Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Umpan Ikan Sungai

Cara membuat umpan ikan sungai untuk mancing, pada umumnya bisa saja mengunakan yang alami dan sudah banyak digunakan oleh para pemancing.

Cara Membuat Umpan Ikan Sungai

Namun sayangnya, tidak semua ikan bisa begitu saja kita pancing dengan umpan alami ikan sungai, maka dari itulah dibutuhkan pembuatan umpan ikan sungai yang tepat dengan targetnya.

Jadi pemikiran mudahnya seperti ini saja, ada banyak sekali ikan disungai dan bisa kita pancing bila umpan yang dipakai sesuai. Misalnya ikan yang menyukai umpan aroma amis, sudah pasti saat memancing kita mengunakan umpan tersebut, sebaliknya bila ikan yang menyukai aroma wangi tentu juga harus disesuikan.

Tapi mengetahui jenis ikan dan umpan inilah, sering digunakan para pemancing yang memang mencari ikan saja. Jadi, mengunakan umpan yang biasanya dipakai, ikan apa saja yang makan tarik, jadi tidak bisa menargetkan ikan yang kita pancing.

Nah untuk kalian yang kemungkinan ingin membuat umpan yang cocok untuk disungai, sepertinya tidak ada salahnya dicoba beberapa umpan yang bisa kalian gunakan nantinya.

Untuk yang pertama, silahkan di perkirakan target ikannya terlebih dahulu. Setelah target diketahui, kalian bisa membawa 2 jenis umpa yang berbeda juga untuk ikan yang memakan umpan di sungai tempat kalian memancing.

Setelah diperkirakan dengan tepat ikannya, kalian bisa mengunakan umpan yang umumnya dimakan ikan disungai, ada 2 yang pastinya bisa dibuat dimana yang pertama kalian bisa mengandalkan racikan roti keju untuk target ikan yang menyukai wangi seperti Nilem dan sebagainya. Untuk membuatnya, tinggal beli roti crispy keju dan lumat seperti pelet sampai pulen dan siap untuk kalian gunakan.

Selain itu, juga bisa mengunakan roti gabin atau klik, pembuatannya juga tetap sama. Cukup rendam sekilas dengan air dan langsung lumat mengunakan tangan diplastik, setelah pulen siap untuk dipakai umpan ikan sungai.

Umpan roti diatas, paling umum di pakai dan sudah terbilang banyak pemancing yang mengetahuinya, jadi termasuk bukan umpan rahasia.

Selain umpan wangi diatas, kalian juga bisa mengunakan umpan alami dan biasa digunakan seperti cacing, jangkrik, laron, ulat bambu dan ulat jengkol. Beberapa umpan alami ini pastinya juga sangat umum digunakan oleh para pemancing ya, jadi tinggal dicoba pakai saja.

Tapi perlu di ingat ya, memancing ikan di sungai bukan hanya berdasarkan umpan semata yang perlu di utamakan tapi mulai dari senar dan mata kail juga harus diperhitungkan. Selain itu, waktu memancing ikan di sungai juga harus dipertimbangkan dengan tepat agar mendapatkan ikan disungai yang berlimpah dengan dipancing. Sampai disini semogga bermanfaat.