Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Membuat Pancing Dari Bambu, Nggak Mudah Patah

Membuat joran pancing dari bambu, pada umumnya paling banyak yang digunakan. Walaupun dengan cara membeli joran pancing yang sudah jadi lebih banyak yang jual, tetapi dengan membuat sendiri jorannya bisa menentukan ukuran panjang yang cocok untuk digunakan sendiri.

Begini Cara Membuat Pancing Dari Bambu, Nggak Mudah Patah

Jadi, bila yang hobi mancing ikan memilih membuat sendiri joran pancing dari bambu, sudah tentu harus mengetahui jenis bambunya dan lengkap dengan cara membuatnya.

Jika dibuat hanya berdasarkan pemikiran sendiri, memang tetap jadi juga, tapi suatu hari kelak pasti akan terlihat kekuarangan dari joran pancing dari bambu yang dibuat sendiri dan mengunakannya.

Salah satu kekuarangan yang sering terjadi adalah mudah patah. Karena apa? Pastinya tidak bisa menentukan jenis bambu yang akan digunakan.

Dari sinilah dibutuhkan info dari teman-teman sesama pemancing yang sudah memiliki pengalaman untuk membuatnya, tujuannya agar awet dan tidak mudah patah.

Nah untuk kalian yang bertujuan mencari info pembuatan joran pancing dari bambu yang kuat dan tahan lama, berikut tentang info lengkapnya.

Hal pertama yang harus diketahui yaitu jenis bambunya. Untuk yang paling banyak digunakan memang jenis bambu pancing, dimana ukurannya kecil dan panjang seukuran pancing tapi sudah tua. Bambu pertama yang kami maksudkan disini, bila didesaku disebut dengan Bambu Rambi, mungkin ditempat kalian beda namanya.

Untuk jenis yang pertama ini, memang sudah siap seperti joran pancing yang biasanya dijual dan sudah siap pakai. Tinggal potong dan sesuaikan ukuran panjangnya.

Sedangkan untuk yang lainnya, biasanya bambu besar yang pertama untuk dikikis dan dibuat secara manual mengunakan pisau agar jadi bentuknya seperti joran pancing. Pastinya kalian sudah paham dan mengertilah untuk cara membuatnya.

Sedangkan supaya joran pancing tahan lama dan tidak mudah patah yang harus diperhatikan untuk membuatnya pilih yang sudah tua.

Setelah diperkirakan tua, untuk bagian ujung joran pancingnya rendam dulu di air, minimal semalaman cukup.

Dengan cara diatas, sudah bisa dipastikan joran pancing dari bambu yang kalian buat tidak akan mudah patah dan tahan lama. Sampai disini selamat mencoba dan salam Gentak.