Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Ukuran Senar Pancing Yang Paling Kecil

Memilih ukuran senar pancing paling kecil tapi kuat, sepertinya hampir semua harapan para pemancing ikan, baik dirawa atau juga kolam tetap menginginkan senar dengan ukuran size kecil saja juga halus pastinya.

Seperti yang kita ketahui, pengunaan senar dengan ukuran kecil akan lebih baik untuk digunakan.

Bukan hanya berdasarkan kecepatan umpannya saja yang dimakan ikan, tapi kegesitan pengunaan joran pancing juga sangat diperlukan dan pasti hanya pemancing ikan yang terlatih saja mengunakan jenis-jenis senar pancing ukuran kecil, jikapun ada yang mencoba tentunya dengan tahap belajar pengunaan.

Karena bila masih terbilang baru saja mencoba untuk pakai senar pancing kecil, biasanya akan terlalu mudah untuk putus saat dipakai, terutama belum bisa mengatasi sentakan ikan pertama kali sudah jelas langsung terputus.

Sedangkan jika diukur berdasarkan Label spesifik Size atau ukuran diameter senar pancing, ada pada kisaran utama 4 dengan MM 0.10, ini adalah yang paling umum dan untuk mengetahui lebih jelas cek gambar dibawah:

cara memilih ukuran senar pancing yang kecil tapi kuat

Diatas adalah ukuran yang normal melalui spesifikasi senar pancing berbagai ukuran.

Beda lagi untuk para pemancing yang memang memahami untuk mengunakan senar, pada umumnya akan memilih yang dibawah kisaran diatas seperti senar pancing kecil dengan ukuran size 0.09, 0.07, 0.06 atau 0.04 kekutan setaranya.

Pemilihan senar pancing ukuran kecil diatas paling banyak digunakan untuk mancing kolam, terutama ikan mas dan patin, karena tidak dibutuhkan kekuatan yang memang melebihi kapasitas, tinggal seberapa baik yang mengalahkan ikan dalam pertarungan strike.

Juga perlu di ingat, mancing di kolam tidak dibutuhkan senar pancing yang kuat berdasarkan bobot kapasitas senar pancing, tetapi ada pada kepiayawan memainkan ikan saat strike, karena untuk menaikan ke permukaan ada alat bantu seperti sawuk atau tanguk.

Sebaliknya, jika kalian mencari ukuran senar pancing yang ukuran kecil tapi memancing ikan liar seperti di rawa atau waduk, sepertinya kurang tepat. Karena sentakan ikan tentu berbeda, kecuali jika target wader atau melem pasti tetap pas.

Jadi kesimpulan pada ukuran senar pancing yang kecil dan halus itu ada pada ukuran Size dimulai dari 0.04 hingga 0.09 atau 0.10. Namun jarang penjualnya, hanya bisa berdasarkan pesanan, biasanya!

Sedangkan jika disediakan untuk spesifikasi ukuran senar pancing, akan dimulai pada 0.10 sampai 0.60 berdasarkan diameter.

Tinggal kembali pada kalian masing-masing, jika membutuhkan info seputaran ukuran senar pancing yang kecil ya ada pada sesunan diatas tadi untuk kolam pemancingan.

Jika untuk ikan liaran, sebaiknya gunakan ukuran yang standart dimulai dari 0.10 boleh yang 0.16 paling tinggi karena sesuai dengan kapasitas kekuatan senar pancing dan beradu dengan sentakan ikan, jangan sampai nantinya terjadi penyesalan saat mengunakan senar pancingnya dengan ukuran kecil saja. Semogga bermanfaat dan salam Gentak!