Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mancing Ikan Lembat Yang Susah Dipancing dan Tidak Mau Makan Umpan

Cara Mancing Ikan Lembat Yang Susah Dipancing dan Tidak Mau Makan Umpan

Memancing ikan lembat pada umumnya dikerjakan malam hari, bila sudah mengetahui spot tempat ikan lembat pastinya akan lebih cepat di dapat, walaupun yang di dapat hanya sebatas segorengan saja tetapi terbilang asik dan cukuplah untuk dipancing.

Seperti yang kita ketahui, mancing ikan lembat biasanya di aliran air sungai kecil. Kadang kala di peceren paritan juga bisa ditemukan, inilah sebabnya terkadang memancing hanya niat untuk mendapatkan ikan waderan tapi malah sering umpan dimakan ikan lembat, terutama memancingnya pada sore hari sekitaran diatas jam setengah 6 sore.

Karena sudah mengetahui spot tersebut banyak ikan lembat, maka malam hari mulai terjun untuk mancing. Bila ketemu pas hoki, wah jangan ditanya sekali masukan umpan langsung nyut strike sampai bosan dibuatnya.

Tapi sebaliknya, bila sudah terlalu sering mendapatkan ikan lembat biasanya lama-lama akan berkurang dan seringkali mancing tapi malah zonk, tidak satu pun ada ikan lembat yang mau makan umpan.

Nah bila kalian sudah mengetahui spot ikan lembat, tapi tidak mau makan umpan atau sudah terasa susah dipancing sepertinya yang kurang kalian ketahui adalah caranya.

Cara mancing ikan lembat yang susah dipancing ini kurang lebih seperti ini:

Awalnya kalian mancing sering dapat ikan lembat, setelah terus dicoba baru merasa susah untuk mendapatkannya.

Bila sudah terasa susah dipancing ikan lembatnya, kebanyakan para pemancing mendasari pada umpan yang digunakan misal: Ah ini umpan yang dipakai tidak cocok. Padahal belum tentu dan justru umpan ikan lembat andalan memang paling disukai seperti:

  1. Cacing kalung atau Biasa
  2. Ceremede (cere)
  3. Larva (anak) Tawon
  4. Katak kecil
  5. Dan cicak bakar.

Bila umpan diatas termasuk salah satu yang pernah kalian gunakan tapi tidak mau dimakan ikan lembat atau susah dipancing, setidaknya cobalah ikuti beberapa cara yang sering kami gunakan.

1. Ikan Lembat Yang Susah Dipancing

Jika ikan lembat kalian pikir susah dipancing, pastinya itu salah besar bila diawalnya kalian pernah mendapatkan. Setidaknya, kalian sudah mengetahui spot yang banyak ikan lembatnya.

Jika kalian beranggapan susah dipancing, sebaiknya ketahui dulu dengan jelas waktu memancingnya. Memang kebanyakan pemancing lembat itu malam hari, tapi tetap ada waktu dan jam ikan lembat.

Jadi, tidak setiap waktu kalia mancing bisa terus strike. Untuk jam makannya, kurang lebih di mulai dari setelah magrib hingga jam 8 malam sudah itu berhenti sebentar menjelang jam 10 - 1 malam lalu berhenti lagi dan dimulai pada jam 3 sampai matahari terbit, setelah itu mereka masuk ke sarangnya.

Bila pada waktu kalian mancing lembat diatas sudah benar, sekarang coba perhatikan apa saja umpan yang sering dipakai.

2. Umpan Ikan Lembat Yang Tidak Mau Dimakan

Umumnya umpan ikan lembat yang sering digunakan untuk mancing kan cacing, nah ada kalanya saat mengunakan ini justru tidak mau lagi dimakan. Jika kalian beranggapan jika umpan yang tidak cocok dipakai, maka salah besar!

Justru cacing termasuk umpan terbaik untuk mancing lembat, apa lagi yang dipakai adalah cacing kalung. Termasuk bila sering kalian gunakan umpan yang lainnya seperti katak, cere dan cicak bakar, bila masih beranggapan umpan ini tidak gacor justru kesalahan sendiri yang kalian buat.

Perlu kalian ingat, umpan yang disebutkan tadi itu sudah termasuk yang paling tepat untuk digunakan dan selanjutnya yang perlu kalian pikir hanya tinggal ya mancing dan mengunakan umpannya saja, selain itu pada waktu memancingnya.

Kesimpulan
Jika umpan-umpan ikan lembat yang disebutkan tadi memang sudah digunakan, tapi masih merasa susah dipancing. Sebaiknya, cobalah kalian intropeksi lagi pengunaannya dan juga waktu memancingnya.

Dan yang paling penting untuk diketahui adalah cuaca, jangan pernah memancing ikan lembat pada saat terang bulan tapi tidak tau caranya, karena pada cuaca seperti ini memang ikan lembat tidak akan keluar pada air yang terkena sinar bulan, maka dari itu usahakan spot yang kalian pancing redup dan gelap.

Juga perlu diperhatikan, karena memancing ikan lembat itu malam hari pastinya kalian mengunakan senter untuk penerangan. Tapi tidak untuk terus dipakai, jadi saat kalian memasukan umpan ke air pastikan untuk langsung mematikan senter dan bila perlu saat akan meletakan umpan arahkan senter ke air lain, begitu masuk matikan langsung. Sampai disini semogga bermanfaat!