Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Usus Ayam Untuk Mancing Ikan Nila

Umpan Usus Ayam Untuk Mancing Ikan Nila. Pada pemancing yang belum mengetahui cara meraciknya, tentu langsung saja dipakai sehingga sering kali susah sekali untuk mendapatkan ikan nila dengan umpan usus ayam. Aslinya ya memang iya sulit bila memancing ikan nila dengan umpan usus ayam langsung, kecuali untuk ukuran babon biasanya tetap mau juga memakannya.

Umpan Usus Ayam Untuk Mancing Ikan Nila

Namun apa bila mengetahui cara pengunaan dan membuat usus ayam untuk umpan ikan nila, biasanya seperti umumnya umpan yang dipakai atau tambah giras ikan nila makan bila memang belum pernah digunakan umpan usus ayam pada spot yang dipancing.

Hanya saja tidak semua pemancing mengetahui bahwa racikan usus ayam ini bisa diandalkan untuk umpan ikan nila, maka dari itu jarang juga yang mengetahui untuk proses meraciknya.

Nah untuk yang berniat meracik usus ayam untuk umpan ikan nila, sepertinya info dalam artikel ini akan bermanfaat buat kalian membuat dan lengkap dengan cara untuk mengunakannya.

Untuk cara membuat umpan ikan nila dari usus ayam, silahkan siapkan beberapa bahan dengan takaran berikut:

  • 2 ons usus ayam
  • 2 sendok merica
  • 5 siung bawang putih
  • 3 sendok minyak goreng
  • 1 kunyit sebesar jempol
  • 1 bungkus royco ayam
  • Dan 3 gelas sedang air biasa.

Sedangkan cara membuatnya, pertama gunting-gunting dulu usus ayam sesuai dengan ukuran kail pancing ikan nila lalu bersihkan dengan air biasa.

Selanjutnya masukan semua bahan ke blender kecuali air dan putar sampai halus, boleh juga digiling seperti biasa namun usahakan sampai benar-benar halus.

Setelah itu ambil panci dan berikan 3 sendok minyak goreng lalu hidupkan api kompor, bila terasa panas masukan semua bahan yang sudah halus tadi (sesuai dengan pengalaman) sekitar 5 menit saja sambil diaduk-aduk. Kemudian masukan 3 gelas air tadi dan tunggulah sampai mendidih.

Saat mendidih masukan usus ayam yang sudah disiapkan tadi dan kecilkan api dengan ukuran sedang namun masih terlihat mendidih dan aduk sekilas usus ayam yang sudah dicampurkan tadi. Untuk waktu memasak usus ayam ini kurang lebih sekitar 1 jam setengah dengan api kecil, bila dinormalkan ukuran apinya dikuatirkan 3 gelas air bisa saja habis tanpa disadari, sedangkan yang dibutuhkan agar aroma khas dari bahan lainnya meresap ke usus ayam.

Setelah terasa sudah pas waktunya, boleh kalian saring untuk mengambil usus ayam atau tunggulah dingin dulu untuk dibawa ke tempat mancing dan digunakan sebagai umpan.

Umpan usus ayam untuk ikan nila yang sudah jadi ini tinggal pasangkan saja ke kail pancing dan mengunakannya seperti biasa. Namun perlu di ingat, umpan ini hanya bisa digunakan kurang lebih hanya 2 hari saja setelah itu akan menimbulkan bau yang tidak akan dimakan lagi oleh ikan nila, bila ingin dibuat bertahan lama maka mesti dimasukan ke kulkas bila sudah digunakan untuk mancing.

Selain itu juga perlu diketahui bahwa umpan usus ayam ini tidak hanya dimakan ikan nila saja, hampir kebanyakan ikan mau memakan umpan yang diproses seperti ini. Jadi bila kalian memancing dispot ikan yang bercampur kemungkinan akan naik juga yang lainnya, sampai disini semogga bermanfaat dan salam Gentak.