Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Mancing Di Sungai Kecil dan Caranya, Pasti Strike!

Umpan mancing di sungai kecil dan caranya, pasti strike! Paling mudah untuk dapat saat memancing di sungai kecil, karena pasti ikan yang ada itu liar juga banyak yang bersisik seperti Melem, Tawes, Wader, Nila, Mujair juga Gabus. Walau begitu terkadang ada juga yang tida bersisik seperti Keting tapi bisa tetap dikatakan mudah untuk dipancing.

Umpan Mancing Di Sungai Kecil dan Caranya, Pasti Strike!

Karena umpan mancing di sungai kecil mudah ditemukan dan buat inilah jadinya banyak pemancing, memilih untuk spot yang seperti ini saja.

Tapi jangan salah, terkadang ikan disungai kecil justru ada yang besar karena tanpa disadari manusia juga tidak terlihat. Misalnya pada bagian sungai yang dalam, walaupun terlihat kecil asalkan dalam pasti ikan-ikan besar akan melepaskan telur pada bagian seperti ini contohnya ikan tapah.

Ikan tapah saat melepaskan telur pas sungai lagi banjir besar, sudah pasti akan ke bagian hulu sampai menemukan bagian yang dalam walaupun kecil. Ini juga sebabnya, terkadang ikan tapah besar justru sering kena jaring pada sungai kecil.

Sedangkan untuk umpan mancing di sungai kecil, cukup gunakan Cacing sampah, jangkrik, ulat daun pisang atau ulat bambu sudah termasuk yang paling top.

Hampir semua ikan memakan umpan alami diatas, hanya saja bila di targetkan khusus untuk ikan seperti Wader atau bersisik kalian bisa mengunakan Roti Chrispy saja untuk umpannya, untuk cara membuatnya tidaklah sulit cukup siapkan plastik lalu ambil sekitar 4 atau 5 keping roti chrispy lalu celupkan sekilas saja lalu lumat pakai tangan sampai pulen, umpan mancing di sungai kecil siap untuk kalian pakai.

Selain itu, racikan yang terkesan jitu kalian juga bisa membuat dari Ubi jalar, vanilli dan kuning telur bebek. Cara membuatnya kukus dulu ubi jalarnya, setelah itu tumbuk sampai hancur dan berikan 2 sendok teh vanilli sekaligus kuning telur bebek lalu aduk sampai rata dan siap untuk kalian gunakan.

Bila yang ditargetkan jenis Tawes atau Melem, sesekali mau juga makan umpan roti chrispy diatas tadi, hanya saja bila ditargetkan kalian bisa mengunakan Tepung Aci dengan minyak Oil kepala sawi. Untuk membuatnya cukup ambil minyak sawit 2 sendok makan padukan dengan 3 sendok makan tepung aci lalu lumat mengunakan tangan dan siap untuk kalian pakai.

Sedangkan untuk umpan khusus ikan tawes mania, kalian bisa mengunakan racikan mie instan, tempe, bawang putih, royco dan serbuk kunyit. Untuk cara membuatnya, pertama giling halus dulu 1 keping mie instan lalu gilingkan bersama dengan tempe secukupnya, bila sudah merata tidak tambahkan 3 siung bawang putih, setengah bungkus royco ayam dan 1 sendok makan serbuk kunyit lalu giling bersamaan. Sambil mengiling racikan ini, tambahkan 1, 2 sendok makan air putih agar tidak terlalu keras dan mudah merata saat di aduk, bila sudah selesai bisa langsung kalian gunakan untuk umpan mancing disungai kecil.

Jadi untuk kalian yang sering atau senang mancing di sungai kecil, hal yang harus dipahami terlebih dahulu adalah target ikannya bukan umpan terlebih dahulu. Karena masalah umpannya kalian bisa pakai yang alami saja terlebih dahulu seperti cacing sampah, bila sudah mendapatkan ikan pastinya kan tau jenis apa saja yang banyak dan ada di spot yang dipancing, selanjutnya baru bisa mengunakan umpan yang dibuat secara khusus untuk ikan target.

Sampai disini untuk kalian yang sedang mencari rekomendasi Umpan Mancing Di Sungai Kecil semogga bermanfaat.