Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Umpan Cacing Tidak Habis Di Makan Ikan Kecil

Kalian pernah ngalami mancing ikan pakai umpan cacing, tapi habis terus dimakan ikan kecil? Terlebih bila saat memancing mengunakan pelampung, saat bergerak nyut dikira strike ikan besar padahal hanya uraian umpan cacing yang berkurang, bila diteruskan akan habis dan terpaksa ngisi cacing ulang untuk melanjutkan mancing.

Cara Agar Umpan Cacing Tidak Habis Di Makan Ikan Kecil

Setelah turun umpan cacing yang baru, tidak berapa lama pelampung tetap terus bergerak dan begitu terusnya.

Jika terkesan pemancing sabar, pastinya akan telaten untuk menekuni memasang umpan cacing yang baru. Karena, pada umumnya biar umpan cacing selalu cepat habis dimakan ikan kecil, tetap saja cepat atau lambatnya ikan besar alias babonnya landed juga, walaupun mesti berulang-ulang capek dulu.

Dan yang lebih parahnya bila kalian memancing dengan tekhnik dasaran, tanpa disadari setiap saat akan menganti umpan cacing malah sudah habis dulu. Kesannya gini, kita hanya menunggu terus padahal aslinya umpan sudah habis terlebih dahulu, jadi lama-lama seperti ini bisa zonk permanent.

Nah bila kalian sering merasakan seperti ini, sepertinya tidak ada salahnya untuk kalian mengetahui dengan jelas cara mengunakan umpan dan memasangnya agar tidak selalu habis dimakan ikan kecil.

Untuk kalian yang mengunakan tekhnik pelampungan, kurang lebih caranya seperti ini.

Perhatikan kedalaman spot yang kalian pancing, jika ukuran normal yang digunakan umpan selalu cepat habis. Kalian bisa mengubah kedalaman, tinggal naikan karet stopper dan cobalah memasang umpan dan celupkan lagi.

Bila yang pertama dicoba tetap sama, ulangi hingga umpan cacing yang dipakai kandas mentok ukuran pelampung.

Apa bila setelan pelampungan sudah mentok, berarti spot yang kalian pancing sama dengan tekhnik dasaran. Tetapi, kalian juga tetap bisa mengunakan cara memasang umpan cacingnya walaupun tekhnik pelampungan atau dasaran, bila sudah mentok dipastikan sama saja.

Untuk caranya yang pertama, kalian perhatikan gaya pemasangan umpan cacing yang sering digunakan. Pastikan menancapkan kail langsung pada bagian tengah cacing lalu masukan terus hingga tebus bagian akhir.

Trik pemasangan dengan langaung memasukan kail ke tengah cacing, agar ikan kecil kesulitan untuk menitil umpan. Jadi, bila ikan kecil mencoba untuk memakan umpan, akan selalu terasa keras karena langsung mengigit pada bagian besi kail pancing.

Perlu kalian ketahui, ikan kecil yang biasanya memakan umpan cacing, jika sudah tidak mampu mereka makan pastinya akan ditinggalkan.

Namun, masih tetap ada ikan kecil yang selalu mengutil umpan, bila ketemu spot yang seperti ini, biasanya umpan yang dipakai tetap saja habis dan kalian mesti merubah ke trik selanjutnya yaitu gunakan cacing dengan tekstur keras contohnya cacing kalung.

Dengan mengunakan cacing kalung, pastinya ikan kecil tidak akan mampu untuk memakannya. Selain tekstur cacing kalung keras, ukuran pemasangan umpan biasanya lebih besar dari kemampuan mereka, dengan trik ini pastinya kalian tidak akan sibuk lagi memasang umpan yang barunya.

Akan tetapi, jika trik diatas masih tetap saja kurang efektif, maka kalian bisa mencoba cara berikutnya lagi yaitu memasang cacing dengan jumlah banyak.

Misalkan biasanya kalian mengunakan umpan cukup 1 cacing pada kail, maka usahakan untuk menambah jadi lebih banyak.

Bisa sekali pasang 4 atau 5 cacing, dengan pemasangan umpan cacing seperti ini, pastinya ikan kecil membutuhkan waktu yang lama untuk menghabisnya. Bila sudah terkesan agak lama, pastinya ikan besar akan menyusul untuk memakan umpan.

Dan jika cara diatas belum juga maksimal untuk kalian gunakan, sepertinya tinggal cari spot yang baru saja atau ganti mata kail dengan ukuran kecil. Bila sudah menganti ukuran kail, pastinya sekalian ikan kecil bisa kalian dapatkan.

Sebaliknya, bila pindah spot yang baru belum tentu jadi lubuk ikan besar dan pastinya kalian akan kesulitan untuk menemukannya lagi. Nah, sampai disinilah cara memasang umpan cacing agar tidak habis dimakan ikan kecil, silahkan dicoba dan semogga bermanfaat.