Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Nilem Yang Susah Makan, Paling Di Andalkan!

Umpan Ikan Nilem Yang Susah Makan, Paling Di Andalkan! Dimana bila digunakan akan lebih cepat strike, tak butuh waktu lama dimasukan ke air senar pancing langsung kencang karena umpan dimakan ikan nilem.

Umpan Ikan Nilem Yang Susah Makan, Paling Di Andalkan!

Seperti biasanya, saat memancing ikan nilem sering kali awalnya kita selalu strike, selang beberapa hari selanjutnya daya tarik berkurang dan akhirnya boncos.

Sebelum kita masuk ke tahap pembuatan umpan ikan nilem yang susah makan, pertama harap diperhatikan dulu bahwa spot yang dipancing memang tempat ikan nilem. Bila hanya lalu lintas, sebelumnya kadang dapat ikan nilem dan juga tidak karena mungkin itu bukanlah spot utamanya, jadi wajar jika tidak strike.

Berbeda lagi bila spot yang dipancing memang lokasi khusus ikan nilem, keberadaannya ya memang seperti itulah, jadi setiap dipancing yang di dapat ya ikan nilem. Dan ada kala nya memang ikan nilem susah makan karena berbagai penyebab seperti :

  • Umpan alami yang dipakai terus, jadi ikan nilem mulai bosan
  • Pengaruh cuaca misal sesudah hujan saat akan mancing atau pada bagian hulu hujan ditempat kita tidak
  • Kadar air menjadi keruh, ada banyak penyebabnya ini, seperti ada kerjaan diatasnya, setelah hari hujan dan sebagainya
  • Yang terakhir karena memang di setrum orang atau kena potasium (potas), kan habis ikan nilemnya.

Diatas penyebab yang paling umum bila ikan nilem yang dipancing tidak mau makan umpan, bila permasalahannya yang terakhir yaitu bekas kena setrum atau diracun dengan potasium (potas) maka seampuh apapun umpan yang dipakai tidak akan berfungsi, karena memang sudah tidak ada ikannya lagi kan.

Sedangkan bila permasalahannya selain itu, kalian tetap bisa andalkan umpan yang biasanya digunakan atau diracik langsung mengunakan bahan tambahannya.

Untuk bahan tambahan pembuatan umpan ikan nilem yang susah makan, saat membuatnya kalian bisa menambahkan perangsang nafsu makan ikan seperti Protein Powder Amino atau Kinoy. Kedua jenis campuran bahan ini yang paling banyak digunakan oleh para pemancing kolam juga ikan nilem liar yang sudah mengetahui sela memancingnya.

Fungsi perangsang nafsu makan ikan nilem kurang lebih seperti ini, saat umpan yang kalian pakai untuk mancing akan membuat ikan nilem lebih giras memakan umpan yang dipakai. Dengan begitu lebih besar kemungkinan untuk mendapatkan ikan nilem yang besar dan banyak mengunakan pancing.

Untuk cara membuat umpan ikan nilem yang susah makan, tidaklah sulit selagi siap perangsang nafsu makan ikan tinggal racik ke umpan yang akan dipakai, contohnya.

Racikan mengunakan roti chrispy, siapkan 5 keping lalu giling sampai halus, setelah itu campurkan 1 sendok makan Protein Powder Amino lalu jadikan satu, kemudian beri 1 sendok teh air biasa dan aduk sampai rata. Bila umpan yang akan dibuat terasa agak keras kalian bisa menambahkan setengah sendok teh air lagi, namun dengan catatan setelah umpan jadi nanti jangan benyek pastikan pulen.

Termasuk bila ingin mengunakan Kinoy perangsang nafsu makan ikan nilem, saat membuatnya harus disesuaikan dengan perbandingan umpan utamanya misal 1 sendok makan dan setengahnya untuk Protein Powder Amino atau Kinoy.

Selain itu, dalam pengunaan perangsang diatas. Bahan utama pembuatan racikan umpan ikan nilem yang susah makan, tidak perlu yang aneh-aneh bahkan kalian bila cukup pakai pelet pakan ikan biasa saja, karena secara tidak langsung ikan apa saja yang berada di spot tempat kalian pancing akan bernafsu untuk memakan umpan.

Nah, cara diatas paling sering digunakan oleh pemancing yang sudah mengetahui sela memancing ikan. Namun harus diketahui, perangsang nafsu makan ikan diatas jangan terus digunakan, karena akan membuat ikan nilem terbiasa dan tidak mau memakan umpan apapun bila tidak dipakai, sampai disini semogga bermanfaat dan salam Gentak.