh dikerjakan.

Intinya begini, kita punya niat untuk berpuasa Asyura lalu mengerjakan, saat pagi, siang atau sore jika ingin pergi memancing ikan tetaplah boleh sambil melatih hati kita agar terjaga dan tidak tergelincir karena mancing besar harapan dengan beranggan-anggan. Sampai disini semogga bermanfaat.