Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Ikan Tapah Sungai Yang Besar dan Kecil

Makanan ikan tapah pastinya akan berbeda untuk yang besar dan kecil, karena itulah umpan untuk memancingnya juga akan berbeda-beda. Bisa kita sebutkan untuk yang kecil, saat memancingnya cukup gunakan umpan jangkrik sudah pasti jarang meleset yang penting tepat pada spotnya.

Makanan Ikan Tapah Sungai Yang Besar dan Kecil

Karena kan ikan tapah yang masih kecil ini akan bergerombolan layaknya ikan lais, terbilang masih keluargalah ikan lais dan tapah jika masih kecil sekitaran 2 - 3 jarian.

Beda lagi jika ukurannya sudah 5 jarian bahkan lebih, sekalipun ketemu jangrik tidak akan dimakan lagi, harus ada umpan yang khusus jika kalian ingin memancing ikan tapah ukuran besar.

Jadi, tidak bisa menyamakan antara ikan tapah yang masih kecil dan besar dengan makanan yang sama, terlebih untuk umpannya!

Nah untuk kalian yang berencana untuk memancing ikan tapah besar di sungai, tapi masih nyari umpan yang tepat supaya bisa strike, jangan kuatir bisa coba beberapa umpan yang biasanya saya gunakan seperti:

  • Kelabang
  • Udang hidup
  • Anak ikan betok
  • Dan cacing kalung.

Sebelum kalian siapkan umpan diatas, ada baiknya ketahui juga cara untuk mengunakannya, karena terkadang lain pemancing juga beda cara pemasangan umpan untuk ikan tapah ukuran besar, untuk caranya sebagai berikut:

1. Kelabang jika kalian memilih untuk megunakan yang ini, untuk cara memasangnya ke mata kail jangan sesekali dipotong-potong, tapi biarkan utuh 1 kelabang di cantelkan ke mata kail, mulai dari bagian kepalanya.

Seperti yang kita ketahui, ikan tapah yang berukuran besar tidak akan memakan umpan kelabang hanya sebagian saja, tapi langsung melumat semuanya dan pastinya akan terkena mata kail yang digunakan. Beda lagi jika kalian potong dan gunakan sebagian saja, maka umpan susah terlihat ikan tapah jadinya sangat jarang yang bisa mendapatkannya bila dipotong-potong dulu, maka dari itu gunakanlah langsung.

2. Udang Hidup Sedangkan untuk jenis yang ini, ada banyak sekali ikan yang mau nyambar, jadi bukan hanya ditargetkan untuk ikan tapah saja. Tapi, jika memang untuk ditargetkan maka usahakan memilih ukuran udang hidup yang besar saja, minimal sudah berwarna hitam.

Untuk cara mengunakannya, cantelkan pada bagian ekornya dan masukan ke air. Karena ini udang yang berukuran besar, pastinya jika tidak disambar ikan maka tidak akan habis.

3. Anak Ikan Betok Hampir sama dengan mengunakan udang, ada banyak ikan yang mau memakan anak ikan betok jika dijadikan umpan. Untuk cara mengunakannya, tidak jauh beda untuk dicantelkan, tapi untuk mengaitkannya cukup pada bagian sirip atas yang agak kebawah dari tepat tengahnya agar tidak mudah mati anak ikan betoknya.

4. Cacing Kalung Nah kalau yang ini nurut saja, yang penting usahakan untuk dipasang langsung 1 ekor cacing kalungnya. Jangan dipotong dulu, karena nantinya pasti ada banyak ikan kecil-kecil yang tetelin.

Sedangkan bila utuh 1 ekor, biasanya ikan kecil jarang yang ikut untuk memakannya.

Nah beberapa makanan ikan tapah sungai diatas, sudah jelas yang paling sering digunakan adalah Udang Hidup, Anak Ikan Betok dan Kelabang. Untuk cacing kalung biasanya akan mengikuti saja karena ada banyak ikan lain yang mau juga memakanya, jadi tidak bisa ditargetkan hanya ikan tapah besar saja. Sampai disini selamat mencoba!