Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Racikan Umpan Ikan Sidat Pakai Tepung Hanya Untuk Babon

Racikan Umpan Ikan Sidat Pakai Tepung Hanya Untuk Babon

Racikan umpan ikan sidat pada umumnya ada banyak sekali, namun akan lebih banyak yang hanya mengunakan alami saja seperti Cacing, Jangkrik dan Ulat daun pisang. Tapi jangan salah, untuk yang sudah memahami karakter ikan sidat babon pasti mengetahui aroma yang disukainya.

Aroma yang disukai ikan sidat inilah yang nantinya dijadikan racikan umpan ikan sidat karena tidak semuanya ada pada yang alami saja.

Sebutlah cacing, ada aroma yang tidak kuat untuk dicari ikan sidat dan sebaliknya juga ada beberapa cacing memiliki aroma kuat sehingga disukai untuk dimakan ikan sidat.

Maka dari itu, untuk kalian yang menyukai untuk memancing ikan sidat khususnya babon, akan lebih baik jika mengunakan umpan racikan yang tepat pada spot banyak ikannya.

Untuk meracik umpan ikan sidat tersebut, dibutuhkan beberapa bahan utama seperti Tepung terigu, nah selain itu silahkan sesuaikan dengan takaran bahan lainnya seperti:

  • 4 sendok tepung terigu
  • 3 butir telur bebek
  • Dan 2 ons cacing.

Untuk cara membuat umpan ikan sidah tepung diatas, pertama siapkan wadah untuk meletakan tepungnya dulu. Kemudian masukan telur dan cacing ke blender dan putar sampai halus barulah campurkan ke tepung lalu aduk merata.

Setelah diperkirakan racikan umpan ikan sidat merata, pindahkan ke plastik dan kukus diatas air panas dengan api kecil. Kurang lebih 15 menitan.

Setelah selesai dikukus tunggulah dingin dulu sebelum dipakai.

Saat akan digunakan, seperti biasanya cukup cantelkan umpan ke kail pancing. Hanya saja pengunaan umpan ini cocok untuk di sungai, seperti bebatuan. Sedangkan jika untuk memancing dengan umpan ikan sidat di lubang, umpan akan lebih cepat terlepas karena berbenturan dengan air dalam lubang akhirnya dimakan ikan sidat di dalamnya, jadi saat dimasukan ulang membutuhkan waktu yang agak lama.

Juga perlu diketahui, meracik umpan ikan sidat tepung diatas akan lebih efektif ketimbang mengunakan cacing yang langsung direndam dengan kuning telur. Karena umpan ikan sidat diatas lebih kuat aroma amisnya, jadi begitu dimasukan ke air tetap sidat akan mencari sumber utama dari umpan yang kita pakai, dengan begitu lebih optimal untuk mendapatkan ikan sidat babon yang dipancing. Sampai disini semogga bermanfaat dan salam Gentak.